Beauty

Benarkah Pasta Gigi Efektif untuk Membersihkan Komedo?

  by: Fariza Rahmadinna       22/5/2020
  • Ada banyak sekali tips-tips yang beredar mengenai bagaimana cara ampuh untuk membersihkan komedo, salah satu cara yang cukup populer yaitu dengan menggunakan pasta gigi. Lantas yang menjadi pertanyaan, benarkah pasta gigi efektif untuk membersihkan komedo? Simak ulasannya di bawah ini!

    Benarkah pasta gigi efektif untuk membersihkan komedo?



    Cara membersihkan komedo menggunakan pasta gigi cukup populer di masyarakat. Tidak sedikit orang yang menjadikan cara ini sebagai solusi untuk menghilangkan masalah komedo membandel. Benarkah cara ini efektif? Dikutip dari Self, menurut ahli dermatologi Manjula Jegasothy, M.D., menggunakan pasta gigi dan soda kue untuk mengangkat komedo membandel bisa sangat merusak kulit, serta menyebabkan kekeringan dan iritasi. Selain itu, menurut Dr. Rachel Nazarian MD, FAAD seorang dokter kulit bersertifikat Schweiger Dermatology Group, sebaiknya hindari beberapa resep sederhana dalam perawatan kulit yang menggunakan bahan-bahan rumahan seperti membuat masker atau scrub dari garam, soda kue, dan pasta gigi. Problem is, pasta gigi mengandung beberapa kandungan yang mampu memicu iritasi pada kulit seperti mentol, triklosan, alkohol, peroksida, dan hidrogen. Jadi, kalau kamu sempat berpikir untuk menggunakan pasta gigi demi mengangkat komedo membandel pada wajah, sebaiknya lupakan ide tersebut.

    Lalu bagaimana cara yang aman? Berikut tipsnya:


    1. Eksfoliasi Wajah

    Cara menghilangkan komedo yang dinilai aman untuk kulit yaitu dengan rutin melakukan eksfoliasi wajah menggunakan scrub atau exfoliator khusus untuk wajah. Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya komedo. Sebaiknya, lakukan hal ini satu atau dua minggu sekali, dan jangan lakukan terlalu sering untuk menghindari iritasi pada wajah.

    2. Menggunakan Face Cleansing Brush

    Saat melakukan eksfoliasi, kamu juga dapat menggunakan face cleansing brush untuk membersihkan wajah secara maksimal hingga ke pori-pori demi mencegah timbulnya komedo.



    3. Menggunakan Clay Mask

    Cara lain untuk membersihkan komedo yang aman yaitu dengan menggunakan clay mask secara rutin, satu sampai dua kali dalam seminggu. Clay mask dinilai efektif untuk membersihkan pori-pori secara maksimal, sehingga mencegah munculnya komedo pada wajah.

    Perlu diingat ya dear, cara-cara di atas tidak memberikan hasil yang instan untuk mengatasi masalah komedo membandel. Supaya hasilnya lebih maksimal, lakukan kegiatan tersebut secara rutin dan konsisten ya! Jika masalah komedo belum juga bisa teratasi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut sesuai dengan kondisi kulitmu.

    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Andrea Piacquadio on Pexels)