Lifestyle

“Sepuluh Meter” Film tentang Kesehatan Mental Saat Pandemi

  by: Givania Diwiya Citta       20/5/2020
    • Outbreak pandemi COVID-19 masih dirasakan dampaknya terutama saat beraktivitas selama bulan Ramadan.
    • Film pendek “Sepuluh Meter” yang dibintangi Nirina Zubir dan Ringgo Agus Rahman mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan mental saat pandemi.


    Dengan masih berlangsungnya outbreak COVID-19 di Indonesia, kita pun merasakan dampaknya mulai dari berusaha beradaptasi dengan konsep ‘new normal’ bekerja, belajar, beribadah dari rumah, hingga menerapkan konsep social distancing dan physical distancing. Namun tak bisa dipungkiri, adapun dampak perubahan ini terhadap kesehatan mental diri kita sendiri, apalagi di kala momen Ramadan seperti yang sedang dijalani. Jika biasanya momen Ramadan penuh acara berkumpul dengan keluarga dan kerabat, namun tahun ini, keterbatasan interaksi sosial secara fisik bisa turut menimbulkan adanya perasaan terisolasi dan perasaan cemas terhadap kehidupan sekarang ataupun di masa depan.





    Pada 14 Mei lalu, Bank OCBC NISP pun merilis film pendek berjudul Sepuluh Meter sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam kampanye #NyalakanHati yang bertujuan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kesehatan mental. Sutradara Yandy Laurens dan para aktor Nirina Zubir serta Ringgo Agus Rahman pun ikut andil mengambil peran dalam menggarap film yang penuh pesan tentang pentingnya kesehatan mental selama kondisi pandemi ini. 




    Digarap langsung dari rumah Nirina dan Ringgo masing-masing, film ini menceritakan tentang dua sahabat (IRL!) yang saling berbagi keadaan serta kabar selama menghadapi situasi pandemi. Nirina mendorong Ringgo untuk tidak putus asa selama melewati masa-masa sulit ini, namun pada beberapa titik, keduanya mengakui bahwa mereka tak bisa membohongi diri bahwa ada rasa stres yang tetap menghampiri. Namun jawaban ultimate-nya: It's okay if you're not okay, dan saat stres itu datang, coba hadapi rasa stres tersebut selayaknya sedang menyetir mobil ketika malam hari, di mana hanya 10 meter saja jarak pandang jelas yang bisa kita lihat.






    Hingga akhirnya, filosofi untuk hidup menjalani satu hari dulu saja – atau berhasil melewati satu hari saja di masa-masa sulit ini – adalah hal terbaik yang bisa tetap membuat kesehatan mental kita terjaga. Pesan yang terasa relatable untuk kondisi terkini ini membuat film Sepuluh Meter mampu menyuarakan sekaligus menjawab rasa kecemasan kolektif, sekaligus membuat kita bercermin bahwa perjuangan kita tangguh sebagai pribadi di masa-masa serba tak pasti ini. Namun tentu saja, film ini juga memperkenalkan berbagai kit untuk tetap bahagia selama di rumah dengan serangkaian kegiatan yang keluarga Nirina dan Ringgo lakukan sehari-harinya, tak luput mengenai solusi banking di tengah kondisi yang tak menentu ini.


    Kudos! Jangan lewatkan untuk tonton filmnya di bawah ini, girls, stay safe and stay healthy for your holistic well-being!



    (Givania Diwiya / Image: Dok. OCBC NISP, Dok. Nirina Zubir, Dok. Ringgo Agus Rahman)