Better You

13 Vitamin Paling Penting yang Dibutuhkan Tubuh Agar Fit

  by: Alexander Kusumapradja       19/5/2020
    • Tubuh kita membutuhkan 13 vitamin paling penting berikut ini setiap harinya untuk tetap sehat.
    • Berikut adalah penjelasan untuk 13 vitamin tersebut, manfaat, dan sumber kita bisa mengonsumsinya.


    Mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan vitamin adalah salah satu cara paling utama untuk menjalani hidup yang sehat, namun apakah kamu sudah tahu vitamin apa saja yang paling dibutuhkan tubuh kita? Well, ada 13 vitamin paling penting yang berpengaruh pada kesehatan optimal tubuh kita, yaitu: vitamin A, C, D, E, K, dan vitamin B yang meliputi thiamine (B1), riboflavin (B2), niacin (B3), pantothenic acid (B5), pyroxidine (B6), biotin (B7), folate (B9) dan cobalamin (B12).




    Dari 13 vitamin tersebut, ada empat vitamin yang mampu dilarutkan lemak tubuh dan tersimpan dalam jaringan lemak tubuh kita yaitu vitamin A, D, E, dan K. Sementara 9 vitamin lainnya adalah vitamin yang harus dilarutkan oleh cairan tubuh dan karena itu harus terus dijaga asupannya karena mereka akan terbuang dari tubuh kita melalui urin saat kita buang air kecil. Vitamin B12 adalah satu-satunya vitamin yang larut oleh air yang bisa disimpan dalam ginjal kita.

    Cara terbaik memperoleh semua 13 vitamin penting tersebut adalah menjalani pola makan yang seimbang dengan kombinasi berbagai lauk. Berikut adalah panduan yang perlu kamu tahu dari 13 vitamin penting tersebut, manfaatnya, dan sumbernya.


    via GIPHY

    1. Vitamin A

    Vitamin A memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh dan menjaga kesehatan kulit, rambut, gusi, kuku, tulang, gigi, kelenjar. Vitamin A juga mampu membantu mengurangi risiko kanker paru-paru dan mencegah kerabunan mata. Sumber makanan yang kaya Vitamin A meliputi ikan salmon dan ikan-ikan perairan dingin lainnya, kuning telur, dan produk-produk susu yang sudah terfortifikasi.


    2. Vitamin D

    Sebagai salah satu vitamin esensial, Vitamin D membantu penyerapan kalsium serta menjaga kesehatan tulang dan gigi. Vitamin D dapat dikonsumsi melalui produk susu, kedelai, beras yang terfortifikasi, mentega, kuning telur, lemak ikan, minyak ikan, dan diproduksi tubuh secara alami dengan berjemur di bawah matahari.


    3. Vitamin E

    Vitamin E bermanfaat untuk melindungi asam lemak, menjaga kesehatan otot dan sel darah merah, dan berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Kita bisa mendapatkan Vitamin E melalui telur, minyak sayur, margarin, mayones, kacang, biji-bijian, dan sereal yang sudah terfortifikasi.


    4. Vitamin K

    Vitamin K termasuk vitamin esensial yang dibutuhkan tubuh untuk proses pembekuan darah ketika tubuh kita terluka. Kita bisa mendapatkannya melalui sayur-sayuran hijau seperti bayam, brokoli, seledri, dan juga hati ayam.

    via GIPHY

    5. Vitamin C (Ascorbic Acid)

    Vitamin C yang identik dengan buah-buahan bermanfaat memperkuat jaringan darah, mempercepat proses penyembuhan luka, menyerap zat besi yang dibutuhkan tubuh, meningkatkan imunitas, berperan sebagai antioksidan, dan mencegah berbagai penyakit. Sumber Vitamin C yang bisa kita konsumsi adalah buah-buahan keluarga jeruk, beri, melon, paprika, brokoli, dan kentang.


    6. Vitamin B1 (Thiamine)

    Vitamin B1 bermanfaat untuk menjaga kesehatan metabolisme tubuh, menjaga sistem pencernaan, nafsu makan, dan fungsi syaraf. Vitamin B1 dapat ditemukan pada sayuran polong, kacang, biji-bijian, gandum, dan sereal yang terfortifikasi.




    7. Vitamin B2 (Riboflavin)

    Vitamin B2 dibutuhkan tubuh untuk metabolisme energi, membantu fungsi adrenal, menjaga kesehatan daya pandang, dan mendapatkan kulit yang lebih sehat. Kita bisa mengonsumsi gandum, daging tanpa lemak, produk unggas, produk susu, jamur, dan sereal, kedelai, dan beras yang terfortifikasi untuk memperoleh vitamin ini.


    8. Vitamin B3 (Niacin)

    Vitamin B3 berguna bagi tubuh untuk metabolisme energi, mendukung pertumbuhan tubuh, dan dalam dosis besar Vitamin B3 juga mampu menurunkan kolesterol. Vitamin ini bisa kita peroleh dari daging tanpa lemak, produk unggas, seafood, susu, telur, sayuran polong, sereal, dan roti yang sudah terfortifikasi.

    via GIPHY

    9. Vitamin B5 (Pantothenic Acid)

    Vitamin B5 bermanfaat untuk metabolisme energi dan menjaga keseimbangan gula dalam darah dan walaupun Vitamin B5 termasuk vitamin esensial, namun vitamin ini mudah didapatkan tubuh karena hampir semua makanan mengandung Vitamin B5.


    10. Vitamin B6 (Pyridoxine)

    Vitamin B6 termasuk vitamin esensial bagi tubuh karena membantu metabolisme protein, karbohidrat, dan memproduksi energi yang dibutuhkan tubuh. Vitamin ini juga memegang peranan penting dalam menjaga fungsi syaraf dan membentuk sel darah merah. Kita bisa mendapatkannya denagn mengonsumsi daging, ikan, produk unggas, gandum, sereal, pisang, sayuran hijau, kentang, dan kedelai.


    11. Vitamin B7 (Biotin)

    Dikenal juga dengan nama biotin, Vitamin B7 memegang peranan penting untuk menjaga metabolisme yang sehat dalam tubuh kita. Sumber Vitamin B7 yang bisa kita konsumsi meliputi kuning telur, kedelai, gandum utuh, kacang-kacangan, dan produk ragi.


    12. Vitamin B9 (Folate, Folic Acid)

    Vitamin B9 adalah vitamin esensial yang secara khusus dibutuhkan oleh wanita yang sedang hamil karena mampu mencegah berbagai risiko pada kesehatan janin. Untuk orang pada umumnya, Vitamin B9 bermanfaat untuk pembentukan DNA, RNA, sel darah meraj, dan beberapa asam amino. Vitamin ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi hati, sayuran hijau, ragi, asparagus, jus jeruk, alpukat, sayuran polong, dan tepung yang terfortifikasi.


    13. Vitamin B12 (Cobalamin)

    Tubuh kita membutuhkan Vitamin B12 untuk memproduksi sel darah merah, DNA, RNA, dan myelin untuk serat-serat syaraf. Hampir semua produk hewani mengandung vitamin ini. Lalu bagaimana dengan vegetarian? Vitamin B12 juga bisa diperoleh dari jamur, ragi, nori, sereal yang terfortifikasi, telur, dan produk-produk susu.

    via GIPHY


    (Alex.K/Image: Sharon Pittaway on Unsplash )