Better You

8 Makanan yang Ternyata Buruk Bagi Kesehatan Vagina!

  by: Giovani Untari       26/5/2020
    • Apa yang kamu konsumsi ternyata memiliki dampak tersendiri bagi kesehatan vagina, girls!
    • Jadi ini dia 8 makanan yang ternyata berdampak buruk bagi kesehatan vaginamu.


    Girls, pernah dengar istilah: "You are what you eat"? Ternyata apa yang selama ini kita konsumsi juga turut memengaruhi kesehatan Miss Cheerful kita. Tidak semua makanan yang kita anggap baik ternyata "bersahabat" bagi kesehatan organ kewanitaan kita tersebut. Jadi setelah mengetahui 5 Makanan yang Akan Menjaga Kesehatan Vagina, ini saatnya kamu pun memahami bahwa ternyata ada sejumlah bahan makanan yang justru memiliki dampak buruk bagi kesehatan vagina. NO!

    Ini dia 8 makanan yang ternyata buruk bagi kesehatan vagina:




    1. Bawang

    Meski memiliki sejumlah manfaat kesehatan, ada fakta mengejutkan bahwa mengonsumsi bawang-bawangan secara sering atau dalam jumlah yang berlebihan ternyata buruk bagi kesehatan vagina. Bawang tidak hanya memicu terjadinya bau badan, tetapi juga mampu menimbulkan bau yang tidak sedap di area Miss Cheerful kamu. Itu karena area kewanitaan pada dasarnya juga memiliki kelenjar keringat yang mampu menghasilkan bau. Bau yang kuat dari mengonsumsi bawang juga ikut mengubah kondisi bakteri baik yang berada di vagina. Duh!


    2. Makanan yang Digoreng



    Makanan yang digoreng umumnya mengandung lemak tinggi, yang tidak hanya memicu sejumlah masalah kesehatan tertentu tetapi juga pertumbuhan bakteri di vagina! Yang mana jika hal ini dibiarkan begitu saja dapat meningkatkan terjadinya infeksi pada vagina seperti bacterial vaginosis. Infeksi tersebut biasanya ditandai dengan munculnya bau tidak sedap, vagina yang terasa gatal, rasa panas saat buang air kecil, serta keputihan. Jika kamu merasakan sejumlah tanda-tanda di atas, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.


    3. Makanan Olahan

    Cosmo tahu bahwa rasanya sulit untuk melepaskan diri dari berbagai makanan olahan yang tersedia saat ini. Tetapi FYI girls, makanan olahan tersebut dapat menekan sistem imun yang membuat bakteri buruk justru berkembang dengan pesat! Hal ini dapat menyebabkan sejumlah masalah baru bagi kesehatan vagina kamu seperti: infeksi ragi vagina, rasa nyeri saat seks, bacterial vaginosis, serta infeksi saluran kemih.


    4. Makanan Manis



    Makanan manis umumnya mengandung gula dalam jumlah yang tidak sedikit. Tidak hanya memicu diabetes, mengonsumsi makanan manis dalam jumlah berlebihan juga mampu menimbulkan masalah infeksi jamur atau ragi di vagina. Itu karena jamur di area vagina menyukai lingkungan yang lembap dan manis di bawah sana. Jadi semakin banyak kamu mengonsumsi makanan manis maka peluang jamur bertumbuh pesat yang menyebabkan infeksi jamur atau ragi pun semakin meningkat!




    5. Kopi

    What a heartbreak! Tapi siapa yang menduga jika kopi yang kita minum ternyata juga bisa membuat aroma vagina ikut berubah? Dan perubahan tersebut turut berpengaruh pada pertumbuhan jamur di organ kewanitaan kita. Tidak hanya itu, kafein juga kerap dianggap menjadi salah satu penyebab stres yang juga dapat menimbulkan masalah baru seperti infeksi di area vagina. Ingat seluruh hal yang terjadi pada tubuh kita saling memengaruhi satu sama lain, girls!


    6. Keju



    Jika ada produk diary seperti yogurt membantu menjaga kesehatan vagina kamu, maka hal ini nampaknya tidak berlaku bagi keju. Mengonsumsi keju dalam jumlah yang berlebihan mampu menyebabkan terjadinya infeksi ragi atau jamur di area kewanitaan. Kamu bisa mencegahnya dengan membatasi mengonsumsi keju dalam jumlah berlebihan serta rajin minum air putih untuk tetap menjaga keseimbangan pH di area vagina.


    7. Alkohol

    Alkohol mampu menyerap kadar air dalam tubuh, sehingga tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi setelah meminumnya, dear! Dehidrasi yang kamu alami ikut terjadi pula para area Miss Cheerful yang berdampak pada vagina jadi kesulitan dalam menghasilkan pelumas alami di dalamnya. Jadi sama seperti mengonsumsi keju, pastikan untuk mengimbanginya dengan minum air putih lebih banyak agar tubuh tetap terjaga kadar airnya.


    8. Asparagus



    Meski tidak berbahaya tetapi nyatanya asparagus membuat urin menjadi lebih bau. Hell no! Hal ini pun berujung dengan pH alami vagina kita yang menjadi ikut berubah. Buruknya lagi bau kurang menyenangkan tersebut dapat bertahan hingga beberapa hari. Tapi ini bukan berarti kamu tidak boleh memakannya kok, asalkan kamu membatasi konsumsi asparagus dalam menu makananmu.



    (Giovani Untari / Images: Master1305 for Freepik, Tenor.com)