Fashion

DIY Distressed Jeans yang Bisa Kamu Coba!

  by: Hendry Leo       17/5/2020
  • As you know, celana jeans adalah salah satu item busana yang wajib kamu miliki. Tak hanya sifatnya yang timeless, celana jenis ini juga cocok untuk kamu kenakan dengan tampilan apapun! Untuk kamu yang menyukai aksi yang keren dan tak biasa, tengok model jeans robek atau biasa disebut distressed jeans. Apakah kamu terpikir untuk membuat distressed jeans sendiri sesuai dengan selera kamu? Nah, berikut Cosmo akan berikan DIY distressed jeans yang bisa kamu coba di rumah. Yuk, simak!

    1. Pilih Jeans Berwarna Pudar (Sebagai Opsi)

    Saat kamu baru membeli celana jeans, sebaiknya jangan langsung dirobek karena esensi dari distressed jeans yang keren adalah saat warna jeans kamu semakin memudar. Yup, semakin lama celana yang kamu kenakan maka bahannya akan semakin mudah dirobek.




    2. Robek Pada Bagian Saku dan Pinggiran Celana

    Pada bagian saku dan pinggiran celana, robek sedikit secara perlahan sedikit demi sedikit. Hal ini akan memberikan efek robekan yang natural sehingga memberikan gaya yang stylish pada potongan jeans kamu.

    3. Gunakan Pinset untuk Membuat Robekan Kecil

    Untuk hasil robekan yang sempurna, gunakan pinset untuk menghasilkan robekan yang pas dan tidak terlalu berlebihan. 


    4. Potong Benang Satu per Satu Pada Bagian Jahitan Jeans

    Well, ini adalah salah satu langkah yang menyenangkan untuk menciptakan aksi keren pada tampilan kamu. Potong secara horizontal pada bagian yang ingin kamu robek, lalu cabut secara satu per satu menggunakan pinset untuk hasil yang sempurna. Pada jahitan jeans, bagian horizontal adalah benang berwarna putih, lalu bagian vertikal untuk benang berwarna biru. Cabut benang biru untuk memperlihatkan benang putih, lalu cabut beberapa benang putih agar terlihat berantakan. Jika masih bingung, simak video di bawah ini!




    5. Gosok Menggunakan Ampelas

    Agar jeans kamu terlihat lebih maksimal, coba gosok menggunakan ampelas di bagian tertentu. Kamu bisa sesuaikan dengan selera kamu, semakin kasar tekstur ampelas maka robekan pada jeans akan terlihat lebih jelas, begitu pun sebaliknya.



    (Artikel ini disadur oleh cosmopolitan.com/ Alih bahasa: Hendry Leo/ Foto: dok. Cosmopolitan US, unsplash.com).