Beauty

Perhatikan Ini Sebelum Membeli Foundation Di Online Shop

  by: Astriana Gemiati       25/5/2020
    • Cari tahu apa yang harus kamu perhatian sebelum membeli foundation di online shop.
    • Mengetahui jenis dan warna kulit kamu dengan tepat akan memudahkan kamu membeli foundation yang sesuai.


    Ada banyak faktor yang perlu kamu pertimbangkan saat membeli foundation khususnya di online shop. Bagaimanapun, selain harganya tidak murah, kamu juga harus menemukan botol yang tepat dengan rona dan jenis kulit kamu. Ketika kamu membeli satu formula yang salah, jelas tentu saja akan memengaruhi pada riasan kamu. Seperti tekstur, kilau, atau warna akan terlihat berbeda pada wajah kamu dibandingkan bagian tubuh lainnya. Apalagi foundation menyediakan berbagai jenis seperti powder, mineral, cream, stick, dan liquid. 




    Risiko membeli foundation di situs website memang bisa terasa rumit. Warna foundation mungkin akan tampak berbeda di layar smart phone atau komputer kamu dibandingkan yang dijual di toko. Namun, beberapa situs resmi kini sudah memiliki panduan dasar yang dapat kamu andalkan. So, jika kamu berkeinginan ingin membeli foundation, coba perhatikan hal ini, ya!


    #1. Searching...

    Berbekal review para beauty blogger di media sosial, sebenarnya bisa menjadi awal untuk kamu apakah produk tersebut benar-benar patut dicoba. Karena biasanya para beauty blogger akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan produk yang mereka coba, beserta detail kemasan dan harga.


    #2. Mengetahui jenis kulit kamu.

    Yup, mengetahui jenis kulit kamu adalah sangat penting. Dari sini, kamu akan tahu formula mana yang sesuai dengan masalah kulit kamu. 


    - Kulit berminyak: Formula bubuk yang ringan akan bantu mengontrol kilau. Jika kamu ingin mencoba foundation cair, pilihlah yang bertulisan “oil-free” atau “non-comedogenic” pada label sehingga kamu dapat yakin bahwa itu tidak akan membuat wajah kamu terkesan terlihat ‘licin’ dan memicu munculnya jerawat.


    - Kulit kering: Kulit kamu akan tampak bercahaya dengan menggunakan foundation bertekstur cream atau liquid. Sedangkan jenis formula bubuk hanya akan menekankan keriputan dan kerutan pada kulit.


    - Kulit normal: Kamu dapat menggunakan semua jenis. Lucky you!


    - Kulit sensitif: Cari yang berlabel “hypoallergenic” pada label. Dasar-dasar ini bebas dari formula yang dapat mengiritasi kulit kamu.


    #3. Mengetahui warna kulit kamu.

    Selain mengetahui kecocokan dan menyadari apakah rona kulit kamu termasuk tipe cool atau warm, kamu juga harus mengetahui cara menentukan foundation dari warna kulit kamu.


    #4. Bagaimana gaya hidup kamu?

    via GIPHY



    Apakah kamu memiliki waktu luang untuk melakukan rutinitas full makeup setiap hari? Lalu, apakah kamu suka menggunakan spons, brush, atau hanya jari-jari? Atau, kamu baru belajar cara merias wajah? Ini adalah pertanyaan lanjutan yang perlu kamu jawab untuk menentukan seperti apa beauty lifestyle yang kamu miliki.


    Jika kamu termasuk yang low maintance, powder foundation adalah pilihan terbaik. Ini sangat mudah dan praktis, serta juga menawarkan hasil full coverage.


    Di sisi lain, jika kamu memiliki level makeup advanced, coba foundation berformula liquid dan cream. Dan kamu membutuhkan kuas atau spons untuk mengaplikasikannya agar terlihat sempurna.


    #5. Berapa budget kamu?

    Faktor harga juga sangat menentukan kualitas dari produk itu sendiri. Jadi, kamu bisa memperkirakan berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk sebotol foundation dengan harga yang terjangkau.


    #6. Coba dahulu.

    Mengetahui produk foundation incaran kamu tersedia di toko, tak ada salah jika kamu bisa mencobanya dahulu jika kamu belum bisa membelinya saat itu juga. Selain bisa menemukan warna foundation yang tepat, kamu juga dapat mengamati bagaimana itu akan bereaksi pada kulit. Plus, konsultasi gratis bersama beauty expert sekaligus memberikan kamu waktu untuk menabung. Ketika sudah memiliki keyakinan yang perlu kamu lakukan hanyalah melakukan klik dan check out di keranjang situs online kecantikan favorit kamu


    Last but not least…


    #7. Lalu bagaimana jika foundation incaran kamu tidak tersedia di negara kamu tinggal?

    Well, girls, berbasis media sosial, review para beauty blogger, apalagi kamu juga membekali data mengenai rona kulit kamu, Cosmo yakin kamu sudah sepenuhnya tahu warna foundation yang tepat untuk dibeli sesuai dengan tipe kulit kamu.


    Baca juga: 7 tips memakai foundation yang perlu kamu tahu



    ( Astriana Gemiati, Image: choreograph ©123RF.com / Giphy.com )