Beauty

Ini Cara Bersihkan Kuas Makeup Agar Terlihat Seperti Baru!

  by: Astriana Gemiati       31/5/2020
    • Kuas makeup kamu sudah tampak kotor dan butuh dibersihkan?
    • Coba cari tahu bagaimana cara membersihkan kuas makeup kamu dengan baik dan benar.
    • Dan, beberapa YouTuber kecantikan juga akan memberikan tips dan trik untuk bisa kamu coba.


    Girls, satu-satunya tugas yang lebih menakutkan daripada mencuci wajah untuk mengangkat sisa-sisa kotoran riasan kamu adalah membersihkan kuas makeup. Benar, tidak? Sebenarnya ini pekerjaan mudah, namun terkadang menundanya hingga akhir pekan, bulan, hingga bahkan setahun (mungkin) tanpa mencucinya (euuwwh…). Inilah masalahnya: Bukan hanya kuas yang tidak dicuci akan mengandung bakteri, namun bisa terjadi penumpukan yang konstan hingga menyebabkan bulu dapat mudah rusak seiringnya waktu. Kamu ingin mengalami jerawat dan menghancurkan kuas? No, thanks! Lalu, menempatkannya semua kuas kamu ke dalam gelas penuh air dan mendiamkannya sehari, sayangnya, ini tidak akan bantu menyelesaikan masalah yang kamu hadapi! Ya, cara terbaik adalah mendisinfeksi produk dan alat rias kamu.




    Jadi, ambil makeup pouch kamu dan ikuti saran Cosmo di bawah ini tentang bagaimana cara membersihkan kuas makeup dengan benar.


    Bisakah kuas makeup yang kotor dapat menyebabkan jerawat?

    Kuas makeup tidak hanya kotor dengan penumpukan produk, namun mereka juga terkenal dengan mudah mengumpulkan bakteri yang dapat, ya, menyebabkan jerawat atau bahkan lebih buruk. Dengan kata lain, para ahli makeup dan kulit menyarankan agar kamu segera mencuci kuas rias kamu segera setelah selesai menggunakan demi kesehatan kamu sendiri. Dan, tentunya mereka pun akan melakukannya hal yang sama ketika kamu menggunakan jasa mereka.


    Seberapa sering saya harus mencuci kuas makeup?

    Seberapa sering kamu perlu membersihkan bulu kuas tergantung pada seberapa sering kamu menggunakan kuas tersebut. Beberapa ahli menyarankan untuk membersihkannya beberapa kali sebulan, sedangkan American Academy of Dermtology merekomendasikan untuk mencuci setiap tujuh hingga 10 hari – bagaimanapun, kemungkinan itu jauh lebih sering daripada yang biasa kamu lakukan. Namun, jangan panik dengan kombinasi trik-trik mudah atau produk-produk genius yang ditawarkan dari para bran, karena para pemalas yang malas pun dapat mencuci alat mereka dengan mudah.


    Dengan apa saya harus membersihkan kuas makeup?

    Langkah pertama dalam mencuci kuas kamu adalah memilih pembersih yang tidak akan menghancurkannya (alias tidak mengandung deterjen keras). Banyak merek yang menjual produk yang dirancang khusus untuk membersihkan kuas makeup, namun kamu juga dapat menggunakan sabun lembut, sampo bayi, atau pembersih wajah yang lembut.


    But wait! Sabun bukan satu-satunya yang kamu butuhkan. Kamu juga perlu mengumpulkan beberapa persediaan untuk membantu proses menggosok dan mengeringkan proses pembersihan. Meskipun tangan kamu akan bekerja dengan baik, kamu juga membutuhkan tempat pembersih atau permukaan bertekstur lain yang membantu menghilangkan riasan membandel agar lebih cepat terangkat. Tujuan saat mengeringkan kuas kamu adalah untuk mencegah air merembes dan melonggarkan bulu-bulu. Jadi, pada saat mengeringkan, biarkan posisi kuas kamu dalam keadaan miring dengan bulu mengarah ke bawah atau kamu juga bisa gunakan rak pengeringan.


    Bagaimana makeup artist membersihkan kuas mereka?

    Inilah yang tidak ingin kamu lakukan: Isi wastafel dan biarkan kuas meresap, serta menanganinya semua. Air tidak hanya dapat membengkokkan kayu dari waktu ke waktu, namun juga mampu merembes ke dasar bulu dan bisa melonggarkan lem. Kamu tahu betapa menyebalkannya ketika baru saja menyempurnakan aplikasi foundation, kamu malah mendapati bulu yang longgar dan menempel pada kulit wajah. Jika kamu merendam kuas, ini sama saja akan berakhir dengan selusin bulu longgar di pipi kamu.


    Makeup artist dapat menjaga integritas kuas rias mereka selama bertahun-tahun dengan membersihkan alat mereka secara teratur dan juga dengan sangat hati-hati. Seperti yang ditunjukkan oleh seorang makeup artist dalam video YouTube berikut ini. Tuangkan sedikit sabun ke kedua tangan, gunakan tikar pembersih, atau permukaan lainnya, lalu putar perlahan kuas basah ke dalam pembersih, bilas dan celupkan kembali hingga bulu benar-benar bersih.




    Apakah ada home remedy yang bisa saya gunakan untuk membersihkan kuas makeup?

    Membersihkan kuas makeup walaupun menghabiskan waktu dan melelahkan, cukup mudah untuk melakukan DIY, bahkan bagi kita para makeup artist non-profesional. Jika kamu tidak memiliki pembersih kuas yang diformulasikan secara khusus, cobalah tiru YouTuber kecantikan, Nicole Guerrero. Campurkan sedikit olive oil dengan sabun untuk mengondisikan kuas kamu dan jaga agar tidak mengering atau terasa seperti “sedotan”. Pastikan untuk membilas minyak dan sabun sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.





    Jika kamu menemukan bahwa makeup kamu benar-benar berlapis atau tersangkut di bagian tengah bulu kuas yang sulit dijangkau, jangan menggosoknya; ini akan bisa merusak bentuk kuas. Sebagai gantinya. Cobalah trik YouTuber ini dengan menggunakan sisir untuk menyisir bulu hingga bisa menjangkau membersihkannya lebih dalam.



    Jika kamu memerhatikan bahwa semua pembasahan, penggosokan, dan pemerasan telah mengubah bentuk bulu kuas, kamu harus segera membentuknya kembali sebelum membuatnya kering. Gunakan telapak tangan dan jari-jari kamu untuk membentuk bulu kuas yang basah kembali ke bentuk aslinya, atau coba trik kecil ini: gunakan pelindung jala khusus kuas, yang bekerja memungkinkan aliran udara sambil tetap mencegah bulu-bulu kering semua keluar dari jalurnya, melebar, dan rusak.



    Jika kamu tidak memiliki rak pengering, lipat satu ujung handuk kamu beberapa kalli untuk membuat sedikit miring, kemudian letakkan kuas di atas handuk dengan pegangan di atas tepi yang dilipat sehingga air habis dan turun ke bawah, bukannya masuk dan naik ke arah lem. Tunggu hingga beberapa jam sampai kering, atau kamu bisa membiarkan kuas kamu semalaman.



    Setelah benar-benar kering, gerakkan bulu kuas di atas tangan kamu untuk melonggarkan bentuk dengan lembut sampai kuat kamu terlihat baru. See? Tidak terlalu sulit, kan?



    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com  / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati Image:  lightfieldstudios ©123RF.com )