Lifestyle

Kegiatan Seru yang Bisa Dicoba untuk Rayakan Lebaran Virtual

  by: Shamira Priyanka Natanagara       23/5/2020
  • Cosmo yakin bahwa kita semua merasa pandemi virus corona ini telah merugikan banyak pihak, dan seakan-akan dampaknya belum cukup banyak, pandemi ini pun membuat warga Indonesia dilarang untuk mudik alias pulang kampung untuk merayakan Lebaran bersama keluarga dan teman di kampung halaman. Yes, it sucks.

    Mungkin akan terasa berbeda dari perayaan Lebaran biasanya, tapi Cosmo punya beberapa ide seru untuk merayakan Lebaran secara virtual yang bisa kamu lakukan bersama anggota keluarga atau teman. Coba lakukan kegiatan berikut ini, setidaknya agar Hari Raya-mu tidak begitu membosankan.




    A costume contest

    Mungkin kamu tidak memiliki baju Lebaran baru tahun ini, tapi kamu bisa mengadakan lomba kostum bersama keluarga atau teman. No, ini bukan berarti kalian diminta untuk menjahit pakaian sendiri, tapi lomba kostum ini mengajak kalian untuk memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah dan menyulapnya menjadi pakaian dan aksesori yang menarik! Konsepnya agak mirip dengan quarantine pillow challenge dan MET Gala challenge. Kalian bisa mengadakan beberapa ronde dan menentukan tema kostum sendiri. Kedengarannya seru, kan?


    Or an online cooking contest!

    Yup, kamu juga bisa mengadakan kompetisi memasak secara virtual bersama keluarga atau teman. Agar bisa melihat proses memasak satu sama lain, nyalakan video call melalui ponsel atau laptop dan letakkan di dekat area memasak (selalu ingat untuk berhati-hati, ya!). Meskipun tidak bisa mencicipi hidangan sesama, kalian bisa beradu cepat memasak, atau bersaing dalam membuat masakan yang secara visual tampak lebih menggoda!


    Virtual Eid photoshoot

    Jika biasanya keluargamu mengadakan sesi foto keluarga spesial Hari Raya setiap tahunnya, tahun ini kalian bisa mengadakan virtual photoshoot. Dan meski tahun ini kamu tidak memiliki baju Lebaran baru, mengenakan pakaian rapi yang kamu miliki atau baju Lebaran dari tahun lalu pun tidak masalah. Photoshoot ini bisa menjadi kenang-kenangan untuk mengingat momen ketika kalian terpaksa harus merayakan Lebaran di rumah masing-masing akibat pandemi virus corona. Now, get ready to pose! 




    Online karaoke session

    Karaoke is always a good idea. Kamu bisa melakukannya beramai-ramai bersama teman dan keluarga melalui aplikasi Zoom. Gunakan fitur Share Screen untuk menampilkan lirik lagu pada layar agar semua orang bisa ikut bernyanyi. Kamu juga membuat kegiatan ini lebih asyik dengan memakai props dan berdandan agar lebih semangat saat bernyanyi. 


    Watch an online concert

    Sambil video call, kamu bisa menyaksikan konser virtual bersama keluarga atau teman. Ada beberapa konser virtual yang bisa kamu tonton, seperti Konser Ramadhan Hedi Yunus yang diselenggarakan pada tanggal 23 Mei ini, konser K-Pop TikTok Stage Live from Seoul pada tanggal 25 Mei yang bisa disaksikan secara gratis lewat aplikasi TikTok, dan festival online SilaturaHOME pada 26 hingga 27 Mei. Kira-kira, konser virtual mana yang akan menjadi pilihanmu, girls? 


    Send an eCard

    Kalau kegiatan di atas kurang memungkinkan untuk dilakukan (mungkin koneksi internetmu kurang baik, atau anggota keluargamu terbilang gaptek), setidaknya kamu bisa mengirim eCard alias kartu ucapan virtual untuk orang-orang tersayang. Kamu bisa membuatnya menggunakan situs desain grafis seperti Canva, Smilebox, dan Open Me. Ya, kegiatan ini memang tidak semeriah kegiatan-kegiatan yang Cosmo rekomendasikan sebelumnya, tapi kamu bisa meluangkan waktu untuk mengeluarkan sisi kreatifmu, dan Cosmo rasa itu adalah hal yang seru!


    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Andrea Piacquadio from Pexels)