Beauty

Khasiat Charcoal untuk Kulit, Benarkah Efektif?

  by: Yovita Pratiwi       27/5/2020
  • Beberapa kandungan dalam produk perawatan kulit sangat disukai oleh para beauty enthusiast sehingga kadang kita lupa bahwa fakta pendukung klaim masih sedikit. Misalnya, charcoal alias arang. Tak hanya jadi bahan pembuat minuman kekinian atau pasta gigi, bahkan produk kecantikan berbasis charcoal sudah tak terhitung jumlahnya. Bahan alami ini telah lama digunakan sebagai obat untuk mengeliminasi racun dari tubuh. Namun, pernyataan bahwa charcoal bekerja untuk kulit terkadang tidak didukung oleh riset yang cukup, hanya berdasarkan teori dan testimoni.


    Jadi, apakah charcoal benar-benar efektif bagi kesehatan kulit? Yuk, simak!




    Apa itu charcoal?


    Arang adalah hasil dari pembakaran bahan berbasis karbon. Meskipun kamu mungkin mendengar istilah "charcoal" dan "activated charcoal" yang sering digunakan dalam industri kecantikan, studi membuktikan bahwa activated charcoal alias arang aktif digunakan karena kemampuannya untuk menghasilkan area permukaan yang jauh lebih besar untuk adsorpsi. Ketika arang menyatu dengan gas atau bahan kimia anorganik, arang akan membuka dan membentuk pori-pori. 


    Secara teknis, arang aktif bekerja dengan menggunakan gaya dispersi, yang merupakan jenis gaya antarmolekul. Kekuatan dispersi adalah kekuatan lengket yang bekerja di antara semua zat secara mikroskopis. Mereka terbentuk karena dipol sementara yang terbentuk dari pergerakan elektron. Karena arang aktif memiliki luas permukaan yang besar, ia memiliki banyak ruang untuk membentuk gaya dispersi dengan zat lain. Karakteristik lengket inilah yang membuat arang aktif efektif menghilangkan zat ketika bersentuhan dengan mereka dan mengapa arang mendapatkan reputasi sebagai detoxifier yang baik. Dalam kedokteran, arang aktif digunakan untuk menghilangkan racun untuk mengobati kondisi medis seperti keracunan, infeksi saluran pencernaan, dan mual.


    Arang aktif sering ditemukan dalam masker, sabun wajah, spons exfoliating, deodoran, dan perawatan rambut dan kulit kepala, tetapi juga tersedia sendiri dalam bentuk bubuk atau tablet.


    Khasiat charcoal untuk kulit


    Secara teoritis, "kelengketan" arang berfungsi untuk mengobati jerawat dan mendetoksifikasi kulit dengan menghilangkan kotoran dan minyak, tetapi klaim ini masih belum didukung oleh penelitian yang cukup. Saat ini, masih belum jelas apakah kemampuan arang untuk menghilangkan racun dapat diterjemahkan untuk menghilangkannya dari kulit melalui aplikasi topikal.




    Banyak pembersih wajah berbasis arang atau masker yang dipromosikan bermanfaat untuk kulit yang berjerawat. Namun, pembersih arang atau masker ini digabungkan dengan bahan-bahan yang memerangi memang sudah terbukti efektif mengobati jerawat, seperti asam alfa-hidroksi (AHA), dan asam beta-hidroksi (BHA), asam salisilat (salicylic acid) yang merupakan bahan lipofilik (yang menyukai minyak) dan digunakan untuk menghilangkan sebum dari pori-pori, serta kaolin yang dikenal untuk mengikat sebum (minyak). Mungkin terlalu dini untuk mengatakan bahwa arang itu sendiri adalah pengobatan yang efektif daripada bahan tambahan yang telah terbukti memiliki khasiat exfoliating dan pengendali minyak.


    Efek samping charcoal


    Secara umum, arang tidak menyebabkan reaksi alergi atau iritasi dan kemungkinan tidak akan membahayakan, tetapi juga penting untuk mempertimbangkan produk yang kamu gunakan dan bahan-bahan lain yang terkandung dalam formula. Hindari masker wajah peel off yang berpotensi merusak. Sebagai gantinya, pilihlah produk berbasis arang yang lembut untuk melindungi kulit. 


    Bagaimana cara menggunakannya


    Arang aktif bergantung pada kontak fisik untuk menghilangkan racun, sehingga secara teori, akan lebih efektif untuk menghilangkan minyak ketika diterapkan untuk jangka waktu yang lama sebelum dibersihkan. Namun, karena hanya sedikit data yang tersedia tentang manfaat arang untuk kulit, tidak ada informasi yang tersedia tentang seberapa banyak atau seberapa sering kamu harus menggunakannya. Jika kamu memilih untuk mencoba produk berbasis arang, saran terbaik adalah mengikuti instruksi dari pabriknya.


    Penasaran ingin mencoba produk kecantikan berbasis arang? Simak rekomendasinya di sini.


    (Yovita Pratiwi. Image: Dok.Unsplash.)