Better You

7 Manfaat Buah Stroberi Untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

  by: Alexander Kusumapradja       27/5/2020
    • Tidak hanya enak dikonsumsi, buah stroberi juga mengandung banyak senyawa yang bermanfaat untuk kecantikan kita.
    • Buah stroberi diperkaya oleh nutrisi penting dan berfungsi sebagai antioksidan alami.


    Dengan bentuk dan warnanya yang khas serta rasa yang bisa diolah menjadi bermacam makanan dan minuman lezat, buah stroberi (Fragaria ananassa) merupakan salah satu buah paling populer di seluruh dunia. Terlebih lagi, buah yang dipercaya berasal dari Prancis ini ternyata tak hanya sedap dipandang dan dimakan, tapi juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita.



    Buah yang identik dengan warna merah ini diperkaya berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalsium, magnesium, asam folat, potassium, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut adalah tujuh manfaat utama buah stroberi untuk kecantikan dan kesehatan kita.


    via GIPHY

    1. Memutihkan Gigi

    Buah stroberi memiliki kandungan konsentrasi vitamin C yang tinggi dan bisa membantu kita melawan pembentukan plak yang membuat gigi kita terlihat menguning. Kita bisa mencoba menumbuk buah stroberi segar yang dicampur dengan baking soda hingga bentuknya menjadi seperti pasta gigi. Dengan sikat gigi berbulu sikat halus, usapkan secara merata pasta gigi stroberi tersebut ke seluruh lapisan gigi kita, diamkan selama lima menit, lalu sikat gigi dengan pasta gigi yang biasa kita pakai.

    Cara ini bisa memutihkan gigi secara alami namun jangan dilakukan terlalu sering karena buah stroberi mengandung asam malat yang biasa ditemukan di produk pemutih gigi dan juga asam sitrat yang bisa secara alami membersihkan gigi untuk hasil lebih putih namun bisa melemahkan lapisan enamel dalam dosis yang tinggi.


    2. Mencerahkan Rona Kulit

    Karena kandungan vitamin C yang tinggi, buah stroberi juga sangat efektif untuk membuat kulit kita terlihat lebih sehat dan segar. Buah ini juga memiliki senyawa asam alpha-hydroxy yang menurut penelitian yang dilakukan oleh Hahnemann University School of Medicine, Pennsylvania mampu memperbaiki tanda-tanda penuaan pada kulit.

    Buah stroberi juga mengandung asam salisilat dan asam elagik yang mampu melawan hiperpigmentasi dan pembentukan bintik hitam pada kulit, mengangkat lapisan kulit mati, mengencangkan pori-pori kulit, dan mencegah breakout jerawat.

    Untuk perawatan dengan masker wajah alami, tumbuk stroberi lalu campurkan dengan madu hingga berbentuk krim yang kita pakai di pagi hari. Diamkan selama sekitar 15 menit dan bilas dengan air dingin. Selain madu, kita juga bisa memakai air mawar atau susu yang sama bermanfaatnya untuk mempersehat kulit wajah.


    via GIPHY

    3. Melawan Tanda Penuaan Dini

    Buah stroberi juga dikenal sebagai sumber alami likopen yang merupakan antioksidan yang mampu memperlambat tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, garis kerut, kulit kendur, dll. Selain itu, senyawa antosianin dalam buah stroberi juga mampu melindungi kulit dari stress oksidatif sehingga memperlambat proses penuaan kulit.




    4. Melawan Jerawat

    Salah satu kandungan ajaib lain yang ditemukan dalam buah stroberi adalah asam salisilat yang kerap dipakai sebagai komponen produk perawatan kulit. Senyawa ini mampu membantu melawan penyumbatan radikal bebas di pori-pori kulit yang membuat kulit kita lebih bersih dan sehat.


    5. Menghilangkan Kantung Mata

    Kalau kamu termasuk punya masalah dengan kantung mata yang menebal setiap bangun tidur, salah satu tips yang bisa kamu coba adalah mengiris buah stroberi yang sudah didinginkan di lemari es sebelumnya dan tempelkan di kelopak matamu sekitar dua menit. Mereka punya efek mengecilkan pori-pori dan menghambat produksi minyak berlebih serta memperlancar sirkulasi darah.


    via GIPHY

    6. Membantu Pertumbuhan Rambut

    Bermasalah dengan rambut yang mudah rontok? Buah stroberi bisa menjadi solusi alami yang patut dicoba. Cukup konsumsi buah stroberi secara teratur baik dalam bentuk potongan segar yang bisa kamu tambahkan di salad buah atau oatmeal di pagi hari maupun diblender menjadi smoothies segar. Selain kaya antioksidan yang menjaga rambut tak mudah pecah-pecah dan rontok, kandungan silica dalam stroberi juga dipercaya mampu mendukung pertumbuhan rambut yang lebih sehat.


    7. Memperlembut Bibir

    Lagi-lagi karena kandungan vitamin C dan asam salisilat yang tinggi untuk mengangkat lapisan sel kulit mati, buah stroberi berfungsi sebagai eksfoliator alami dan sangat efektif dipakai di lapisan kulit yang rentan seperti lapisan kulit bibir. Cukup tumbuk satu buah stroberi segar lalu tempelkan secara lembut di bibir selama beberapa menit lalu bilas dengan air. You can kiss goodbye untuk bibir kering dan pecah-pecah!

    via GIPHY

    (Alex.K/Image: Charles Deluvio on Unsplash )