Beauty

Sering Pakai Masker? Ini Tips Agar Kulit Tidak Berjerawat

  by: Kissy Aprilia       19/5/2020
    • Menggunakan masker dapat membuat kulit berjerawat dan iritasi.
    • Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan petroleum jelly di area kulit yang bersentuhan dengan masker.
    • Selain itu, jerawat juga dapat diatasi dengan menggunakan benzoyl peroxide. 


    Apakah situasimu saat ini mewajibkan untuk tetap bekerja di masa pandemi? So, this is the problem: mengenakan masker sebagai alat pelindung diri sepanjang hari dapat menyebabkan jerawat, iritasi, dan sejumlah masalah kulit lainnya. Jadi adakah cara untuk menghindari atau masalah ini? Simak!




    Mengapa kulit berjerawat dan iritasi karena mengenakan masker?

    Penyebab utama masalah kulit di area yang sering tertutup oleh masker adalah kurangnya sirkulasi udara. Kondisi ini menyebabkan napas menjadi panas, memicu kelembapan, lalu keringat yang menumpuk pada kulit menyumbat ke pori-pori bersama residu negatif yang ikut terperangkap di dalam masker. Selain itu, gesekan yang terjadi antara bahan masker dengan kulit akan berisiko menyebabkan iritasi, khususnya pada jenis yang sensitif. 



    Pilih bahan masker yang breathable.

    Seperti pakaian dan juga skincare, penting bagi kamu untuk memilih material masker yang tepat. Bahan masker sintetis memang ebih efektif dalam menyaring udara, tetapi juga lebih kasar untuk kulit. Bahan masker katun dapat menjadi pilihan yang lebih baik bagi kulitmu, karena bahan natural seperti katun lebih lembut dan tidak kasar saat bersentuhan dengan kulit. 


    Hindari iritasi dengan mengaplikasikan petroleum jelly.

    Untuk menghindari iritasi, kamu harus menggunakan produk skincare yang berfungsi menjaga tingkat hidrasi pada kulit. Selain itu, pulaskan petroleum jelly di area kulit yang bersentuhan langsung dengan masker secara intens, seperti lekukan telinga dan hidung. Skip your primer and foundation! Makeup berisiko membuat kulitmu semakin iritasi, dan lagi pula… tidak akan ada yang melihat area tersebut, kok!





    Obati jerawat menggunakan benzoyl peroxide.

    Apakah jerawatmu muncul di sekitar mulut? Hal itu disebabkan oleh penumpukan keringat, minyak, dan bakteri yang terperangkap di dalam masker. Kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan formula benzoyl peroxide, yang bekerja mematikan penyebab jerawat tersebut. Pilih kandungan formula benzoyl peroxide 2,5% karena sudah cukup efektif dan tidak menyebabkan iritasi. 


    Jangan kenakan masker yang sama berturut-turut!

    Meski tidak melakukan aktivitas yang membuatmu berkeringat, kotoran tetap saja menempel pada masker wajah. Dan sama seperti layaknya kulit, masker yang kotor perlu dibersihkan setiap hari. Selain dapat menimbulkan jerawat serta iritasi kulit, tidak mencuci masker berisiko menularkn penyakit. 


    (Kissy Aprilia, images: Ready Made/ Pexels)