Beauty

10 Trik Mengatasi Makeup Yang Terlihat Cakey Dan Creasing!

  by: Astriana Gemiati       24/5/2020
    • Terkadang tanpa disadari para wanita banyak mengalami cakey makeup dan creasing.
    • Cosmo akan memberikan tips makeup melalui demonstrasi para YouTuber untuk mengatasinya.


    Oh, cakey makeup! Kesalahpahaman terbesar mengenai cakey makeup adalah biasanya selalu disebabkan oleh terlalu banyak menggunakan produk di wajah, namun sebagai seseorang yang secara rutin menggunakan banyak formula sekaligus, Cosmo dapat menyakinkan pada kamu bahwa itu tidaklah benar. Trik untuk mencegah cakey makeup, adalah sebenarnya menggunakan produk yang tepat dan dalam jumlah yang benar, serta menggunakan formula lain yang cocok, sekaligus menerapkannya dengan teknik dan cara tertentu. Ok, jadi, seperti menggunakan beberapa trik.




    Namun, karena Cosmo menyadari bahwa semua itu jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, Cosmo telah merangkum beberapa tips makeup melalui demontrasi para YouTuber, bagaimana cara memperbaiki cakey makeup dan menghindarinya sejak awal. The best part? Kamu tidak perlu menghapusnya dan memulai dari awal jika kamu tidak mau. Sungguh, tidak ada yang punya waktu untuk itu.


    How to fix it?


    Tips #1: Melt it with setting spray

    Ada baiknya kamu menggunakan setting spray. Kenapa? Ketika kamu telah menyelesaikan contouring, bronzing, setting, dan highlighting, serta wajah kamu masih terlihat tampak tebal, kamu harus menetralisir semuanya ke dalam kulit kamu. Setting spray tidak hanya akan bantu mengunci makeup kamu, namun juga bantu menghilangkan residu bubuk dan mengatur segala sesuatu, serta bantu berikan hasil akhir yang lebih alami.


    Tips #2: Keep blending


    Mengaplikasikan foundation agar tetap terlihat merata membutuhkan lebih dari sekadar hanya mengoleskannya. Jika foundation kamu terlihat lebih cakey setelah kamu terapkan, maka kamu belum selesai memadukannya. Gunakan bantuan beauty blender dalam kondisi lembap untuk membasahi foundation (atau BB cream, atau tinted moisturizer) dengan lembut ke kulit kamu berulang kali sampai pada dasarnya telah terbentuk. Proses penyatuan ini akan bantu menghilangkan kesan gari-garis di wajah dan memastikan kulit kamu tertutup, serta merata dengan baik.


    Tips #3: Hydrate Crepe-y under eyes


    Jadi, kamu telah mengikuti semua langkah under-eye baking dengan huruf T, namun concealer kamu tetap terlihat berkerak, crepe-y, dan chalky. Hufft! Yang kamu butuhkan adalah menambahkan sedikit hidrasi kembali ke kulit. Trik pada video YouTuber ini: menggunakan face spray atau toner yang mengandung squalane (bahan emolien) untuk bantu menghidrasi garis-garis halus kamu dan melarutkan residu bubuk. Namun jangan hanya mengoleskannya ke seluruh makeup kamu – semprotkan juga tepat ke spons rias bersih, lalu oleskan beberapa kali di bagian belakang tangan kamu untuk menghilangkan kelebihannya. Kemudian tekan dengan ringan di concealer yang tampak cakey untuk memperbaiki kekeringan tanpak merusak makeup yang sudah kamu lakukan.


    Tips #4: Sponge off excess makeup


    Mengaplikasikan terlalu banyak foundation? Stop! Jangan buru-buru menghapusnya. Sebagai gantinya, cukup tekan dan gulung spons makeup yang bersih dan sedikit lembap ke bagian wajah manapun yang sudah terlalu banyak menggunakan riasan (seperti blush on atau concealer, atau bahkan powder) untuk membaurkan formula serta membuat kulit kamu terlihat lebih alami. Kemudian, ambil tisu dua lapis, lepas menjadi dua bagian, bungkus di sekitar spons kamu, lalu tepuk lembut di kulit untuk mengambil lapisan terakhir.


    Tips #5: Finish with oil


    Kulit kering memiliki cara terlihat seperti cakey dan flaky, tidak peduli berapa banyak persiapan yang kamu lakukan. Jika kamu telah selesai merias wajah dan bronzer namun makeup kamu terlihat ‘berlumpur’ atau foundation kamu terlihat seperti chalky atau cakey, coba tambahkan sedikit oil untuk bantu berikan tekstur agar kulit terlihat lebih halus. Caranya, cukup tuangkan beberapa titik face oil ke bagian belakang tangan kamu, tempelkan spons makeup kamu ke dalamnya beberapa kali, lalu tepuk ringan dan tempelkan pada bagian wajah kamu yang kering. Dengan trik ini semua produk kamu akan menyatu satu sama lain dengan kulit kamu.


    How to avoid it




    Tips #6: Powder oily skin before foundation


    Memiliki kulit berminyak? Lapisi riasan kamu dengan bedak. Inilah yang Cosmo maksud: sebagai pengganti primer, gunakan spons dalam keadaan basah untuk menerapkan translucent setting powder pada area yang mendapatkan ekstra berminyak, seperti T-zone kamu. Biarkan selama beberapa menit, lalu singkirkan kelebihannya. Lalu, lanjutkan dengan rutinitas biasa makeup kamu seperti foundation, concealer, dan sebagainya. Lalu akhiri dengan sapuan powder untuk menguncinya.


    Tips #7: Apply less product where you crease


    Salah satu gejala cakey makeup yang sangat menyebalkan adalah ketika ia meresap ke dalam garis-garis halus kamu (seperti area mata, dahi, ataupun mulut), dan menjadikannya seperti tampak penuh dengan kerutan. Kecenderungannya adalah menutupi area-area ini dengan lebih banyak makeup untuk menyembunyikannya. Alih-alih mengaplikasikan foundation ke seluruh wajah kamu, ada baiknya untuk menghidari area garis-garis halus. Kemudian gunakan produk apapun yang tersisa di spons makeup kamu di bagian akhir untuk menutupi lipatan dengan menepuknya secara ringan.


    Tips #8: Stop creasing with eyeshadow primer


    Pikirkan tentang hal ini: Eyeshadow primer akan berfungsi untuk mencegah eyeshadow dari kesan retak dan tak menyatu, jadi masuk akal jika itu akan bekerja untuk area lain dari wajah kamu juga. Untuk mengatasi kerutan garis senyum, kekenyalan pada hidung, dan garis pada dahi. Kamu bisa mengaplikasikan eyeshadow primer di atas kulit kamu yang bersih dan lembap. Lalu, sapukan sedikit translucent powder untuk meratakannya. Lanjutkan dengan menggunakan sedikit foundation pada crease-y, lalu akhiri dengan bedak dan setting spray.


    Tips #9: Pair the right formulas together


    Tidak semua orang menyukai makeup primer, namun jika kamu secara teratur berurusan dengan makeup yang creases dan mudah crack, kamu akan mendapatkan manfaat dari menggunakannya. Namun, tidak semua formula dasar cocok dengan semua primer. Seperti yang dijelaskan oleh YouTuber, Reddit, primer berbasis silikon paling cocok digunakan pada foundation yang mengandung silikon, sedangkan primer berbasis air sedikit fleksibel dan dapat bekerja dengan foundation berbasis air atau silikon. 


    Tips #10: Wait to set your under eyes


    Jika kerutan mata adalah masalah kamu, aplikasikan concealer kamu di lingkaran bawah mata kemudian gunakan spons untuk membaurkannya ke arah bulu mata kamu. Lalu, gunakan sedikit bedak dan lanjutkan membuat riasan mata. Setelah selesai mengerjakan makeup mata, gunakan jari dengan hati-hati untuk membersihkan sisa riasan yang terkumpul di lipatan bawah mata kamu.



    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com  / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati Image: Kitthanes Ratanasira Anan ©123RF.com )