Lifestyle

10 Lagu Kolaborasi Terbaik Ariana Grande. Ada Favoritmu?

  by: Alexander Kusumapradja       24/5/2020
    • Lagu kolaborasi terbaru Lady Gaga dan Ariana Grande, “Rain on Me” sukses menjadi Trending Topic di media sosial.
    • Dalam perjalanan diskografinya, Ariana Grande kerap berkolaborasi dengan bintang besar lainnya baik dari genre pop maupun dance, hip-hop, dan RnB.


    Kecuali kamu lagi libur membuka media sosial, kamu pasti sudah mendengar soal lagu kolaborasi terbaru Lady Gaga dan Ariana Grande berjudul “Rain On Me” yang video musiknya dirilis tadi malam dan langsung membuat kehebohan di jagat media sosial. Lagu yang termasuk dalam album terbaru Lady Gaga tersebut jelas bukan satu-satunya lagu di mana Ariana Grande berkolaborasi dengan musisi terkenal lainnya.



    Diskografi Ariana Grande dihiasi oleh banyak kolaborasi gemilang dengan nama-nama besar di dunia musik saat ini dan uniknya, vokal Ariana yang khas (ia punya range vokal empat oktaf soprano dan teknik vokal whistle yang kerap membuatnya dibandingkan dengan Mariah Carey) dengan mudah bisa berpadu manis dengan kolaborator siapa pun dari beragam genre, entah itu dari pop, R&B, atau hip-hop. Vokal Ariana yang silky dan ringan selalu bisa memperkuat lagu kolaborasi yang melibatkan perannya sehingga tak heran banyak lagu kolaborasinya yang sukses menjadi hit di tangga lagu.

    Berikut ini adalah daftar 10 lagu kolaborasi Ariana Grande terbaik versi Cosmo, kira-kira kamu bakal setuju atau punya lagu favorit sendiri nih? Baca bareng-bareng dulu ya!


    10. “Good as Hell” (Remix)

    Kolaborator: Lizzo

    Dalam versi remix dari lagu yang mempopulerkan nama Lizzo ke pendengar luas ini, vokal ringan dan high note dari Ariana berhasil menambah suasana feeling good yang dibangun oleh lagu ini. Tak heran, versi remix ini juga menjadi lagu pertama Lizzo yang berhasil masuk ke 10 besar di banyak tangga lagu dunia, termasuk di Inggris, Selandia Baru, dan Australia.


    9. “All My Love”

    Kolaborator: Major Lazer

    Lagu milik Major Lazer yang menampilkan vokal Ariana ini merupakan salah satu lagu di album soundtrack film The Hunger Games: Mockingjay, Part 1 yang dirilis tahun 2014 lalu. Lagu yang turut ditulis oleh Lorde ini merupakan lagu electropop dengan elemen dancehall yang kental dan mendapat review positif dari para pengamat musik karena kualitas produksinya yang memang keren. Oh ya, lagu ini juga punya versi remix yang menghadirkan vokal Machel Montano yang juga sama serunya untuk didengar.


    8. “Dance To This”

    Kolaborator: Troye Sivan

    Di album studio keduanya yang berjudul Bloom, penyanyi tampan asal Australia Troye Sivan mengajak Ariana berduet di lagu bergenre dance pop ini yang memang dari judulnya saja sudah mengajak kita untuk joget bareng. Dua bintang pop yang berusia sepantaran ini bisa memadukan vokal mereka dengan mulus dalam balutan melodi yang dibangun oleh bunyi synth yang smooth.


    7. “Stuck With U”

    Kolaborator: Justin Bieber

    Di masa karantina pandemi corona, dua bintang pop muda terbesar dekade ini Ariana Grande dan Justin Bieber yang memang bernaung di manajer yang sama akhirnya berkolaborasi untuk pertama kalinya di lagu ode menjalani karantina bersama orang tercinta ini yang hasil penjualannya didonasikan untuk amal. Baru dirilis minggu lalu, lagu ini sukses melesat ke peringkat pertama Billboard Hot 100 yang sekaligus menjadi lagu ketiga Ariana yang mencapai peringkat tersebut.


    6. “Break Free”

    Kolaborator: Zedd



    Menyeberang ke genre dance memang bukan hal baru bagi Ariana, namun vokal powerful Ariana yang dikawinkan dengan beat drop eksplosif dari Zedd di lagu ini membuktikan bila vokal Ariana bisa masuk ke berbagai macam genre. Sering jadi anthem di berbagai perhelatan party paling hits, lagu ini memang mood booster banget!


    5. “Problem”

    Kolaborator: Iggy Azalea

    Salah satu lagu ikonik dari album kedua Ariana, My Everything yang rilis tahun 2014 ini termasuk lagu yang secara komersial melejitkan nama Ariana Grande ke berbagai tangga lagu, termasuk menempati peringkat dua di Billboard Hot 100. Selain aransemen yang didominasi bunyi terompet retro yang dipadu dengan produksi modern, kesuksesan lagu ini juga dibantu oleh bagian rap yang diisi oleh Iggy Azalea.


    4. “Bang Bang”

    Kolaborator: Nicki Minaj, Jessie J

    Ketika dirilis tahun 2014 lalu, lagu ini langsung sukses besar di berbagai chart musik, meraih berbagai platinum, memenangkan penghargaan musik dan sempat menjadi nominasi Grammy Awards untuk kategori Best Duo/Group Performance. Ya bagaimana tidak? Tiga wanita badass bersatu untuk bikin girl power anthem yang merupakan gabungan sempurna antara pop dan rap di mana Ariana, Nicki, Jessie menunjukkan pesona dan potensi masing-masing. This song is banger, bahkan sampai hari ini dan selamanya.


    3. “Side to Side”

    Kolaborator: Nicki Minaj

    Melanjutkan kolaborasi mereka yang sukses di “Bang Bang”, Ariana kembali mengajak Nicki untuk berkolaborasi di lagu yang masuk ke dalam album Dangerous Woman (2016) ini. Dengan lirik provokatif dan beat yang seksi, lagu ini menjadi salah satu lagu teresensial dalam diskografi Ariana dan mengantarnya menjadi salah satu princess of pop seperti yang dinyanyikan Nicki di bagian rap lagu ini: “I’m the queen of rap, young Ariana run pop.”


    2. “Love Me Harder”

    Kolaborator: The Weeknd

    Masih dari album My Everything, Ariana menunjukkan sisi sensualnya lewat kolaborasi panas bersama The Weeknd di lagu bergenre synth-pop/R&B ini. Kolaborasi kedua penyanyi solo ini bisa saling melengkapi kekuatan vokal satu sama lain dan membuat lagu ini tidak pernah membosankan untuk didengar. Setuju?


    1. “Rain on Me”

    Kolaborator: Lady Gaga

    Album keenam Lady Gaga, Chromatica, adalah salah satu album paling ditunggu tahun ini namun pandemi COVID-19 membuat jadwal rilis album ini yang tadinya tanggal 10 April terpaksa diundur ke tanggal 29 Mei. Setelah merilis single pertama “Stupid Love” tanggal 28 Februari lalu, Lady Gaga pun merilis single kedua dari album itu dengan judul “Rain on Me” tanggal 22 Mei kemarin yang merupakan lagu kolaborasinya bersama Ariana. DI lagu ini Gaga seolah kembali ke akar elektroniknya dan disco beat yang menjadi latar eklektik untuk lirik penuh motivasi yang mengajarkan kita untuk tak pernah menyerah dan bangkit dari trauma masa lalu. Peran Ariana sebagai kolaborator di lagu ini juga tak sekadar pemanis atau asal tempel namun keduanya bisa bersinergi dengan apik tanpa kehilangan warna masing-masing. Video musiknya yang disutradarai Robert Rodriguez pun penuh adegan ikonik, koreografi, kostum post-apocalyptic, style swap (Ariana tanpa pony tail khasnya!), dan pesan yang penting banget untuk kita ingat di masa pandemi ini.


    (Alex. K/Foto: courtesy YouTube)