Beauty

Cara Melakukan Bikini Wax yang Aman Di Rumah

  by: Kissy Aprilia       16/5/2020
    • Selama masa PSBB, kamu tetap bisa melakukan bikini wax di rumah
    • Mulailah dengan menggunting bulu di area bikini line.
    • Gunakan bedak tabur sebelum memulaskan formula wax.


    Dalam beberapa konteks, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) membuat kita kesulitan untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri. Jika dikaitkan dengan kecantikan, kondisi ini telah mengubah kebiasaan perempuan untuk melakukan segala sesuatunya di rumah, termasuk waxing sendiri. Dan faktanya, Cosmo sudah beberapa kali melontarkan pertanyaan kepada orang lain mengenai: “hei, apakah kamu pernah melakukan bikini wax sendiri?”, karena benar-benar sudah merasa terganggu dengannya! Relatable?

    Fortunately, Dr Al-Niaimi, Group Medical Director and Dermatologist, mengungkapkan kepada Women’s Health UK tips untuk melakukan bikini wax yang aman di rumah. Catat lima langkah berikut ini!





    Mulailah dengan trim.

    Sebelum melakukan waxing, bulu di area bikini line sebaiknya berukuran ¼ atau ½ inci. Hal ini akan menghindari rasa sakit berlebih dan mempermudah proses waxing. 


    Lakukan eksfoliasi terlebih dulu.

    Sebelum mengaplikasikan formula wax panas di area bikini line, lakukan eksfoliasi satu atau dua hari sebelumnya terlebih dulu. Akan tetapi, hindari penggunaan eksfoliator yang terlalu keras seperti scrub, dan sebaiknya gunakan eksfoliator lembut, atau cukup gunakan handuk.





    Kamu tidak perlu membersihkan kulit sebelum waxing. 

    Apa alasannya? Tubuhmu memproduksi minyak alami yang bekerja sebagai pelindung antara kulit dengan formula wax. Kondisi kulit yang bersih akan membuatnya menjadi lembut dan menjadi lebih rentan terhadap iritasi. Setidaknya, tunggu sekitar 2 menit setelah kamu membersihkannya dengan air, atau aplikasikan bedak tabur di area bikini line, tepat seperti yang dilakukan para therapist profesional. Cara ini akan menyerap sisa kelembapan dan membuat waxing di rumah lebih aman.


    Kencangan kulit saat melakukan waxing.

    Seperti saat melakukan waxing di salon, tarik area kulit bikini line yang ingin dipulaskan formula wax. Melakukannya dalam posisi kulit yang kendur dapat membuat memar dan muncul benjolan-benjolan kecil (waxing bumps) di bagian pori-pori. 



    Terakhir, bersihkan area bikini line.

    Gunakan produk gentle cleanser untuk mendesinfektan area bikini line lalu aplikasikan baby oil untuk membersihkan sisa formula wax—sekaligus menenangkan dan melembapkan kulit. Setelah itu, Dr. Al-Niaimi menyarankan untuk menggunakan krim hidrokortison atau gel aloe vera untuk mengurangi kemerahan dan inflamasi. Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat agar tidak terjadi iritasi. 


    (Kissy Aprilia, images: Billie/ Unsplash)