Beauty

Kenali Penyebab Bibir Kering & Pecah-pecah Serta Solusinya!

  by: Yovita Pratiwi       18/5/2020
  • Sudah mencoba segala cara dan berbagai jenis produk untuk atasi bibir kering dan pecah-pecah, tetapi hasilnya nihil? Lip scrub, sudah. Segala jenis lip balm, sudah. Lip mask, sudah. Serum, sudah. Sampai akhirnya kamu merasa tak ada jalan keluar dari masalah ini dan pasrah dengan kondisi bibirmu. Ladies, don’t give up! Ketahui penyebab dan cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah hingga tuntas!


    1. Kenali Masalahnya




    Langkah pertama untuk mengatasi sebuah masalah ialah mengenal penyebabnya. Kulit di sekitar bibirmu, seperti kulit pada area mata, berbeda dengan kulit pada area tubuh lainnya karena tak memiliki kelenjar minyak. Tak seperti area mata yang menyerap minyak dari wajah, bibir tak melakukan demikian. Hal tersebut menjelaskan mengapa bibir seringkali menjadi kering. 


    2. Identifikasi Faktor yang Buat Bibir Iritasi


    Minuman beralkohol dan kopi dapat mendehidrasi kulit, jadi jangan biarkan bahan buatan dari makanan atau minuman menyentuh bibirmu. Sama seperti kulit pada bagian tubuh lainnya, bibirmu bereaksi terhadap bahan kimia. Tetapi karena kulit di bibirmu lebih halus daripada kulit pada wajah dan tubuh, bahan kimia mempengaruhi bibir sehingga lebih cepat dehidrasi.


    3. Gunakan Sedotan


    Jika kamu tak dapat meninggalkan kopi kesukaanmu atau cocktail favorit yang menemani makan malam, gunakan sedotan untuk hindari bibir kering. Jalan terbaik ialah menghidari kemungkinan iritasi karena jenis minuman-minuman ini menyebabkan dehidrasi yang berujung pada bibir pecah-pecah. 


    4. Perhatikan Cuaca


    Kondisi cuaca seperti angin kencang dan paparan sinar matahari yang ekstrim dapat menyebabkan bibir jadi super kering, Layaknya kulit yang bisa terbakar saat tak dilindungi dengan benar, bibirmu juga dapat terkena sunburn. Itulah sebabnya mengapa kamu perlu mengaplikasikan SPF pada bibirmu. 


    5. Hindari Menjilat Bibir




    Ternyata, menjilat bibir tak akan membantu menghidrasi bibir, malah sebaliknya. Menjilat bibir terlalu sering dapat menyebabkan inflamasi pada kulit dalam bentuk dermatitis. Ciri-cirinya ialah bibir sangat kering, pecah-pecah, dan terasa perih. Mungkin kamu menjilat bibir secara tak sadar, sehingga tak merasa itu penyebabnya. 


    6. Gunakan Produk yang Melembapkan


    Salah satu kandungan yang paling umum pada produk bibir ialah petroleum. Kandungan ini cocok untuk bibir yang mulus dan sehat, namun tak ideal untuk bibir yang pecah-pecah. Castor oil alias minyak jarak dapat menjadi solusi karena dapat menyerap minyak di area sekitar bibir dan menyediakan hidrasi. 


    7. Gunakan Essential Oil


    Pilih produk-produk yang mengandung vitamin untuk menutrisi kulit, mineral, dan minyak esensial. Alasan mengapa minyak esensial dapat melembapkan bibir adalah karena mereka didesain untuk menutrisi sekaligus melindungi. Vitamin E yang menenangkan tak hanya mengatasi bibir pecah namun juga melindunginya dari agresor lingkungan. 


    8. Gunakan Produk Perawatan Kulit untuk Bibir


    Seperti memperlakukan leher layaknya kulit pada wajah, kita juga perlu memperhatikan bibir. Kita menghabiskan banyak waktu untuk fokus pada kulit wajah, sehingga terkadang lupa bahwa produk skincare juga dapat mengatasi masalah pada area lainnya seperti bibir. Kamu dapat menggunakan eye cream yang didesain untuk kulit fragile pada area mata untuk bibirmu. 



    (Yovita Pratiwi. Image: Dok. Niels Carlsen on Unsplash)