Beauty

Ini Cara Gunakan Highlighter Berdasarkan Tingkatan Cahaya

  by: Astriana Gemiati       25/5/2020
    • Ya, menggunakan highlighter di wajah memang bisa bantu buat kulit wajah kamu tampak lebih bercahaya alami.
    • Selain itu, menggunakan highlighter bisa diatur sesuai tingkatan cahaya yang kamu inginkan.


    Jadi, kamu ingin mencoba menggunakan highlighter? Cosmo setuju! Namun, apakah kamu sudah menentukan intensitas highlighter sesuai mood kamu saat ini? Suatu hari mungkin kamu ingin lebih menonjolkan highlighter kamu, namun ada kalanya kamu hanya ingin tampil berkilau alami saja. Bingung, ya?




    Ok, keep scrolling untuk mempelajari lebih banyak banyak cara menerapkan highlighter berdasarkan cahaya yang kamu inginkan. Berikut 5 langkah super mudah yang bisa kamu ikuti!


    Step #1: Prep your skin

    Inti dalam highlighting adalah membuat kulit kamu terlihat tampak sehat dan bercahaya. Langkah paling penting dalam mencapai kulit sehat dan terhidrasi yaitu persiapan kulit yang tepat. Namun jangan khawatir, itu bukan berarti kamu harus melewati 10 langkah secara keseluruhan. Sederhananya: Cuci wajah kamu, lalu usapkan exfoliating acid toner (note: asalkan kulit kamu tidak super sensitif), dan lanjutkan dengan mengaplikasikan lightweight moisturizer sebagai dasar sebelum mulai merias. Jika kamu menyukai menggunakan makeup primer, maka kamu bisa menggunakannya secara tipis-tipis. Setelah itu, kamu bisa memutuskan untuk tidak perlu melakukan langkah ke dua hingga lima. Namun untuk berjaga-jaga, mari lanjut ke langkah selanjutnya…


    Step #2: Apply your foundation

    Sebenarnya kamu tidak perlu menggunakan foundation untuk memakai highlighter, namun jika kamu suka dengan kesan coverage, kamu bisa menerapkannya. Untuk membuatnya super kilau pada wajah, kamu bisa mencampurnya dengan beberapa beberapa tetes face oil atau liquid illuminator ke dalam foundation sebelum kamu mengaplikasikannya ke kulit. Ini akan membuat kulit semakin terlihat lebih dewy.


    Step #3: Choose your highlighter formula

    Sekarang setelah dasar kulit sudah diatur, kamu siap untuk bagian yang menyenangkan, yup, memilih highlighter kamu sendiri! Menemukan rona yang tepat dan tingkat kilau memang bisa sedikit sulit. Jadi penting untuk mengetahui, highlighter bertekstur krim akan bekerja dengan baik pada kulit kering dan dapat diterapkan sebelum atau sesudah menggunakan foundation. Sedangkan formula bubuk, lebih cocok untuk tipe kulit berminyak dan diterapkan sebagai langkah terakhir setelah aktivitas merias kamu selesai. Untuk highlighter berjenis cair memiliki kecenderungan untuk memecah foundation di bawahnya selama aplikasi. Baiknya, gunakan sebelum mengaplikasikan foundation atau cukup campurkan dengan riasan wajah kamu untuk mendapatkan kilau yang alami.




    Step #4: Pick the right highlighter aplicator

    Memilih aplikator yang tepat tergantung pada tiga hal: formula highlighter, tingkat cahaya yang kamu inginkan, dan di titik mana kamu akan menerapkannya di wajah. Tekstur krim adalah paling baik diaplikasikan dengan jari-jari (kehangatan tangan kamu akan bantu melelehkan produk ke dalam kulit), sementara jenis bubuk dapat diaplikasikan dengan baik dengan menggunakan kuas atau spons. Untuk cakupan yang paling ringan, kamu bisa menggunakan bulu tipis dan lebar seperti fan brush. Untuk hasil kilau lebih banyak, gunakan sikat yang lebih tebal seperti sikat yang meruncing atau stippling brush. Dan, untuk hasil pigmen terbanyak, gunakan spons yang sudah dibasahi. Saat akan menerapkan produk di area yang lebih kecil (seperti bibir, hidung, atau mata) gunakan alat kecil yang ringkas, seperti sikat pensil untuk penempatan yang paling tepat.




    Step #5: Apply it to high points

    Menerapkan ke area tertinggi highlighting pada dasarnya adalah kebalikan dari contouring. Tujuannya, untuk membawa titik tinggi dari wajah kamu yaitu bagian atas tulang pipi, tulang alis, bagian atas busur cupid, dan area batang hidung untuk membuatnya lebih menonjol.


    Cosmo tips: Hindari T-zone (dahi, bagian tengah pipi, dan dagu kamu) karena area yang paling mudah berminyak dan rentan terhadap kilau berlebih. 


    Untuk area yang lebih luas, seperti tulang pipi, gunakan sikat untuk mengaplikasikan highlighter dengan gerakan maju mundur di kulit. Jika kamu lebih suka menggunakan spons, kamu bisa membasahinya dengan setting spray dan menggunakannya pada highlighter. Untuk area yang lebih kecil seperti sudut dalam mata, bibir, dan hidung, gunakan sikat runcing kecil untuk memudahkan mengaplikasikan highlighter, setelah itu ratakan dengan jari.




    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com/ Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati Image: Roman Iegoshyn©123RF.com / YouTube, Dok. Instagram )