Celebrity

Baru Ultah, Ini 5 Music Video Terbaik Kylie Minogue

  by: Alexander Kusumapradja       28/5/2020
    • Kylie Minogue merayakan ulang tahun ke-52 tahun ini dan tetap menjadi salah satu legenda musik pop sepanjang masa.
    • Telah berkarier lebih dari 30 tahun, diskografi Kylie Minogue meliputi banyak video musik yang ikonik.




    Tanggal 28 Mei ini, salah satu bintang pop legendaris dunia yaitu Kylie Minogue merayakan ulang tahunnya yang ke-52. Di usianya yang sudah melewati setengah abad, sosok wanita kelahiran Melbourne Australia ini mungkin tidak sefamiliar nama-nama seperti Ariana Grande, Taylor Swift, Doja Cat, Billie Eilish, dan bintang-bintang idola generasi zillennial saat ini lainnya. Namun, jauh sebelum junior-junior itu lahir, Kylie adalah salah satu the original princess of pop yang menjadi cetak biru untuk bintang pop kontemporer yang kita kenal hari ini.



    Memulai karier sebagai aktris serial televisi, Kylie terjun ke dunia rekaman di akhir 80-an dengan lagu-lagu bubblegum pop seperti "The Loco-Motion" dan "I Should Be So Lucky" yang cukup populer pada masanya. Meskipun sempat dituding hanya aji mumpung dan diperkirakan tak akan bertahan lama sebagai penyanyi, namun Kylie yang juga pernah dicemooh sebagai Madonna wannabe berhasil membuktikan keseriusannya di dunia musik dengan terus merilis album dan akhirnya menemukan warna khasnya sendiri, yaitu lagu yang terinfluens genre disko. Album Fever yang dirilis 2001 dipenuhi banyak single keren seperti “Can’t Get You Out of My Head” dan “Love At First Sight” yang berhasil mengantarkan popularitas mainstream Kylie Minogue secara global dan mengukuhkan namanya sebagai salah satu bintang pop tersukses di dunia.


    Selain Madonna yang menjadi idola utama, Kylie menyebut nama-nama eklektik seperti Shirley Manson, Bjork, U2, serta band-band Jepang seperti Pizzicato Five dan Towa Tei sebagai influensnya dalam bermusik yang membuat racikan genre musiknya unik dan berbeda dibanding rekaman pop standar pada umumnya. Sepanjang kariernya yang sudah lebih dari 30 tahun, Kylie Minogue telah merilis 14 studio album dan meraih beragam penghargaan, termasuk Grammy Award dan masuk Hall of Fame.


    Selain dikenal sebagai music & style icon, Kylie juga menjadi ikon penyintas kanker payudara. Ia divonis menderita kanker payudara di tahun 2005 ketika sedang berada di puncak karier yang mengharuskannya menjalani kemoterapi dan membatalkan tur dan konser. Keberanian Kylie untuk bersikap terbuka dalam mengakui dan menjalani perawatan kanker payudara sampai bisa beraktivitas kembali mendapat respons positif dari media dan publik yang bahkan melahirkan istilah “Kylie effect” yang membuat diskusi soal kanker payudara semakin transparan dan para wanita muda terdorong untuk rutin mengecek kesehatan payudara mereka. Sejak itu, ia pun aktif sebagai ambassador, berdonasi, dan terlibat aktif dalam berbagai kampanye kanker payudara.



    Untuk merayakan hari spesial dari legenda pop tersebut, berikut adalah 5 rekomendasi musik video terbaik Kylie Minogue yang wajib ditonton baik oleh para penggemar lama maupun yang belum pernah menonton atau tahu tentangnya. Ready for some pop culture lesson?




    5. "Slow"

    Merupakan single utama dari album kesembilan Body Language (2003), “Slow”adalah lagu synth-pop yang meskipun sepintas terasa minimalis namun terdengar begitu seksi dan seduktif sesuai dengan narasi lagunya sendiri di mana Kylie bercerita tentang mengajak pria untuk berdansa. Video musiknya menampilkan Kylie berjemur dalam balutan bodycon Balenciaga di antara pria-pria seksi di kolam renang legendaris Piscina Municipal de Montjuic di Barcelona, Spanyol. Dua Lipa menyebut lagu ini sebagai lagu Kylie Minogue terfavoritnya dan Kylie sendiri menyebut “Slow” sebagai personal favorite dari perjalanan karier musiknya sejauh ini.


    4. "Get Outta My Way"

    Setelah pulih dari perawatan kanker payudara, Kylie merilis album ke-11 berjudul Aphrodite di tahun 2010 yang sukses menjadi album comeback gemilang bagi Kylie di dunia musik. Selain single utama “All The Lovers”, lagu paling populer dari album ini adalah “Get Outta My Way” yang bercerita tentang move on dari hubungan yang sudah berakhir. Lagu ini mendapat pujian untuk kualitas produksi yang masih menampilkan bunyi dance-pop dan influens disco yang catchy khas Kylie namun terdengar lebih modern dari rilisan sebelumnya. Kepopuleran lagu ini membuatnya banyak di-remix oleh berbagai DJ dunia, namun yang terbaik dan juga kamu harus dengar adalah versi remix dari Yasutaka Nakata yang merupakan produser terkenal Jepang di balik kepopuleran Perfume dan Kyary Pamyu Pamyu.


    3. "Love at First Sight"

    Menjadi single ketiga dari album Fever (2001), lagu ini bercerita tentang perasaan jatuh cinta pada pandangan pertama dalam balutan genre dance-pop yang terinfluens house music dan akan membuatmu jatuh cinta saat pertama mendengarnya. Vokal nasal Kylie yang khas terdengar begitu vibran dengan mood yang uplifting di sepanjang lagu ini. “Love at First Sight” juga sukses menjadi lagu pertama Kylie yang dinominasikan untuk Grammy Award di kategori Rekaman Dance Terbaik.


    2. "Come Into My World"

    Lagu ini adalah single keempat dan terakhir dari album Fever di mana Kylie memohon untuk orang yang disukainya untuk masuk ke dunianya. Lagunya sendiri masih di jalur genre dance pop dengan elemen disko yang menjadi tema utama di album Fever, namun yang membuat lagu ini spesial adalah video musiknya yang disutradarai oleh Michel Gondry, sutradara Prancis yang membuat film Eternal Sunshine of the Spotless Mind. Videonya menampilkan Kylie berjalan kaki di sebuah jalan di Paris dengan berbagai interaksi di sekitarnya, namun uniknya, video ini akan kembali ke titik yang sama namun sosok Kylie dan orang-orang yang ia temui akan bertambah setiap kalinya sehingga situasinya makin ramai dan chaos. Konsepnya mungkin terdengar sederhana namun eksekusinya yang melibatkan 50 ekstra dan butuh 15 hari untuk disunting secara digital berhasil membuatnya menjadi salah satu video musik paling kreatif dan memorable. Kesuksesan lagu ini juga diganjar oleh Piala Grammy tahun 2004 sebagai Rekaman Dance Terbaik dan menjadi satu-satunya Piala Grammy yang diraih Kylie Minogue sejauh ini.


    1. "Can’t Get You Out of My Head"

    Bicara tentang Kylie Minogue tak akan bisa dipisahkan dari lagu paling populernya ini yang merupakan single utama dari album Fever di 2001 yang melejitkan popularitas Kylie di tingkat global. Dari detik pertama saja, lagu yang kental dengan genre disko ini bakal bikin siapa pun ingin bergoyang, ikut menyanyikan bagian “la la la” yang memang sengaja dibikin repetitif dan membuat lagu ini memang susah keluar dari kepala setelah didengarkan. Meskipun sudah berusia 19 tahun, lagu ini masih populer dibawakan di berbagai party hits Jakarta saat ini seperti di acara Videostarr dan Oomleo Berkaraoke. Namun, siap sangka kalau sebetulnya lagu ini tidak dibuat untuk Kylie? Lagu ini sempat ditolak oleh S Club 7 dan Sophie Ellis-Bextor sebelum akhirnya jatuh ke pangkuan Kylie. Well, mungkin sudah takdir ya, karena di tangan Kylie, lagu ini dan video musiknya yang menampilkan Kylie menari di latar futuristis dengan mengenakan jumpsuit putih lengkap dengan hoodie menjadi salah satu karya pop paling ikonik sepanjang masa.


    (Alex.K/Image: @kylieminogue)