Beauty

Ini Yang Terjadi Jika Kamu Berhenti Menyisir Rambut!

  by: Astriana Gemiati       18/5/2020
    • Cosmo bertanya kepada penata rambut selebriti untuk mencari tahu efek berhenti menyisir rambut.
    • Ini dia penjelasannya sebab beserta tips jika kamu berhenti menyisir rambut. 


    Cosmo memahami bahwa ada saat-saat ketika kita lupa menyikat rambut karena pikiran kita sibuk memikirkan hal-hal yang mendesak atau faktor lainnya. Hal ini membuat Cosmo bertanya-tanya apakah kebiasan ini adalah sesuatu yang harus kita khawatirkan sehingga Cosmo meminta penata rambut selebriti dan pemilik salon, Mark Anthony Rosales dari Marqed Salon untuk mencari tahu!




    Scroll down... girls, untuk tahu jawabannya!


    Apa yang terjadi jika kamu berhenti menyisir rambut?

    Mark mengatakan bahwa mengabaikan menyisir rambut dapat merusak rambut bahkan bisa menyebabkan lebih banyak masalah. “Saya tidak merekomendasinya karena dapat menyebabkan lebih banyak kusut dan penumpukan minyak,” jelasnya. Untuk menambah tanggapannya, ketika kamu tidak menyisir rambut, pada saat rambut sudah mulai mengering akan terjadi reaksi alami bentuk yang aneh seperti terasa kusut, bahkan membentuk tekstur keriting yang tidak merata.


    Apa yang bisa dilakukan ketika rambut sudah terlanjur penuh kusut?

    Mark memperingatkan bahwa kamu harus ekstra hati-hati memperbaiki rambut kusut. “Mencoba menarik rambut kusut dengan sisir justru dapat menyebabkan kerusakan rambut. Kamu dapat mencoba menyisirnya menggunakan jari dengan lembut untuk meluruskannya. Gunakan kondisioner atau oleskan hair oil, dan serum untuk mengurangi gesekan dan kaku pada rambut. Kamu juga dapat mencoba argan oil untuk membantu kusut melewati sikat atau sisir dengan lebih mudah. Yang terpenting, sikat rambut kamu dari ujung ke akar untuk menghindari kerusakan rambut,” jelasnya.


    Apa rutinitas perawatan rambut sederhana yang dapat dicoba untuk berbagai jenis rambut yang spesifik?

    Mark menyarankan untuk melakukan hal ini bagi kamu yang malas menyisir rambut, jadi catatlah!

    via GIPHY




    Straight hair

    “Keramas sangat penting untuk menjaga rambut lurus senantiasa sehat. Cuci rambut kamu dengan sampo bebas sulfat. Formulanya dapat bantu membersihkan kulit kepala dan rambut kamu tanpa mengurangi kelembapan alami helai rambut kamu. Jangan membungkus rambut menggunakan handuk, untuk menghindari gesekan yang dapat menyebabkan kerusakan,” saran Mark. Ia menyarankan untuk menggunakan kain katun yang sudah lama atau bungkus rambut microfiber untuk menyerap rambut basah


    Wavy

    “Rambut bergelombang selalu terlihat siap untuk pesta, namun sulit untuk dirawat. Berinvestasilah pada kondisioner dan aplikasikan seminggu sekali. Pengondisian rambut bergelombang bisa bantu langsung melembapkan, memperbaiki kerusakan, dan menungkatkan kilau. Keringkan rambut untuk mendapatkan helai rambut yang lebih sehat,” Mark merekomendasikan. Kamu juga dapat melipatgandakan perlindungan dan kelembapan dengan memijat rambut pada ujungnya menggunakan kondisioner tanpa bilas. 


    Curly

    “Rambut keriting alami cenderung kering karena minyak yang diproduksi oleh kulit kepala kamu kesulitan mencapai ujungnya. Jaga agar tetap lembap menggunakan kondisioner. Menggunakan kondisioner sejauh empat inci dari akar untuk menghindari rasa berminyak, penumpukan produk, dan ketombe. Gunakan bantuan sisir bergigi lebar dan mulai dari ujung ke akar untuk mencegahnya kusut,” saran mark.



    (Artikel ini disadur dari cosmo.ph / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati Image: puhhha©123RF.com, Giphy.com)