Fashion

Ini Cara Efektif Merawat Pakaian Kamu Agar Tetap Awet!

  by: Hendry Leo       26/5/2020
  • Pakaian merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Tak hanya berfungsi sebagai pelindung tubuh, pakaian juga berfungsi sebagai wujud ekspresi seseorang melalui gaya busana yang diperlihatkan. Namun, tak banyak orang yang mengerti bagaimana cara merawat pakaian yang benar agar tetap awet. Jika kamu termasuk salah satunya, berikut Cosmo akan berikan beberapa cara efektif merawat pakaian agar tetap awet. Simak!

    1. Gunakan Air Dingin

    Jika kamu perhatikan, setiap mencuci pakaian ataupun aksesori lainnya, kita disarankan untuk menggunakan air dingin. Hal ini berguna untuk menghindari bahan pada pakaian kamu tidak cepat rusak atau pudar. Selain itu, kamu juga akan lebih hemat energi, lho!




    2. Baca Simbol Perawatan Pakaian

    Ini merupakan salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan saat hendak merawat pakaian. Setiap pakaian tentunya memiliki label petunjuk cara mencuci dan merawat sesuai dengan jenis bahannya. So, selalu perhatikan ya!



    3. Balik Pakaian saat Dijemur

    Langkah ini sangat penting lho, girls! Saat hendak menjemur pakaian secara outdoor yang langsung terkena sinar matahari, usahakan untuk membalikkan pakaian agar warna pakaian tak cepat pudar.

    4. Jangan Sering Dicuci

    Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kualitas pakaian adalah dengan tidak terlalu sering mencuci. Cucilah pada saat pakaian sudah timbul bau tidak sedap atau kotor saja. Mungkin kamu juga bisa memperkirakan pencucian setiap sebulan atau beberapa minggu sekali.


    5. Pisahkan Pakaian Sesuai Bahan dan Warna Saat Mencuci

    Well, mungkin ini adalah salah satu langkah yang sudah sering kita ketahui. Memisahkan bahan dan warna saat hendak mencuci berfungsi agar pakaian kamu tidak cepat rusak, dan juga warnanya jadi tidak bercampur dan menyatu dengan warna lain.


    6. Keringkan Pakaian Secara Alami

    Keringkan pakaian secara alami melalui paparan sinar matahari. Mengeringkan dengan menggunakan mesin cuci hanya akan membuat kualitas bahan pakaian kamu jadi cepat memudar dan rusak.




    7. Gunakan Pemutih yang Ramah Lingkungan

    Penggunaan pemutih pakaian dengan tingkat kadar kimia yang tinggi tidak hanya merusak lingkungan, tetapi juga membuat bahan pada pakaian jadi cepat menipis.

    8. Simpan Pakaian dengan Baik

    Simpan pakaian dengan menggunakan kotak atau lemari yang bersih agar terhindar dari ngengat dan debu. Tak hanya itu, usahakan untuk simpan ditempat yang sejuk untuk menghindari timbulnya jamur dan perubahan warna.


    9. Gantung Pakaian Jika Perlu

    Usahakan untuk memilih pakaian yang hendak digantung sesuai jenis bahannya. Ini sangat penting untuk menjaga kualitas pada bahan pakaian agar lebih awet.


    10. Gunakan Setrika Seperlunya

    Jika ingin membuat tampilan pada pakaian kamu jadi lebih rapi, sebaiknya menggunakan setrika. Namun, usahakan untuk memerhatikan ketentuan penggunaan setrika pada simbol baju yang tertera.



    (Teks: Hendry Leo/ Sumber: moneycrashers.com, thelaundrystation.com, allwomenstalk.com/ Foto: unsplash.com)