Lifestyle

Hindari 7 Makanan Ini Pada Malam Hari Bila Mau Tidur Nyenyak

  by: Kezia Calesta       28/5/2020
  • Sering mengalami kesulitan tidur? Ternyata, apa yang kamu makan pada malam hari dapat berkontribusi ke kualitas tidurmu. Untuk menghindari insomnia, sebaiknya hindari konsumsi 7 makanan ini pada malam hari agar tidurmu lebih nyenyak.




    1. Sereal bergula

    Pernah malas memasak makan malam sehingga kamu memilih untuk melahap sereal favorit saja? Sereal jenis ini memiliki kandungan gula yang tinggi, juga karbohidrat harus dicerna tubuh – maka kualitas tidur yang kamu dapat pada malam tersebut akan berkurang. Daripada menyantap sereal manis, pilihlah whole-grain cereal yang lebih sehat dan diperkaya oleh serat agar tubuhmu dapat mencernanya dengan lebih baik.



    2. Bawang putih

    Yes, tentu kamu tahu bahwa bawang putih dapat menyebabkan bau mulut. Namun selain itu, bawang putih mengandung properti yang dapat menyebabkan maag atau penyakit asam lambung untuk kamu yang memiliki perut sensitif. So, watch your intake of garlic at night!


    3. Es krim

    Es krim memang merupakan hidangan penutup yang sempurna, namun ingat untuk membatasi konsumsi kamu pada malam hari. Why? Es krim mengandung banyak gula, maka bila kamu tidak banyak beraktivitas untuk membakar kalori, semua kandungan gula dalam es krim tersebut akan disimpan oleh tubuh dan berubah menjadi lemak. Ditambah lagi, berbagai riset telah membuktikan bahwa mengonsumsi makanan bergula sebelum tidur dapat menyebabkan mimpi buruk. Too bad.



    4. Daging merah

    Menikmati steak untuk makan malam memang nikmat, namun masalahnya, daging merah kaya akan protein dan lemak yang cukup sulit dicerna oleh tubuh. Maka dari itu, tubuhmu harus bekerja semalaman untuk mencerna daging dan kualitas tidur pun tidak akan maksimal.




    5. Alkohol

    Meskipun alkohol dapat membuatmu mengantuk, kebiasaan meminum wine atau jenis liquor lainnya sebelum tidur dapat menyebabkan kualitas tidur yang lebih buruk. Ditambah lagi, meminum banyak alkohol dapat mengganggu sistem imun tubuh dan menyebabkan kamu untuk bangun di tengah malam... dan sulit bangun pada pagi hari!



    6. Dark chocolate

    Meskipun dapat memberikan manfaat untuk tubuh, dark chocolate kurang cocok dikonsumsi pada malam hari. Cokelat ini mengandung kafein dan amino acid yang bisa membangunkan tubuh, juga mengandung energi. Maka dari itu, lebih baik nikmati dark chocolate pada siang hari saat kamu masih beraktivitas.


    7. Pizza

    We’re so sorry, because we love pizza too! Namun ternyata, pizza yang asin dan berminyak cukup sulit untuk dicerna dan akan menyebabkan tubuh untuk bekerja dengan lebih keras pada malam hari. Selain itu, pizza juga mengandung saus tomat yang memiliki tingkat keasaman tinggi, juga daging berlemak dan keju yang dapat menyebabkan maag. So… maybe have it for lunch instead?



    (Image: via Freepik)