Better You

Lagi Diet? 5 Makanan Ini Bantu Menurunkan Berat Badan

  by: Fariza Rahmadinna       23/5/2020
  • Menurunkan berat badan tentu bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan ketekunan dan usaha yang kuat. Namun itu saja tidak cukup, perlu diimbangi dengan olahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Nah, berikut ini 5 makanan yang bisa membantu kamu menurunkan berat badan. Apa saja? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

    1. Buah Alpukat



    Buah alpukat mengandung banyak lemak sehat yang dapat membantu membakar lemak tidak sehat, membuat tetap kenyang, mengendalikan kolesterol, dan menyehatkan jantung. Tak hanya itu saja, alpukat juga tergolong buah kaya serat, yang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun sebaiknya, konsumsi buah alpukat dalam jumlah yang seimbang, karena jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak justru akan membuat berat badan meningkat. Dalam sehari, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi buah alpukat sebanyak setengah buah saja, dan hindari tambahan lainnya seperti susu coklat.

    2. Buah Beri

    Buah beri kaya akan serat yang dapat memberi rasa kenyang lebih lama sekaligus membantu memperlancar pencernaan, sehingga cocok dijadikan pilihan makanan penurun berat badan. Serat dalam buah beri juga penting untuk menyehatkan jantung dan mengontrol kadar gula darah. Tak hanya serat, buah beri juga mengandung polifenol yang dapat membantu membakar lemak.

    3. Buah Sitrus

    Buah sitrus di sini adalah jeruk dan jeruk Bali, keduanya merupakan buah yang mengandung banyak vitamin C. Sebagaimana diketahui, vitamin C dikenal mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi buah jeruk yang tinggi akan serat juga dapat membantu mengurangi nafsu makan serta menjaga usus tetap sehat.



    Sementara itu, jeruk Bali mengandung kandungan phytochemical yang tinggi dan enzim yang berperan untuk memecah lemak dan gula, sehingga dapat membantu membakar lemak dan mempercepat proses metabolisme tubuh. Jika proses metabolisme tubuh lancar, maka penurunan berat badan pun akan lebih mudah dilakukan. Buah jeruk Bali juga rendah akan karbohidrat yang baik bagi kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

    4. Makanan Tinggi Probiotik

    Tempe, kimchi dan yoghurt merupakan beberapa makanan yang mengandung probiotik, yang dapat membantu sistem pencernaan memecah dan mencerna makanan dengan lebih baik, sehingga kamu akan mendapatkan lebih banyak nutrisi dari makanan yang dikonsumsi, sekaligus memberikan rasa kenyang lebih lama.

    5. Ikan Salmon

    Lemak sehat dalam ikan salmon dapat membantu melepaskan lemak-lemak yang tidak diinginkan. Mengonsumsi makanan yang kaya lemak sehat dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, ikan salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Ready Made on Pexels)