Beauty

7 Produk Skincare Probiotik yang Mampu Melembapkan Kulit

  by: Shamira Priyanka Natanagara       28/5/2020
  • Jika pada tahun lalu centella asiatica sempat mendominasi dunia skincare, tampaknya tahun ini ada bahan kandungan lain yang akan menjadi tren: probiotik. Ketika berbincang-bincang dengan Cosmo dalam sesi Instagram Live, YouTuber Sunny Dahye mengatakan bahwa probiotik akan menjadi salah satu bahan kandungan yang paling diincar para pegiat skincare tahun ini, dan sejumlah brand telah merilis rangkaian produk yang diperkaya dengan probiotik. Namun sebelum kita mengintip deretan produk yang mengandung probiotik dan bersiap-siap untuk mengikuti tren, mari kita pelajari serba-serbi probiotik terlebih dahulu. 


    Apa itu probiotik?

    Pada dasarnya, probiotik adalah mikroorganisme yang hidup di sistem pencernaan manusia, biasanya berupa bakteri atau jamur. Namun probiotik bukanlah tipe bakteri atau jamur yang menyerang tubuh—justru probiotik membantu melindungi dan menjaga kesehatan penceraan, itulah sebabnya probiotik kerap disebut sebagai 'bakteri baik'. Probiotik sendiri terdiri dari berbagai macam, salah satunya lactobacillus, yang bisa digunakan sebagai bahan kandungan skincare.




    Apa manfaat probiotik untuk skincare?

    Probiotik bisa digunakan sebagai bahan kandungan skincare karena manfaatnya yang cukup beragam untuk perawatan kulit, di antaranya mampu menjaga kelembapan kulit, bersifat anti-aging, mampu menenangkan kulit meradang, dan bagus untuk mencerahkan kulit. Menurut pendiri Aurelia Probiotic Skincare Claire Vero (disadur dari Elle UK), probiotik mampu menyeimbangkan kondisi kulit dan sistem kekebalan tubuh saat diaplikasikan langsung pada kulit.

    Kedengarannya menarik, kan? Sekarang, mari kita lihat pilihan produk skincare dengan kandungan probiotik berikut ini:


    Mamonde First Energy Serum


    Serum wajah dari merek kecantikan Korea Selatan Mamonde ini mengandung flower aged vinegar, yakni hasil fermentasi bunga yang kaya akan antioksidan, serta lactobacillus dari fermentasi bunga honeysuckle. Serum ini telah dirancang agar dapat menghidrasi kulit kering secara maksimal, dan bagus untuk mengencangkan kulit wajah, sehingga mengurangi adanya garis-garis halus dan keriput.

    Where to buy? Shopee

    Harga: Rp632.100,-.


    SK-II Facial Treatment Mask


    Jika kamu belum tahu, produk SK-II yang satu ini diperkaya dengan kandungan Pitera™, sebuah hasil fermentasi ragi yang kaya akan multivitamin, mineral, asam amino, dan protein. Facial Treatment Mask sendiri berfungsi untuk mencerahkan, melembapkan, dan menutrisi kulit wajah. Bahan lembaran sheet mask-nya pun nyaman, cocok untuk sesi memanjakan diri di rumah. 

    Where to buy? Mapemall

    Harga: Rp1.180.000,-. (enam sheet mask)


    Innisfree Derma Formula Green Tea Probiotics Cream


    Yup, merek K-beauty yang satu ini pun telah menghadirkan produk skincare dengan kandungan probiotik! Krim wajah dari Innisfree ini bermanfaat untuk melembapkan kulit, serta bagus untuk memperbaiki kondisi lapisan kulit yang terkena dampak buruk berbagai faktor, seperti polusi udara dan sinar matahari. Selain mengandung probiotik tipe lactobacillus ferment lysate dari green tea untuk menenangkan kulit meradang, produk ini juga mengandung ceramide dan ekstrak green tea seed yang bagus untuk melembapkan kulit wajah. 

    Where to buy? Althea Korea Indonesia

    Harga: Rp264.000,-.


    Joylab Skin’o’tic Moisture Gel




    Eits, merek kecantikan lokal pun tak kalah menarik, girls! Joylab telah menghadirkan rangkaian produk probiotik yang terdiri dari dua produk, salah satunya Skin’o’tic Moisture Gel. Berkat tekstur gel-nya yang lembut, ringan, dan ramah pada kulit wajah, produk ini nyaman untuk digunakan sehari-hari. Dan soal formula, produk ini juga dilengkapi dengan kandungan lactobacillus ferment lysate dan ekstrak buah bergamot yang bersifat anti-aging. Plus, ada pula kombinasi sodium hyaluronate dan hydrolyzed hyaluronic acid yang mampu mengunci kelembapan kulit. This gel will make your skin soft and glowing!

    Where to buy? Sociolla

    Harga: Rp250.000,-.


    Cosrx Galactomyces 95 Tone Balancing Essence


    Sedang mencari produk essence yang mampu melawan tanda-tanda penuaan dini? Nah, kamu patut mencoba Galactomyces 95 Tone Balancing Essence dari Cosrx. Bisa ditebak dari namanya bahwa essence ini mengandung galactomyces, yakni hasil dari fermentasi jamur. Bahan tersebut bermanfaat untuk meratakan warna kulit, mengurangi munculnya garis-garis halus, serta melembutkan dan mengencangkan kulit. Essence ini juga mengandung niacinamide yang ramah pada pori-pori dan bisa mencerahkan kulit, lho!

    Where to buy? Sociolla

    Harga: Rp280.000,-.


    Blithe Crystal Iceplant Pressed Serum 


    Jika kebanyakan serum wajah berupa cairan, serum wajah ini berupa krim. Blithe Crystal Iceplant Pressed Serum berfungsi untuk melembapkan kulit. Bahan kandungan utamanya, tumbuhan crystal iceplant, dikenal memiliki sel kandung kemih yang berisi air, mineral, dan nutrisi, sehingga mampu mengatasi masalah kulit kering dan menenangkan kulit meradang.

    Where to buy? C&F

    Harga: Rp740.000,-.


    Missha Time Revolution Night Repair Probio Ampoule


    Dirancang untuk penggunaan pada malam hari, ampoule dari Missha ini adalah produk anti-aging yang memanfaatkan khasiat 10 tipe probiotik, di antaranya lactobacillus, lactococcus, dan bifida ferment lysate. Selain dapat membantu menghindari tanda-tanda penuaan dini, ampoule ini juga bisa mencerahkan, melembapkan, dan mengencangkan kulit wajah. Terutama jika kulitmu lelah dan kusam akibat kurang istirahat, this product is definitely for you!

    Where to buy? iLotte

    Harga: Rp859.000,-.


    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: S. Dewantara / Images: Dok. Mamonde, Mapemall, Althea Korea Indonesia, Sociolla, Missha)