Better You

6 Langkah Aman Mencukur Bulu Rambut di Area Miss V

  by: Kezia Calesta       29/5/2020
  • Kapan terakhir kalinya kamu berkunjung ke waxing parlour favorit untuk membersihkan area Miss V? Jika kamu mengikuti peraturan PSBB dan bekerja dari rumah, Cosmo menebak… lebih dari 10 minggu yang lalu? Bila kamu ingin mencukur bulu di area Miss V alias rambut kemaluan, berikut 6 langkah dari Cosmo agar kamu bisa merapikannya dengan aman dan nyaman di rumah.




    1. Gunting sebelum mencukur

    Sebelum memulai proses cukur, ingat untuk memotong bulu kemaluan kamu menggunakan gunting dahulu. Rambut kemaluan yang terlalu panjang akan cepat menghambat mata pisau dan membuat mencukur lebih sulit! So, gunakan gunting kecil atau manicure scissors yang tidak terpakai terlebih dahulu.


    2. Perhatikan pisau cukur yang digunakan

    Saat memilih pisau cukur untuk area sensitif, perhatikan jumlah mata pisau alias blades dalam alat tersebut. Untuk Miss V, less is more – pilihlah alat dengan 3-5 mata pisau saja untuk mencegah iritasi kulit. Selain itu, jangan lupa memastikan bahwa pisau cukur kamu masih tajam – pisau yang tumpul hanya akan menyusahkan proses bercukur dan menyebabkan hasil potongan yang kasar.


    3. Gunakan krim cukur

    Kulitmu membutuhkan “pelindung” yang bisa mencegah iritasi, maka gunakan shaving cream atau shaving foam agar mencukur bulu rambut menjadi lebih nyaman. Namun sebelum membeli produk krim cukur, pastikan bahwa krim tersebut tidak mengandung pewangi ataupun bahan kimia yang bisa menyebabkan iritasi.




    4. Cukur setelah mandi

    Bila kamu ingin mencukur dalam shower sembari mandi, lakukan di bagian akhir setelah kamu keramas dan membilas tubuh dengan sabun. Why? Uap panas dan air akan melembutkan kulit dan rambut, maka aktivitas mencukur akan menjadi jauh lebih mudah.


    5. Praktikkan teknik cukur yang benar

    Mencukur area di sekitar Miss V memang lebih menantang, karena kulit di area tersebut tidak kencang, namun bulu rambut cenderung lebih tebal dan kasar ketimbang bulu di area kaki. That’s why you need a sharp razor! Tarik kulit Miss V dengan satu tangan, lalu cukurlah bulu kemaluan sesuai dengan arah pertumbuhan rambut… dan kalau bisa, jangan mengulang-ulang di area yang sama. Kemudian, bilas pisau cukur setiap 2-3 gerakan.

    Ingin mencukur area labia dengan rapi? Ingat untuk berhati-hati di area ini agar area tersebut tidak terpotong oleh pisau! Jika memungkinkan, tempatkan salah satu kakimu diatas sebuah kursi untuk memberikan akses yang lebih mudah.


    6. Rawat area Miss V usai sesi cukur

    Sudah mencukur area Miss V dengan bersih? Congrats! Nah, jangan lupa untuk merawat kulit di area tersebut – gunakan sedikit moisturizer setelah 24 jam untuk menjaga kelembapan. Setelah tiga hari, aplikasikan scrub secara lembut untuk mengeksfoliasi kulit mati dan mencegah ingrown hair.


    (Image: doc. Freepik.com)