Beauty

Khasiat Aloe Vera untuk Hilangkan Bekas Jerawat, Wajib Coba!

  by: Yovita Pratiwi       22/5/2020
  • Siapapun yang pernah berurusan dengan jerawat pasti tahu betapa tidak nyaman saat breakout terjadi. Meskipun jerawat datang dan pergi kapan saja, namun terkadang dapat meninggalkan bekas yang baru pudar setelah beberapa bulan. Treatment perawatan kulit seperti microneedling, dermal filler, atau laser sangat membantu dalam proses menghilangkan bekas jerawat. Namun, tentu kamu harus mengeluarkan biaya yang besar. Cosmo punya tipsnya jika kamu sedang berusaha menghilangkan bekas jerawat on budget, yaitu dengan menggunakan lidah buaya alias aloe vera. Penasaran? Yuk, simak!





    Apa Itu Aloe Vera?


    Aloe vera ialah bahan alami yang ditemukan pada tumbuhan lidah buaya dan dikemas dalam bentuk bubuk, cairan, atau gel. Aloe vera terdiri dari 99.5 persen air, serta mengandung polysaccharides, amino acids, vitamin, lemak, dan enzim. Kandungan air yang tinggi dapat membantu mengembalikan kadar air ke kulit, namun penggunaan yang berlebihan malah dapat menyebabkan kulit jadi kering karena sifat pengelupasan alami yang terkandung dalam tanaman lidah buaya.


    Khasiat Aloe Vera untuk Bekas Jerawat


    1. Memperbaiki kulit


    Aloe vera adalah pilihan alami yang baik untuk mengurangi cedera pada kulit. Seperti bekas luka lainnya pada area tubuh yang lain, bekas jerawat dapat muncul ketika terjadi kerusakan pada kulit. Meskipun kamu tidak memencet jerawat, kamu tetap dapat menemukan sisa luka akibat penyumbatan pori yang mengakibatkan jerawat. Aloe vera memiliki komponen anti-inflamasi dan antioksidan yang alami dan mampu membantu memudarkan bekas luka akibat kerusakan kulit.


    2. Menyembuhkan Luka dan Inflamasi


    Studi membuktikan, aloe vera dapat membantu menyembuhkan luka dan mengurangi inflamasi pada kulit. Aloe vera mengandung senyawa magnesium lactate, yang menurunkan kadar histamine dan mengurangi iritasi serta gatal.


    3. Menenangkan Kulit


    Aloe vera mampu menenangkan kulit yang sedang iritasi, bereaksi, dan gatal.




    4. Mencegah Transepidermal Water Loss


    Saat kulit dehidrasi, inflamasi dan kekeringan tak dapat dihindari. Kandungan phytosterols menenangkan rasa gatal dan mencegah kulit dari kehilangan semakin banyak air, yang penting saat kamu tengah mengalami sunburn.


    5. Menghidrasi dan Memberi Efek Dingin pada Kulit


    Aloe vera dapat membantu membangun perlindungan pada kulit sembari menghidrasi dan memberikan efek dingin karena terdiri dari 99.5 persen air, 


     6. Melembapkan


    Tak hanya menyembuhkan kulit, aloe vera juga bantu melembapkan. Kandungan alaminya cocok bagi penderita eczema atau psoriasis.


    Jadi penasaran ingin mencoba produk-produk berbasis aloe vera? Simak rekomendasi Cosmo di sini!



    (Yovita Pratiwi. Image: Dok. Pisauikan on Unsplash.)