Celebrity

Yuk, Lihat Profil Grup K-Pop Multinasional SECRET NUMBER!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       20/5/2020
  • Good morning, K-Pop fans! Apakah kamu sudah melihat video klip Secret Number yang dirilis pada tanggal 19 Mei kemarin? Mungkin selama beberapa hari terakhir ini kamu sering melihat nama grup ini pada timeline media sosial, atau mungkin kamu sempat melihat nama 'Dita' trending topic di Twitter Indonesia. Nah, kalau kamu belum tahu, girl group K-Pop ini sukses menarik perhatian fans K-Pop tanah air karena salah satu personalnya, Dita, berasal dari Indonesia. Namun bukan hanya Dita saja yang berasal dari luar Korea Selatan, karena grup ini adalah sebuah grup multinasional, dengan empat dari lima personelnya merantau ke Korea demi menggapai cita-cita. 

    Terdengar menarik, bukan? Sekarang, mari kita mengenal lebih lanjut para personel Secret Number. Cosmo telah mengumpulkan segala hal yang perlu kamu ketahui tentang Léa, Dita, Jinny, Denise, dan Soodam, mulai dari negara asal, keterampilan, hingga perjalanan karier mereka. Psst... Beberapa personel pernah mengikuti acara kompetisi di Korea, lho!




    Léa the Leader


    Secret Number mengatakan bahwa mereka adalah grup multinasional karena kebanyakan personelnya berasal dari luar Korea Selatan, salah satunya sang leader, Léa.

    Perempuan yang memiliki nama asli Ogawa Mizuki ini berasal dari Jepang, dan menariknya, ia memiliki pengalaman yang cukup panjang dalam industri K-Pop. Pada Desember 2012, Léa sempat debut sebagai salah satu personel SKarf, sebuah grup K-Pop yang debut pada Agustus 2012. Ia ditambahkan ke grup tersebut untuk menggantikan seorang personel yang mengundurkan diri. Selama dua tahun ia menjadi personel SKarf (grup tersebut akhirnya bubar pada 2014), Léa dikenal sebagai Hana.



    Tak hanya itu saja, Léa pun sempat berpartisipasi dalam MIXNINE, serial kompetisi buatan saluran televisi JTBC dan YG Entertainment. Acara tersebut mengumpulkan 170 trainee untuk saling bersaing demi menjadi anggota girl group dan boy group yang masing-masing menyediakan sembilan slot. Pada akhirnya, kedua grup tersebut masih harus bersaing untuk mendapatkan kesempatan untuk debut. 


    Sumber foto: Dok. JTBC/YG Entertainment


    Léa berpartisipasi dalam MIXNINE menggunakan nama aslinya sebagai individual trainee, yang berarti ia tidak mewakili agensi apa pun. Sayangnya, Léa dieliminasi dalam episode ketujuh, meraih ranking ke-109. 


    Dita the Dancer


    Yup, here she is! Perempuan yang sejak beberapa hari terakhir ini menjadi topik percakapan para fans K-Pop tanah air. Wajar saja, jumlah warga Indonesia yang berhasil debut sebagai idola K-Pop bisa dihitung jari, dan Dita adalah salah satunya. 

    Jika melihat kehidupannya sebelum debut dengan Secret Number, tidak mengagetkan bahwa Dita dipercayai untuk menjadi main dancer grup ini. Perempuan yang bernama lengkap Dita Karang ini adalah lulusan The American Musical and Dramatic Academy, sebuah perguruan tinggi di Amerika Serikat yang berspesialisasi dalam seni pertunjukan. 


    Sumber foto: Instagram/DitaKarang


    Sebelum debut, Dita hobi membuat dance cover bersama teman-temannya dan mengunggahnya di YouTube. Dan tak hanya lagu K-Pop saja, ia pun pernah menarikan koreografi untuk lagu Taylor Swift dan Tinashe. Simak penampilan Dita dalam video berikut ini:






    Dita pun pernah menjadi dancer di 1MILLION Dance Studio, lho! Coba tonton video berikut ini, bisakah kamu bisa melihat sosok Dita?



    Jinny the Rapper


    Mungkin kamu yang telah mengikuti dunia K-Pop untuk waktu yang cukup lama agak familier dengan personel Secret Number yang satu ini. Jinny adalah mantan trainee YG Entertainment—ya, agensi yang menaungi BLACKPINK, Winner, dan iKon. Bahkan semasa menjadi trainee YG, Jinny dilatih untuk debut sebagai grup penerus 2NE1, alias BLACKPINK yang sekarang beranggotakan Lisa, Jennie, Rosé, dan Jisoo. Namun ia dikeluarkan dari lineup grup tersebut, kemudian meninggalkan YG Entertainment.






    Jinny yang tidak terikat dengan agensi apa pun lalu bersaing dalam musim ketiga Produce 101, yaitu Produce 48, dengan harapan dapat debut sebagai personel IZ*ONE. Sama seperti Léa saat bersaing dalam MIXNINE, Jinny juga memberanikan diri untuk berpartisipasi sebagai individual trainee. Dalam acara tersebut, Jinny sempat membawakan lagu TWICE, “Like Ooh-Ahh” versi Jepang, sebagai rapper bersama lima kontestan lainnya. Jinny tersingkir dalam episode kelima, menempati posisi ke-69 dari 96.



    Jinny juga termasuk salah satu personel Secret Number yang berasal dari luar Korea. Ia lahir dan dibesarkan di Los Angeles, Amerika Serikat, so yes, ia fasih berbahasa Inggris. 

    Tampaknya Jinny juga hobi menciptakan lagu, girls! Bahkan ia telah mengunggah beberapa lagu di akun SoundCloud-nya. So talented!



    Denise the Vocalist


    Sama seperti Jinny, Denise juga seorang mantan trainee YG Entertainment dan lahir di Amerika Serikat. Denise bergabung dengan YG pada tahun 2016 setelah tampil dalam acara pencarian bakat K-pop Star 5, sebagai anggota dari grup vokal Mazinga’S. Meskipun tidak menjadi juara utama, Mazinga’S berhasil memasuki jajaran empat besar.




    Kalau ingin mendengar lagu kreasi personel termuda Secret Number ini, Denise telah membuat lagu-lagu ciptaan dirinya sendiri tersedia untuk didengarkan secara online melalui SoundCloud. Ia juga telah membuat cover lagu “Black Butterflies & Déjà Vu” oleh The Maine, band asal Amerika Serikat.



    Soodam the Visual


    Perempuan yang memiliki nama lengkap Lee Soodam ini adalah satu-satunya personel Secret Number yang berasal dari Korea Selatan. Menurut kabar yang beredar di kalangan fans K-Pop, Soodam adalah mantan ulzzang, yakni seseorang yang terkenal di internet berkat parasnya yang cantik atau tampan. Hmm… Kalaupun rumor tersebut tidak benar, sepertinya kita bisa sepakat bahwa Soodam memiliki wajah yang cantik! Ini dia beberapa foto Soodam sebelum ia debut:





    Tonton video klip debut single Secret Number, "Who Dis?", berikut ini:



    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dok. VINE Entertainment / Profile images: Dok. YouTube/1theK)