Beauty

Aturan Memilih Pelembap untuk Kulit Kering

  by: Fariza Rahmadinna       26/5/2020
  • Apakah kamu memiliki kulit wajah yang kering? Jika iya, sebaiknya kamu tetap berhati-hati saat membeli produk pelembap. Pasalnya, salah memilih formula produk pelembap untuk kulit kering dapat menimbulkan berbagai masalah kulit baru, seperti iritasi, atau bahkan masalah kulit lain yang lebih berat. Oleh karena itu, biar tidak salah, ketahui cara memilih pelembap untuk kulit kering berikut ini, dear!

    Pada dasarnya, kulit kering biasanya disebabkan oleh kurangnya produksi minyak alami (sebum), sementara pada saat yang sama kulit juga rentan mengalami penguapan air dari kulit. Kondisi semacam ini membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya, sehingga memerlukan tambahan kelembapan dari pelembap. Pelembap bekerja dengan cara menahan kelembapan sekaligus mencegah agar tidak terjadi penguapan air dari kulit.




    Bagaimana cara memilih pelembap untuk kulit kering?

    1. Perhatikan Kandungan, Formula, dan Tekstur Pelembap

    Kurangnya kadar minyak dan air dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembapan alaminya, sehingga tampak flaky, terasa gatal, kencang, dan bahkan kusam. Dikutip dari Web MD, bagi kamu yang memiliki kulit kering, pilihlah pelembap dengan tekstur krim pekat, karena dinilai mampu mengunci kelembapan. Kamu dapat memilih produk yang mengandung formula asam hialuronat, dimetikon, gliserin, propilen glikol, ceramides, lanolin, mineral oil dan petrolatum. Semua bahan-bahan ini dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi, membantu menarik air ke kulit, dan mengunci kelembapan.

    Selain itu, dikutip dari Healthline, moisturizer atau pelembap dengan kandungan yang bertindak sebagai emolien seperti minyak nabati juga mampu mencegah hilangnya kadar air di dalam kulit sekaligus menambah nutrisi. Usahakan pelembap yang kamu gunakan juga mengandung minimal SPF 30, untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan radikal bebas.



    2. Pelembap yang Harus Dihindari Oleh Kulit Kering

    Hindari pelembap yang mengandung alkohol karena dapat menarik kelembapan keluar dari kulit, sehingga membuat kulit semakin kering. Tak hanya alkohol, hindari juga pelembap yang mengandung parfum atau pewangi karena dapat meningkatkan risiko iritasi pada kulit. Pilih produk pelembap yang berlabel alcohol free, fragrance free, atau hypoallergenic.

    Itulah cara memilih pelembap yang tepat bagi kulit kering. Menggunakan pelembap yang tepat tentu dapat bermanfaat baik bagi kulit, sehingga membuat kulit tampak lebih sehat, segar, dan cerah.


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Cottonbro / Pexels)