Lifestyle

Cara Mengetahui Usiamu Menggunakan Sistem Umur Korea

  by: Shamira Priyanka Natanagara       22/5/2020
  • Coba bayangkan: kamu sedang menonton video wawancara seleb Korea favoritmu. Pembawa acara menanyakan usia sang seleb dan kamu menekan tombol pause karena ia mengatakan bahwa usianya satu tahun lebih tua dari yang kamu kira. Kamu sangka kamu sudah tahu semua hal tentang sang seleb kesayangan, so mengapa kamu salah tentang umurnya?

    Alasannya adalah karena Korea memiliki sistem perhitungan umur yang agak berbeda dari kebanyakan negara. Dalam budaya barat, dan juga di negara kita, bayi yang baru lahir memiliki usia 0 tahun. Sedangkan dalam sistem usia Korea, seorang bayi dianggap berusia 1 tahun pada hari ia lahir—dan umurnya bertambah satu tahun begitu melewati malam tahun baru.

    Nah, mengapa Korea memiliki sistem tersebut? Ada beberapa kekeliruan dan teori di balik sistem perhitungan usia Korea: beberapa orang mengatakan bahwa mereka menghitung waktu ketika kita berada di dalam rahim ibu (sembilan bulan dibulatkan menjadi 12 bulan sehingga menjadi satu tahun), tapi ada pula yang menganggap perhitungan ini berasal dari sistem numerik Asia kuno yang tidak mengenal konsep nol.



    Dan untuk satu tahun yang ditambahkan setelah melewati malam tahun baru setiap tahunnya, orang Korea telah menggunakan karakter Cina (Hangul diciptakan oleh Raja Sejong, raja keempat dari dinasti Joseon yang bertahan dari 1392 hingga 1910) dan telah mengadaptasi banyak budaya budaya Cina ke dalam budaya mereka sendiri. Ini berarti pada zaman tersebut, orang Korea menggunakan kalender Cina yang memiliki siklus 60 tahun. Namun karena pada saat itu tidak ada kalender yang bisa diikuti secara reguler, warga Korea mengabaikan hari lahir mereka dan menambahkan satu tahun pada hari pertama kalender lunar. 

    Contohnya, ulang tahun Lee Min Ho jatuh pada tanggal 22 Juni, 1987. Ini berarti ia akan berusia 33 tahun pada tahun 2020 ini. Namun di Korea, ia akan berulang tahun yang ke-34! Cukup simpel untuk dimengerti, kan?

    Simak video penjelasan sistem perhitungan usia Korea oleh BuzzFeed berikut ini:





    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Phillipines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: marijana1 on Pixabay)