Beauty

Pahami Manfaat Kandungan Skincare Green Tea Bagi Kulit

  by: Fariza Rahmadinna       29/5/2020
  • Green tea untuk kulit? Yes! Tidak hanya nikmat untuk diminum, ternyata green tea juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Dikutip dari The Klog, terdapat banyak penelitian yang menemukan manfaat green tea untuk kecantikan, seperti melawan radikal bebas dan membantu proses penyembuhan kulit. Karena alasan itulah, maka tak heran jika banyak produk perawatan kulit yang memasukan kandungan green tea di dalamnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, baca artikel ini sampai habis ya, dear!

    Teh hijau diperkaya dengan antioksidan, asam amino, vitamin dan kafein, serta bersifat sebagai anti-inflamasi dan antibakteri, yang semuanya bermanfaat untuk penyembuhan, menghidrasi, menghilangkan dan mendetoksifikasi kulit.



    Lantas, apa manfaat kandungan green tea bagi kulit?


    1. Mencegah Munculnya Penuaan Dini

    Green tea mengandung antioksidan tinggi yang memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas seperti sinar UV, kotoran dan polusi, yang menjadi salah satu penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Selain itu, kandungan vitamin E dan B6 dalam green tea juga berperan penting untuk mendukung pertumbuhan sel-sel kulit baru, memberi kelembapan, dan mempertahankan kadar kolagen sehingga kulit akan terlihat lebih kencang dan muda.

    2. Mengobati Kemerahan Pada Kulit

    Jika kamu memiliki permasalahan kulit seperti kemerahan dan iritasi, green tea bermanfaat untuk mengobati permasalahan kulit tersebut. Kandungan green tea dalam produk perawatan kulit dapat memberikan efek yang menenangkan, sehingga dapat mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit, serta dapat mengurangi rasa gatal (itchiness).

    3. Mengurangi Kantung Mata

    Tak hanya diperkaya dengan antioksidan tinggi, green tea juga diperkaya dengan kafein. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk membantu mengecilkan pembuluh darah di sekitar mata, sehingga efektif mengempiskan kantung mata atau menyamarkan lingkaran hitam. Kamu dapat membuat DIY eye mask dengan cara mendinginkan kantung teh hijau dalam lemari es, lalu kompres matamu selama beberapa saat.




    4. Mengatasi Masalah Jerawat

    Sifat antibakteri dalam green tea dapat membantu mengatasi masalah jerawat bahkan hingga ke sumbernya. Bahan ini terkenal mampu membersihkan pori-pori secara maksimal, sehingga kulit bersih bebas jerawat. Kandungan polifenol dalam green tea juga bekerja melawan infeksi dan berguna untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kandungan tanin dalam green tea memiliki sifat astringent yang dapat mengurangi kelebihan produksi sebum.


    Siapa saja yang membutuhkan green tea dalam rutinitas perawatan kulitnya?

    Jawabannya adalah semua orang! Baik yang memiliki kulit sensitif, memiliki masalah penuaan, jerawat, atau minyak berlebih, green tea akan memberikan manfaat positif bagi kulit kamu. Green tea termasuk kandungan yang powerful, but it’s not aggressive — kandungan green tea akan bekerja dengan sangat baik pada kulit kamu.


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Phuong Nguyen / Unsplash)