Beauty

5 Bahan DIY Skincare Ini Sebaiknya Kamu Hindari

  by: Kissy Aprilia       15/5/2020
    • Tidak semua bahan alami baik digunakan untuk DIY skincare.
    • Bahan tersebut belum melewati tes dermatologis.
    • Buah lemon, pasta gigi, dan telur mentah, dapat merusak kondisi kulit jika diaplikasikan secara langsung. 


    Merasa lebih kreatif selama social distancing? Cosmo juga! Keterbatasan untuk melakukan aktivitas di luar rumah membuat (rasanya hampir) semua orang berkreasi menciptakan apa pun, termasuk DIY skincare. But always remember to be careful! Meski diciptakan dari bahan-bahan yang alami, skincare racikanmu belum melewati tes dermatologi. Jadi sebaiknya, hindari lima bahan yang berisiko menimbulkan masalah pada kulit. 




    Buah Lemon



    Mungkin kamu sudah sering mendengar khasiat lemon sebagai ‘pencerah kulit rumahan’ yang sangat baik. Faktanya, ahli dermatologi asal Connecticut, Mona Gohara, menjelaskan bahwa buah ini memiliki sifat asam yang dapat membakar kulit dan mengubah pigmentasi. Buah lemon bahkan dapat menyebabkan kondisi peradangan kulit, jika digunakan pada kulit yang sering terpapar oleh sinar matahari. 


    Pasta Gigi dan Baking Soda



    Berapa banyak tips DIY menghilangkan jerawat dengan pasta gigi atau baking soda yang sudah kamu lihat? Jika berencana untuk membuatnya, segera singkirkan pikiran tersebut karena kedua bahan ini dapat membuat kulit iritasi dan mengalami inflamasi! Pada dasarnya, pasta gigi memang memiliki kandungan antimikroba triclosan yang berfungsi membunuh bakteri. Tapi sebaiknya, kamu tidak mengambil risiko untuk mencoba hal-hal yang membuat kondisi kulit memburuk. 


    Telur Mentah



    Meski kandungan telur di dalam skincare sedang menjadi tren di industri K-beauty, mengaplikasikannya langsung ke kulit wajah bukanlah cara yang tepat. Menurut dokter Gohara, telur mentah berisiko menimbulkan infeksi bakteri yang disebut salmonella. Masih tertarik untuk membuat DIY pore strip dengan bahan yang berfungsi membersihkan pori-pori kulit ini? Cosmo sarankan kamu membeli produk yang memang sudah terpercaya, seperti Tony Moly Egg Pore Nose pack atau Skin Food Egg White Pack. 




    Cuka



    Cuka disebut-sebut dapat menggantikan toner wajah karena memiliki kandungan asam dan penyeimbang pH kulit. Akan tetapi, cara ini tidak disetujui oleh para dermatologis. Selain karena aromanya yang tidak sedap dapat menempel pada kulit, cuka berisiko menyebabkan kulit iritasi dan juga efek terbakar secara berlebihan. Kondisi tersebut berpotensi menimbulkan luka bakar dan bekas luka di wajahmu. Uh, oh.. no thanks.


    Rempah-rempah




    Tertarik menciptakan DIY skincare dari rempah-rempah? Pada dasarnya, kamu hanya perlu lebih seksama mengetahui apa yang cocok dan tidak pada kulit. Rempah-rempah dapat memberikan hasil yang nyata namun juga dapat menyebabkan iritasi. Jadi, pastikan kamu sudah melakukan tes alergi di area belakang telinga dengan melihat reaksi kulit setelah mengoleskan bahan tersebut selama 10-15 menit. 


    Kesimpulannya:

    Sejumlah resep DIY skincare memang terbukti bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Namun, kamu tidak dapat memperlakukannya seperti produk yang kamu beli di toko. Untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan, selalu gunakan DIY skincare dalam satu kali pemakaian saja. Jangan disimpan lebih dari semalam karena tidak ada bahan pengawet yang akan melindungan formula tersebut. 


    (Kissy Aprilia, images: Prostooleh/ Freepik)