Celebrity

40 Aturan Unik yang Harus Diikuti Seluruh Kardashian

  by: Alvin Yoga       24/5/2020
    • Keluarga Kardashian ternyata memiliki sejumlah aturan ketat dan unik yang harus diikuti oleh seluruh anggota keluarga.
    • Aturan ketat bagi keluarga Kardashian ini terutama berlaku ketika proses syuting Keeping Up with the Kardashians, dan wajib diikuti bagi setiap selebriti yang ingin tampil dalam acara tersebut.


    Sama seperti keluarga kerajaan Inggris yang memiliki segudang aturan tidak tertulis, keluarga Kardashian juga ternyata memiliki sederet aturan yang harus diikuti oleh seluruh anggota keluarga. Meski terdengar cukup unik, aturan tersebut ternyata cukup ketat, dan bahkan harus diikuti oleh seluruh selebriti yang ingin datang ke dalam rumah mereka. Tak hanya itu, aturan ketat bagi keluarga Kardashian ini ternyata berlaku TERUTAMA ketika proses syuting serial Keeping Up with the Kardashians. Ingin tahu apa saja aturannya? Simak!




    1. Semua orang harus setuju bahwa Kim mendapatkan bayaran paling besar

    Well, sebenarnya, Kim dan Khloe. Kini setelah Kourtney memutuskan untuk mundur dari Keeping Up with the Kardashians, Kimmy dan KoKo kemungkinan besar akan mengantongi sekitar 50 sampai 60 persen kontrak keluarga tersebut, dan sisanya akan dibagi sama rata dengan Kylie dan Kendall. Cukup adil, karena Kylie dan Kendall tampil lebih jarang dalam acara tersebut.


    2. Berapa besaran uang yang didapat oleh Kim dan Khloe?

    Jika mereka membagi rata 50 persen pendapatan dari US$150 juta, maka masing-masing akan mendapatkan sekitar US$37,5 juta atau sekitar 555 miliar rupiah. My jaw. Is on. The floor.


    3. Semua orang harus menandatangani NDA

    ...atau nondisclosure agreement, yaitu sebuah kontrak berisi confidential agreement di mana siapapun yang menandatangani kontrak tersebut berjanji untuk tidak menyebarkan informasi spesifik mengenai apa yang sebenarnya terjadi di rumah tersebut tanpa sepengetahuan para Kardashian dan persetujuan Kardashian. Kim sempat mengonfirmasi hal tersebut di Twitter dengan mengatakan, "Btw NDAs untuk semuanya!!!!! #KUWTK" ketika sedang memberi cuitan-langsung di tengah acara.


    4. Kita akhirnya sempat mengintip sedikit isi NDA tersebut berkat Blac Chyna

    Di tengah drama antara Blac Chyna dan Rob Kardashian, ABC News sempat dikirimkan sebuah foto mengenai perjanjian NDA yang ditanda tangani oleh Blac pada tahun 2016 silam, di mana Blac setuju untuk tidak memberitahukan apapun mengenai siapapun dalam keluarga Kardashian. Jadi, yeah, keluarga Kardashian benar-benar menghargai privasi mereka secara serius.


    5. Kris Jenner menyediakan setumpuk NDA di samping pintu depan rumahnya

    Tahukah kamu bahwa siapapun yang ingin masuk ke dalam rumah mereka diwajibkan untuk menandatangani kontrak tersebut terlebih dahulu. No big deal.


    6. KUWTK tak bisa memakai fotomu kalau kamu tak menandatangani surat waiver

    Cosmo menemukan hal ini ketika acara tersebut mengaburkan foto-foto mantan kekasih Khloe, Tristan Thompson. Ketika para penggemar bertanya pada Khloe di Twitter mengenai apa yang terjadi, ia menjawab, "Kami sebenarnya tidak melakukan apapun. Ia [Tristan] mungkin tidak menandatangani surat waiver yang membolehkan foto-foto tersebut kami tampilkan. Mengapa pula saya ingin mengaburkan wajahnya? Saya tak sedang berusaha untuk menutupi identitasnya LOL."


    7. Para produser acara KUWTK harus menggunakan pelindung sepatu ketika berada di dalam rumah Kris

    Fakta unik dan mengejutkan ini sempat ditulis dalam sebuah artikel mengenai Kris di New York Times, yang menjelaskan "seorang asisten produksi yang menggunakan pelindung sepatu yang biasa digunakan untuk proses operasi di rumah sakit memberikan sebuah microphone" dan "orang-orang harus menggunakan pelindung khusus pada celana hingga sepatu ketika Kris mengundang mereka ke dapur untuk menikmati kue dan kopi."


    8. Kris menata rambut dan makeup-nya setiap hari

    Sebuah tim profesional bekerja khusus untuk Kris setiap harinya di tengah proses syuting KUWTK, dan untungnya, asisten Kris berkata bahwa proses tersebut "hanya" memakan waktu satu jam.


    9. Kim meminta pencahayaan yang sempurna di setiap proses syuting

    Seorang sumber memberitahu majalah OK! bahwa "ketika mengambil gambar Kris, mereka harus menggunakan cahaya yang terang untuk menampilkan wajahnya. Ini adalah aturan yang tak boleh dilanggar." Legendary.


    10. Kim melakukan perawatan glamor selama dua jam setiap hari

    Ia membeberkan informasi tersebut pada majalah Paper, dengan berkata, "Tak ada hal yang tidak didokumentasikan, jadi tak ada alasan untuk tidak tampil sempurna"


    11. Kris memberikan Kylie dan Kendall manicure rutin setiap minggu

    Kylie memberikan informasi ini ketika sedang diwawancara oleh Elle, dengan berkata, "Saya melakukan manicure secara rutin seminggu sekali, yang memang terdengar tidak biasa." Sementara itu, Kendall menambahkan, "[Kris] akan memanggil seorang nail artist ke rumah satu kali seminggu dan meminta mereka merapikan kuku kami. Ia berkata, 'Kamu harus terlihat seakan-akan kamu pandai mengurus dirimu dengan baik.' Jadi kami selalu merapikan kuku setiap minggunya."


    12. Para asisten rumah tangga dan pengurus anak-anak mereka tak boleh terlihat dalam acara tersebut

    Tidak yakin mengapa mereka melakukan hal tersebut (kami duga mungkin berhubungan dengan privasi), namun hal ini dianggap serius.


    13. Mereka harus melakukan syuting sepanjang 10 sampai 12 jam setiap hari

    Kamera-kamera tersebut akan terus merekam tingkah laku mereka untuk KUWTK, dan New York Times pernah melaporkan bahwa Kris bahkan sempat memiliki kamera yang terpasang di dinding dan langit-langit rumahnya pada tahun 2015.


    14. Pergi ke luar rumah akan terasa seperti membuat film box office

    Para Kardashians biasanya akan melakukan syuting di rumah mereka, namun terkadang, mereka akan keluar dari rumah tersebut untuk mengambil konten dan prosesnya benar-benar memakan waktu. Nyatanya, New York Times pernah mengajak Kris ke Costco dan rencana tersebut harus dibatalkan karena "Kardashian harus memiliki relasi dan hubungan yang baik dengan sang pemilik bisnis di mana mereka syuting." Uh...okay then.


    15. Kardashians harus membayar sendiri biaya liburan mereka

    Cosmo menyadari hal ini ketika Kourtney sempat mengeluh dengan kata-kata "pedas" ke arah kamera ketika ia menerima tagihan dari liburan keluarganya ke Costa Rica. Dengan jelas ia mengatakan, "Kenapa aku dikirimkan tagihan dengan jumlah yang besar ini? Kenapa tim produksi tidak ikut melakukan sesuatu jika pada akhirnya kita melakukan hal tersebut untuk acara ini?"


    16. Apa yang Kim katakan biasanya akan menjadi "masukan" yang baik

    Kebanyakan ~drama~ yang terjadi pada serial tersebut bermula dari Kim, termasuk ketika ia memberitahu para kru dan tim produksi mengenai apa yang terjadi pada salah satu anggota keluarga mereka. "Saya rasa kalau Anda bertanya pada para kru, mereka mungkin akan mengatakan bahwa saya yang paling banyak memproduseri serial ini karena saya tahu apa yang tidak ingin saudari-saudari saya bagikan untuk acara tersebut," ujar Kim pada Hollywood Reporter. "Jadi saya akan berkata pada mereka, 'Pergilah ke rumah Kourtney sekarang. Sesuatu sedang terjadi di rumah mereka.'"


    17. Kris Jenner bisa membayar siapapun yang ingin ia tampilkan pada serial tersebut

    Ingatkah kamu ketika Khloe berkencan dengan French Montana? Kamu mungkin tidak percaya, namun ya, French Montana ternyata mendapat bayaran dari KUWTK, dan sepertinya, biayanya tidak murah.

    "Langkah yang dilakukan oleh para Kardashian demi kelangsungan acara tersebut memang tidak biasa. KUWTK tersebut merupakan satu-satunya acara di mana seorang produser berkata, 'Ini daftar para pemainnya dan inilah jumlah uang yang harus dibayarkan pada mereka,'" ujar seorang sumber pada NY Daily News tahun 2014 silam. "Biasanya, untuk menambahkan seorang pemain pada sebuah acara, kamu harus memecat seorang pemain agar bujetnya tetap seimbang. Namun dalam kasus ini, kamu tak bisa memecat seorang Kardashian, dan Kris cukup menawarkan French Montana selembar cek agar ia mau tampil dalam acara tersebut. Ia [French Montana] jelas saja mahal, dan beberapa orang di E! menganggap bahwa ia tak sepadan dengan jumlah uang yang harus dikeluarkan. Saya pernah mendengar para eksekutif mengatakan sesuatu mengenai hal tersebut, 'Kami terpaksa harus membayar mahal demi dirinya!'"


    18. Omong-omong, para kru dibayar dengan imbalan yang SANGAT besar

    Seorang kru produksi memberitahu majalah OK! bahwa meskipun pekerjaan yang harus mereka lakukan demi acara tersebut sangat melelahkan, namun bahkan para anak magang akan dibayar dengan imbalan yang sangat besar karena "E! tahu seberapa berat pekerjaan tersebut dan berapa banyak yang harus direlakan oleh para kru demi pekerjaan tersebut."


    19. Kamu harus mendapatkan kepercayaan mereka sebelum bisa bekerja untuk acara tersebut

    "Sayangnya, ada banyak orang di luar sana yang memiliki tujuan tidak baik. Dan, you know, saya tak bisa mengatasi hal tersebut sepenuhnya," ujar Kris pada sebuah wawancara dengan Huffington Post tahun 2018 lalu. "Namun saya akan tetap berusaha sebaik mungkin, dan kami akan mengumpulkan orang-orang yang bisa membantu kami serta bisa kami percayai sepenuhya untuk masuk ke dalam tim."


    20. Mereka tak benar-benar menunjukkan sisi luar rumah mereka

    Keeping Up with the Kardashians secara konsisten menunjukkan bagian depan atau bagian luar rumah mereka yang besar, namun ternyata seluruh bagian tersebut adalah palsu. Kim menjelaskan bahwa hal ini mereka lakukan demi "alasan keselamatan" dengan mengatakan, "Sungguh tidak aman ketika bagian luar rumahmu diketahui banyak orang. The Hollywood Star Tours bahkan sempat berhenti di depan rumah kami untuk melihat-lihat, karena mereka menyadari rumah kami dari acara tersebut. Jadi sekarang kami menggunakan bagian depan dari berbagai rumah yang berbeda untuk tujuan keselamatan dan privasi."




    21. Namun bagian dalam rumah mereka memang benar-benar seperti itu

    Rumah mansion mereka ternyata terletak 32km jauhnya dari rumah lain yang mereka pakai untuk proses syuting bagian luar, semua dilakukan agar keamanan keluarga mereka tetap terjaga.


    22. Kris Jenner dapat memotong bagian apapun yang tidak ia sukai

    Bisa dikatakan Kris memiliki kontrol sepenuhnya atas tim kreatif acara tersebut, dan menurut seorang sumber dari majalah OK!, ia adalah satu-satunya anggota keluarga yang bisa mengintip terlebih dahulu hasil edit dari tim produksi sebelum hasilnya benar-benar ditayangkan di televisi: "Tak ada pengecualian, dan ia dapat memotong bagian apapun yang tak ia sukai."


    23. Kim juga diketahui dapat meminta beberapa footage untuk dihapus

    Ia mengakui hal tersebut pada Hollywood Reporter, dengan berkata, "Maksud saya, percayalah, saya tidak berbohong, ada beberapa waktu ketika saya akan menjauh dari kamera karena ada sesuatu yang aneh dengan rambut saya, dan saya akan berkata, 'Hapus bagian itu, rambut saya terlihat benar-benar buruk.' Saya tak bisa terlihat dalam kondisi atau angle yang buruk."


    24. Mereka selalu siap untuk tampil di depan kamera iPhone

    Seorang copresident dari perusahaan produksi KUWTK, Jeff Jenkins, memberitahu Hollywood Reporter, "Ada hari-hari tertentu ketika 30 orang kru diminta tiba di lokasi syuting untuk meliput acara yang mereka gelar, dan di waktu-waktu seperti ini seorang kru akan ditugaskan untuk meliput hal-hal yang lebih intim lewat kamera iPhone."


    25. Faktanya, keluarga tersebut saat ini merekam segalanya lewat iPhone mereka

    The Kardashians saat ini melakukan syuting dengan iPhone mereka karena pandemi virus corona membuat semua orang terpaksa untuk tetap berada di dalam rumah, dan produser eksekutif Farnaz Farjam memberitahu Elle bahwa "serial ini jadi tak terlihat seperti dokumenter karena kami harus terus menerus memberikan pengarahan pada mereka dan mereka terpaksa harus lebih informatif pada kami...Namun karena ini adalah keluarga Kardashian dan mereka sangat menghibur, tentu saja tayangan tersebut tetap menarik untuk ditonton bagi orang lain."


    26. Mereka akan mengedit tayangan tersebut jika terlihat terlalu emosional

    Contohnya adalah ketika Caitlyn memutuskan untuk melakukan operasi, yang tentu saja sangat sulit bagi Khloe. "Salah satu momeb yang paling sulit mungkin adalah ketika Caitlyn bertransformasi, sulit rasanya melihat ibu saya dan Khloe melewati masa-masa berat tersebut," Kim memberitahu Hollywood Reporter. "Kami tak pernah benar-benar mengedit konten sebelumnya, namun kami terpaksa harus mengedit reaksi Khloe karena ia terlihat sangat kecewa."


    27. Para kru harus berada di rumah Kris 24/7

    Setidaknya, begitulah menurut seorang sumber pada RadarOnline, yang berkata bahwa tim KUWTK "menghabiskan sebagian besar hidup mereka" di sana. Sumber tersebut juga menambahkan bahwa Kris "senang memiliki timnya berada di sana karena ia selalu punya ide baru untuk mereka bicarakan."


    28. Namun Kris juga bisa mengusir siapapun kapan saja ia mau

    Terutama ketika ia ingin bercinta dengan pasangannya, Corey Gamble. Cosmo tidak bohong, ini memang benar-benar terjadi.


    29. Semua orang harus mau melakukan adegan fake atau palsu

    Ingat ketika Khloe mengatakan bahwa ternyata ia hamil di depan kamera? Thanks to Mariah Smith dari The Cut, Cosmo akhirnya tahu bahwa sebenarnya proses syutingnya tidak benar-benar dilakukan di waktu yang sama, dan kemungkinan besar Khloe mengambil syuting adegan tersebut ketika ia sudah tahu bahwa ia memang hamil.


    30. Dan terkadang mereka melakukan syuting sampai dua kali

    Keeping Up With the Kardashians memang sudah tak lagi menggunakan script dalam beberapa tahun terakhir ini, namun ada waktu-waktu tertentu ketika mereka memalsukan beberapa momen—seperti ketika Kris Humphries melamar Kim. Menurut dokumen yang didapatkan oleh Life & Style, sang produser Russel Jay mengaku bahwa Kim meminta Kris untuk mengulangi lagi adegan lamaran tersebut karena Kim tak suka melihat reaksinya di depan kamera.


    31. Kim menginginkan lighting yang sempurna

    Seorang sumber memberitahu RadarOnline, "Pertama-tama, Kris harus melakukan lamaran pada siang hari, dan ia diminta melakukan hal tersebut karena siang hari merupakan waktu yang paling ideal untuk mendapatkan pencahayaan yang sempurna agar kami bisa menangkap momen tersebut. Kim terlihat sangat terkejut di depan kamera namun tentu saja ia tahu apa yang akan terjadi. Ia bahkan meminta untuk melakukan full hair and makeup, seperti ketika ia akan melakukan proses syuting seperti biasa. Kris menginginkan proses lamaran tersebut berlangsung lebih intim dan romantis, namun tentu saja seluruh idenya ditolak oleh tim produksi dan oleh Kim sendiri."


    32. Mereka juga mengambil adegan ~drama~ yang benar-benar terjadi

    Seperti ketika Kourtney Kardashian dan Scott Disick memutuskan hubungan mereka. Seluruh drama tersebut 100 PERSEN asli, bukan palsu. Nyatanya, Kourtney memberitahu Hollywood Reporter bahwa ini merupakan momen-momen tersulit baginya untuk syuting.

    "Saya mencemaskan banyak sekali hal pada saat itu, dan akhirnya saya berkata, 'Mari kita sudahi saja semua ini.' Kemudian saya duduk dan mulai menangis. Terkadang kamu memang harus melewati tahap tertentu, dan kamu harus berhasil mengakhiri semuanya. Setelah itu saya melakukan wawancara dan tak lagi merasa sedih, alih-alih saya justru merasa marah. Dan kalian bisa melihat apa yang kemudian terjadi."


    33. Mereka harus memasang microphone sepanjang waktu

    Kourtney memberitahukan fakta ini pada sebuah wawancara dengan Hollywood Reporter, "Saya ingat di musim pertama saya sempat berkata, 'Saya harus pergi ke kamar kecil', dan saya menangis di dalam kamar kecil sesunyi mungkin karena saya masih menggunakan microphone. Saya tak ingin menangis di depan kamera."


    34. Kanye tak perlu ikut syuting

    Semua orang mungkin harus mengikuti aturan tersebut, namun Kanye? Sepertinya tidak. "Kanya berkata, 'Saya bukan bagian dari acara tersebut. Itu bukanlah hal yang biasa saya lakukan. Saya memiliki karier dan kehidupan saya sendiri,'" ujar Kim pada Hollywood Reporter. "Ia juga bisa mengejutkan kita semua. Di satu waktu ia berkata, 'Saya tak mau ikut syuting' dan tiba-tiba saja ia muncul di depan kamera."


    35. Kanye ternyata ikut menjadi salah satu sutradara kreatif untuk acara tersebut

    Presiden E!, Adam Stotsky memberitahu New York Times, "Ia adalah orang yang benar-benar kreatif, dan ia punya banyak pemikiran yang menarik mengenai marketing, mengenai bagaimana cara mempresentasikan sesuatu secara menarik dalam sebuah acara, juga pada adegan-adegan opening."


    36. Kanye meminta tim sekuritinya untuk berjalan di belakangnya

    Mantan sekuriti Kanye, Steve Stanulis baru-baru ini memberitahu "aturan konyol" yang harus ia ikuti ketika bekerja bersama Kanye. Dalam sebuah podcast dengan Hollywood Raw, Steve berkata, "Ia [Kanye] ingin kamu tetap berada 10 langkah di belakangnya ketika ia sedang berjalan-jalan di kota. Jadi tentu saja, ketika seseorang mendatangi Kanye dan melakukan sesuatu padanya, pada saat itu saya harus berlari secepat mungkin, namun hal tersebut tetap saja sia-sia karena hal tersebut sudah terlanjur terjadi."


    37. Kylie punya...banyak sekali tuntutan

    Seorang sumber sempat mengatakan, Kylie "memaksa untuk diberikan dua tempat parkir VIP karena ia tak mau berjalan kaki dari lokasi parkir ke studio, yang sebenarnya jaraknya tak sampai satu blok."


    38. Satu lagi contohnya

    Seorang asisten Kylie pernah dengan jujur mengatakan bagaimana rasanya bekerja untuk seorang bintang ternama, dan sambil bercanda berkata, "Kylie akan meminta smoothie yang sama setiap pagi, dan saya selalu bertanya bertanya padannya, 'Smoothie apa?' Ia akan membalas, 'Kamu seharusnya sudah tahu smoothie apa yang saya inginkan.'"


    39. Mereka menyimpan ~drama-drama~ terbaik mereka untuk acara tersebut

    Seperti kasus pencurian Kim di Paris atau skandal selingkuh Khloe, kamu tak akan mendapatkan informasi apapun mengenai hal tersebut sampai semuanya tayang di E! Well, mereka harus menjaga rating mereka tetap tinggi, kan?


    40. Timing adalah segalanya

    Tentu saja tim PR Kardashian telah mengatur segalanya, dan pekerjaan mereka sangat penting demi kesuksesan KUWTK. Semisal kehamilan Kylie: TMZ melaporkan kehamilan tersebut DUA HARI sebelum Keeping Up With the Kardashians merayakan ulang tahun mereka yang ke-10. Tentu saja, semua orang kemudian menunggu Kylie mengumumkan berita baik itu pada episode tersebut. Smart, right?


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Cosmopolitan US)