Beauty

5 Makanan yang Dapat Memicu Permasalahan Kulit Wajah

  by: Fariza Rahmadinna       31/5/2020
  • Pernahkah kamu bertanya-tanya, “Benarkah makanan dapat memengaruhi kondisi kulit?” Dikutip dari The Klog, ternyata ada beberapa makanan yang dapat memengaruhi kondisi kulit kamu, semisal makanan tinggi gula, susu, alkohol, dan karbohidrat olahan. Untuk lebih lengkapnya, baca sampai habis untuk mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari agar tidak memberikan dampak buruk bagi kulit wajah. 




    1. Karbohidrat Olahan


    Menurut Kally Papantoniou, seorang dokter kulit di Great Neck, New York, sebaiknya kamu menghindari makanan seperti roti putih dan pasta.Mengapa demikian? Hal ini disebabkan makanan-makanan tersebut memiliki indeks glikemik yang tinggi, sehingga dapat memicu peningkatan kadar glukosa dan insulin di dalam tubuh. Lantas, apa hubungannya makanan karbohidrat olahan dengan kondisi kulit? Peningkatan kadar insulin dapat menyebabkan peningkatan produksi sebum, yang menyebabkan kulit berminyak dan berjerawat. Uh-oh!


    2. Makanan Tinggi Gula


    Tahukah kamu bahwa mengonsumsi makanan tinggi gula dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit? Hal ini terjadi karena glukosa dan fruktosa dapat menghubungkan asam amino dengan kolagen dan elastin, yang membuat serat kolagen menjadi keras, kaku, dan tidak dapat memperbaiki kerusakan dengan sendirinya. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Oleh karena itu, kurangi asupan gula dalam jumlah tinggi agar terhindar dari munculnya penuaan dini, ya. Bye-bye, boba time!


    3. Produk Olahan Susu


    Sama seperti karbohidrat olahan, produk olahan susu seperti susu sapi juga dapat menyebabkan lonjakan insulin, yang dapat memicu peningkatan produksi sebum. Hal ini terjadi karena susu sapi biasanya mengandung hormon steroid anabolik. Saat dikonsumsi oleh manusia, hormon ini dapat memicu peningkatan kadar insulin, yang merangsang produksi sebum dan memicu pertumbuhan jerawat.



    4. Minuman Beralkohol


    Dilansir dari The Klog, berdasarkan penelitian Annie Chiu, seorang dermatologis dari Hermosa Beach, California, mengonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko rosacea, yaitu suatu kondisi penyakit di mana kulit menjadi berwarna kemerahan pada area wajah dan leher. Mengapa minuman alkohol dapat memicu kondisi rosacea? Hal ini karena minuman beralkohol menurunkan sistem kekebalan tubuh, menyebabkan peradangan, serta dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah, sehingga memicu munculnya gejala rosacea pada kulit wajah. Berhati-hati ya girls, karena kondisi rosacea hanya dapat berkurang lewat perawatan kulit yang rutin, namun hingga saat ini belum dapat disembuhkan.

    5. Minuman Berkafein


    Dikutip dari Healthline, pada dasarnya kopi tidak memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan jerawat, namun minuman ini mampu memperburuk kondisi jerawat yang sudah ada. Mengapa demikian? Seperti diketahui, kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan respon stres di dalam tubuh. Kondisi seperti ini dapat memperburuk kondisi jerawat yang sudah ada. Apalagi, jika kamu minum kopi dengan campuran susu dan pemanis buatan, hal ini akan memperburuk kondisi jerawat kamu. Dikutip dari Byrdie, susu dan pemanis buatan dapat memengaruhi kondisi hormon secara negatif, sehingga dapat merangsang pertumbuhan jerawat pada wajah.


    Itulah lima makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari agar tidak memicu munculnya permasalahan kulit. Lantas, makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi? Kally Papantoniou menyarankan agar lebih banyak mengonsumsi sayuran berdaun hijau, buah-buahan, dan protein. Makanan-makanan ini dapat membantu mencegah munculnya berbagai permasalahan kulit, melawan radikal bebas, serta mengatasi peradangan.


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Karley Saagi on Pexels)