Lifestyle

Menurut Zodiak, Ini Tips Pakai Aplikasi Kencan Selama PSBB

  by: Alvin Yoga       16/5/2020
  • Apakah kamu jadi lebih sering swiping di aplikasi kencan belakangan ini—sambil bertanya-tanya, apakah ada cara lain yang lebih mudah untuk mendapatkan pasangan dibanding terus-terusan membuka aplikasi kencan tiap dua jam sekali? Dan apakah kamu jadi bertanya-tanya, bagaimana sih cara berkenalan dan menyapa orang asing di aplikasi kencan YANG MENARIK? Well, social distancing memang membuat kencan kini hanya bisa dilakukan secara digital, baik bagi yang jomlo maupun yang sudah punya pasangan, tapi hal ini pun mungkin tak membantu para single mendapatkan pacar. No?

    Kalau kamu penasaran mengapa belum ada yang mengajakmu bertemu secara virtual, hmm, mungkin ada yang keliru ketika kamu menggunakan aplikasi kencan. Memang sih, menggunakan aplikasi kencan terlihat sangat mudah, kamu hanya membutuhkan usapan jari, dan kalau kamu beruntung, voila, there you got a match. Dan, mudah sekali untuk terjebak dalam deretan foto dan profil di aplikasi kencan sehingga kamu mungkin tak sadar sudah berapa puluh orang yang kamu swipe. But! Ada baiknya kamu memanfaatkan aplikasi kencan ini dengan maksimal—sesuai dengan karakter zodiakmu. Dengan begini kamu bisa membuat kegiatan kencan digital ini menjadi lebih mudah, dan tentu saja lebih menyenangkan. Penasaran bagaimana caranya? Lihat di bawah ini:




    ARIES: Jadilah orang yang mengirim pesan terlebih dahulu

    Aries adalah sang pemimpin zodiak, jadi secara natural kamu pandai memimpin dan memulai suatu hal. You see it, you like it, you want it, you got it. Jadi jangan malu, mulai langkah pertamamu, dan jadilah orang yang mengirim pesan terlebih dahulu. Biasanya, match-mu juga suka dengan sifatmu yang berani memulai suatu hal. Quick tip: Pastikan pesan yang kamu kirim bukan pesan yang membosankan. "Hey, what's up?" sudah terlalu...biasa! Cobalah untuk lebih jujur, dan katakan apa yang pertama kali ada di pikiranmu ketika melihat si dia di aplikasi kencan tersebut—si dia sudah menunggumu melakukan hal tersebut.


    TAURUS: Tanya apa prioritasnya

    Taurus biasanya keras kepala serta memiliki kemauan yang kuat. Kamu lebih memilih kedamaian serta kehidupan yang harmonis dalam hidup dan hubungan asmaramu—ketika kamu berkata bahwa kamu tidak sedang mencari drama, kamu benar-benar tidak menginginkan drama. Ketika mengirim pesan dengan pasangan baru di aplikasi kencan, bagikan apa nilai hidupmu dan tanyakan apa yang menjadi nilai hidupnya. Yep, ini berarti kamu akan banyak berbicara soal politik, agama, keuangan, pekerjaan, bahkan seks, serta hal-hal lain yang biasanya tidak banyak diperbincangkan orang lain. Bagimu, berkencan bukanlah cuma sekadar chemistry yang kuat antara kamu dan si dia—berkencan adalah mencari seseorang yang juga memiliki perpektif yang sama. Begitu kamu menemukan orang yang tepat, kamu akan memberikan seluruh hatimu padanya.


    GEMINI: Kirim pesan sebanyak mungkin yang kamu inginkan

    Kamu adalah zodiak yang paling cerewer, Gemini, jadi komunikasi adalah suatu hal yang sangat penting bagimu. Sayangnya, tak semua orang sepertimu, dan jujur saja, ketidaksamaan tersebut seringkali membuat hubunganmu pupus di tengah jalan. Jadi, carilah orang yang juga rajin berkomunikasi sepertimu. Si dia berkata kamu "terlalu sering mengirim pesan"? Si dia cuma membaca pesanmu tanpa membalasnya? Bye! Tak peduli seberapa ~hot~ dirinya—kamu pantas mendapatkan seseorang yang sama bawelnya seperti dirimu. Atau setidaknya mau mendengar seluruh celotehanmu.


    CANCER: Tanyakan bagaimana perasaannya

    Kamu adalah salah satu zodiak yang paling sensitif. Kamu cepat jatuh cinta, dan kamu tak suka hal-hal yang "kasual". Ketika menggunakan aplikasi kencan, perhatikan bagaimana pasangan kencanmu berbicara mengenai perasaannya—atau apakah si dia menyimpan perasaan khusus padamu. Jika si dia tidak menjawab pertanyaan tersebut atau menolak memberitahu perasaannya yang sebenarnya, biasanya hubungan ini tidak akan bertahan lama. Menurutmu, kamu tak perlu tahu rahasia masa kecilnya, atau cerita mengenai bagaimana si dia menangis ketika mantannya meninggalkanmu, kamu hanya perlu tahu bahwa ia bisa menyatakan perasaannya yang sebenarnya. Jika si dia tak bisa mengatakan perasaannya—atau opininya ketika kamu sedang berbicara, dia bukan orang yang tepat untukmu.


    LEO: Stop mencari pasangan yang sempurna

    Dalam hatinya, Leo sebenarnya adalah pencinta romansa. Kamu suka berada dalam sebuah hubungan cinta, dan mimpimu adalah menjadi ~power couple~. Namun, kamu sangat, sangat, kritis dalam hal mencari pasangan. Kamu membutuhkan pasangan yang bisa menemanimu untuk berpesta semalaman sambil mengambil 10.000 fotomu untuk Instagrammu nanti. Sayangnya, kamu bukan tipe orang yang suka memberi kesempatan, jadi biasanya orang yang sebenarnya kamu butuhkan lewat begitu saja dari hidupmu. Saran Cosmo, carilah orang yang sedari awal memang memiliki hobi dan kesukaan yang sama denganmu, dan jangan hanya melihat seseorang dari fotonya yang menarik. Percayalah, hubungan kalian pasti akan lebih menyenangkan, dan kamu bisa memandunya untuk menyukai gaya hidupmu nanti.


    VIRGO: Berhenti mencari nama si dia di Google dan media sosial

    Virgo, kemampuan stalking yang kamu miliki memang setara dengan kemampuan seorang detektif. Kamu suka sekali mencari tahu informasi seseorang sebelum akhirnya memutuskan apakah kamu harus menjatuhkan hatimu pada dirinya. Tak jadi masalah kalau kamu ingin stalking si dia di Google atau media sosial, namun jangan terlalu lama terjebak di internet. Hey, dimana letak kesenangannya kalau kamu sudah mengetahui semua hal mengenai dirinya? Plus, kamu tak perlu tahu semua informasi mengenai siapa mantannya, di mana ia kuliah, apa yang ia lakukan pada hari ulang tahunnya tahun lalu, atau apa yang mereka makan hari Rabu kemarin. Alih-alih, hal ini bisa menjadi topik perbincangan yang menarik. Biarkan si dia bercerita mengenai apa yang ia sukai, dan berikan dia kesempatan untuk memberitahukannya sendiri. Hal ini dijamin akan membuat hubungan asmaramu menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Jadi, berhenti scrolling Instagram dan Facebook si dia. Dan jangan. Jangan tambahkan si dia pada daftar koneksimu di LinkedIn. It’s just weird.


    LIBRA: Buat profilmu terlihat *sempurna*

    Penampilan pertama merupakan segalanya dalam kencan online. Dan karena kamu diatur oleh planet Venus, maka penampilan adalah segalanya bagimu. Good news is, kamu pandai menampilkan pesona tersebut di hadapan orang lain. Tapi pastikan profilmu tak cuma sekadar barisan foto yang sempurna, ya. Buat profil yang lebih menyeluruh, dan tuliskan sedikit hal mengenai siapa kamu, apa yang kamu cari, dan apa saja hal-hal yang kamu suka. Lupakan soal foto selfie yang hot dan berderet. Tampilkan juga sisimu yang lain, semisal sisi humorismu. Tampil cantik? Huft, semua orang bisa melakukannya. Tampil cantik dan menarik? Nah, yang satu ini tak semua bisa melakukannya.




    SCORPIO: Pelan-pelan saja

    Scorpio memiliki semangat yang berapi-api karena ia diatur oleh planet Mars (yang agresif) dan Pluto (yang kuat). Kamu juga sangat menyukai romansa, juga pencinta lfirting, jadi sexual chemistry adalah suatu hal yang penting bagimu. Buruknya, ketika kamu menemukan seseorang yang kamu suka, dan orang tersebut menyukaimu juga, kamu ingin si dia mengatakan bahwa kalian resmi menjadi sepasang kekasih. Woah, woah, woah, gurl. Slow. It. Down. Nikmati waktu-waktu flirting kalian. Pergilah berkencan seperti pasangan lainnya. Biarkan koneksi kalian tumbuh perlahan-lahan. Dengan begini kamu bisa mengenalnya lebih baik—dan memutuskan apakah kamu benar-benar suka dengan si dia.


    SAGITTARIUS: Kirim meme yang lucu dan unik

    Humor is hella important to you, Sag! Kamu memerlukan tawa, karena jika tidak hidupmu akan terasa sangat membosankan. Kamu seringkali menjadi sang penghibur dalam grupmu, namun kamu juga membutuhkan seseorang yang bisa membuatmu tertawa. Kamu biasanya jatuh cinta pada pria yang hot, namun kalau si dia tak punya selera humor yang baik, biasanya kamu akan cepat merasa bosan. Kamu cocok dengan pria yang memiliki selera meme yang sama, atau pria yang bisa merekomendasikanmu serial TV yang mengocok perut. Cek apakah si dia sesuai dengan kriteriamu dengan membagikan TikTok atau meme yang unik, dan lihat apakah si dia punya selera humor yang sama.


    CAPRICORN: Perlakukan si dia seperti kamu peduli pada pekerjaanmu

    Capricorn, kamu mencintai perasaan cinta yang berbunga-bunga, namun terkadang kamu lupa untuk menyisakan waktu demi hal tersebut. Waktumu habis untuk pekerjaanmu, atau tanggung jawab lainnya yang kamu terima, dan kencan online terasa seperti suatu pekerjaan rumah yang melelahkan. Sudah saatnya kamu memperlakukan pekerjaan seperti kamu peduli pada pekerjaanmu—karena well, kamu sangat pintar mengurus pekerjaanmu. Jujurlah pada si dia mengenai tujuanmu berkencan, dan baca profil si dia seperti kamu membaca resume. Tak perlu membuang waktu pada orang-orang yang tak sesuai dengan kriteriamu, dengan begitu kamu bisa menemukan orang yang cocok denganmu.


    AQUARIUS: Pahami apa yang kamu inginkan dan tidak kamu inginkan

    Aquarius, kamu berkencan dengan pikiranmu dan bukan dengan hatimu. Bagimu, kisah cinta kalian harus ~masuk akal~ sebelum kamu setuju untuk berkencan dengan seseorang. Dan sambil kamu mencari tahu apakah kalian bisa bersama, kamu sulit ditebak dan sulit didekati. Saran Cosmo, sambil mencari tahu profil si dia, pahami apa yang kamu inginkan...dan juga apa yang TIDAK kamu inginkan. Bersikaplah terbuka mengenai apa yang kamu cari dari sosok impianmu, dan kamu mungkin akan menemukan seseorang yang bisa menerimamu apa adanya.


    PISCES: Percayalah pada intuisimu

    Kamu adalah orang yang paling romantis, Pisces. Dan bicara soal kencan online, kamu biasa terjebak dalam sebuah fantasi bersama si dia sebelum kalian benar-benar berpasangan. Jadi sebelum kamu mulai berimajinasi mengenai bagaimana pernikahan kalian nanti, dengarkan intuisimu. Kamu pintar menebak, kan? Jadi lihat kembali, apa vibe yang si dia miliki? Apakah ia pria yang baik untukmu? Apakah ia menghormatimu? Berhati-hatilah untuk tidak terlalu terjebak pada fantasimu. Hal ini bisa membuat hubungan kalian menjadi toxic, dan tidak membantumu sama sekali untuk menemukan orang yang benar-benar kamu butuhkan.


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Cosmopolitan US / KATIE BUCKLEITNER)