Lifestyle

9 Rekomendasi Podcast Lokal Terbaru Wajib Dengar di Spotify

  by: Alexander Kusumapradja       29/5/2020
    • Spotify menggandeng 9 kanal podcast lokal dari beragam genre dan topik sebagai Podcast Eksklusif di Indonesia.
    • Indonesia memiliki jumlah pendengar podcast di Spotify terbanyak di Asia Tenggara dengan lebih dari 20% pengguna di Indonesia mendengarkan podcast setiap bulannya.


    Setelah demam YouTubers dan menonton Instagram Story atau Live, kini mendengarkan podcast menjadi salah satu kegiatan hiburan baru yang makin populer di Indonesia. Alasannya macam-macam. Beberapa orang mungkin bosan menonton video dan lebih menyukai proses mendengarkan podcast karena lebih menenangkan buat mereka atau bisa dilakukan sembari mengerjakan hal yang lain. Beberapa orang juga menganggap mendengarkan podcast lebih membangun theater of mind yang seru dibanding tinggal menikmati sajian visual.



    Namun, rasanya alasan utama podcast kian populer belakangan ini adalah topik dan content creator-nya yang juga kian beragam. Topik-topik seperti cerita horor, sastra, pengalaman hidup, diskusi ringan, hingga candaan humor yang mengundang gelak tawa adalah beberapa topik podcast paling populer dan dicari di Indonesia

    Pelan-pelan ekosistem podcast di Indonesia pun terus terbangun di berbagai platform audio-streaming yang ada, tak terkecuali di Spotify. Menurut Spotify, Indonesia memiliki jumlah pendengar podcast di Spotify terbanyak di Asia Tenggara dengan lebih dari 20% pengguna di Indonesia mendengarkan podcast setiap bulannya. Jumlah tersebut lebih tinggi dari persentase rata-rata global dan saat ini ada lebih dari satu juta judul podcast di platform tersebut.

    Dari angka yang masif tersebut, bagaimana kita memilih podcast yang seru untuk didengarkan ya? Well, worry no more, Spotify pun merekomendasikan 10 podcast lokal dari beragam topik yang bisa menjadi pilihan kita. Apa saja? Kita lihat (dan dengar) satu per satu yuk!


    1. BKR Brothers

    Kalau kamu termasuk pendengar setia stasiun radio di bawah naungan MRA Group seperti Trax FM dan Hard Rock FM, kamu mungkin sudah tak asing mendengar nama Bobby Mandela, Molen Kasetra, dan Ryo Wicaksono yang memang berangkat dari industri radio sebelum membuat podcast mereka sendiri dengan nama BKR Brothers ini. Ketiga sahabat ini memilih tema obrolan ringan tentang gaya hidup kaum urban dari kacamata mereka sebagai lelaki yang lugas dan apa adanya, karena itu mereka dengan jelas mengusung peringatan kalau konten mereka lebih bijak dinikmati oleh mereka yang telah berumur di atas 21 tahun. Wah, jadi makin penasaran kan? Selain diskusi di antara mereka bertiga, tak jarang mereka juga mengundang bintang tamu mulai dari Manohara Odelia, Danilla Riyadi, Ardhito Pramono, dan Zack Lee. Lumayan nih biar jadi bocoran untuk tahu isi kepala pria urban saat ini, right ladies?


    2. Makna Talks

    Dipandu oleh Iyas Lawrence yang juga dikenal sebagai selebgram, Makna Talks menawarkan obrolan santai dengan berbagai sosok populer saat ini tentang topik yang sedang hangat dibicarakan. Beberapa bintang tamu yang pernah diwawancarai di podcast ini adalah Reza Chandika, Dian Sastrowardoyo, Baskara Putra, hingga Sandiaga Uno yang disajikan dengan ringan namun tetap penuh makna.


    3. DESTAnya Siapa?

    Sosok Deddy “Desta” Mahendra tentu tak asing lagi karena berbagai kegiatannya di industri kreatif. Dari mulai menjadi personel band Club Eighties, pembawa acara, pemain film, dan penyiar radio semua pernah dicicipi oleh pria ceriwis ini. Di podcast miliknya ini, kita bisa mengharapkan obrolan ringan penuh celetukan iseng khas Desta dengan beragam bintang tamu seru setiap minggunya.


    4. Podcast DariTadi Yu Ya Yukk

    Kalau Cosmo babes ingin tahu kehidupan pasangan suami-istri muda, podcast ini bisa jadi pilihan yang pas karena memang dipandu oleh dua pasang suami-istri generasi milenial yaitu Ditto Percussion dan Ayudia C., serta Tarra Budiman dan Gya P. Sadiqah. Melalui podcast ini mereka berbagi obrolan ringan tetapi seru seputar pengalaman pribadi mereka dalam menjalani pernikahan, keluarga dan mengasuh anak, bahkan cerita soal masa remaja!




    5. Podcast Malam Kliwon

    Cosmo percaya, salah satu kunci paling penting dari podcast adalah vokal host yang membuat kita betah mendengarnya dan bisa terus fokus mendengarkan isi podcast sampai selesai. Untungnya, podcast bergenre horor ini dipandu oleh seorang voice over talent Bimo Kusumo yang suara renyahnya sudah sering kita dengar di berbagai iklan dan juga rekannya Ramadhanu di mana mereka berdua akan membawa pendengar ke berbagai cerita misteri kejadian nyata yang dijamin bikin bulu kuduk merinding. Kualitas vokal yang jago bikin kita terhanyut dalam theater of mind dan atmosfer seram yang bahkan dimulai dari lagu pembukanya sukses bikin podcast ini jadi salah satu podcast lokal tentang horor yang patut kamu dengar.


    6. Rintik Sedu

    Untuk penggemar cerita mellow yang dibungkus dengan kalimat-kalimat puitis nan melankolis, podcast ini termasuk rekomendasi karena dipandu oleh penulis asal Jakarta, Nadhifa Allya Tsana yang membawa kecintaannya pada kata-kata ke dalam bentuk audio. Podcast yang ia namakan sesuai nama penanya ini ia ibaratkan sebagai teman bagi pendengar yang mencari pelipur lara dalam kisah cinta dan patah hati.


    7. Teman Tidur

    Bila salah satu alasanmu mendengarkan podcast adalah untuk menjadi teman pengantar tidur, podcast besutan Dera Firmansyah ini punya segudang cerita menarik yang bisa menemani kita memejamkan mata. Awal mula ide podcast ini cukup unik karena berawal dari kegelisahan Dera sendiri yang punya masalah insomnia dan perasaan kesepian setiap malam. Ia mengakali masalah tersebut dengan membuat kegiatan produktif lewat podcast ini yang mengajak pedengar untuk relaks sekaligus berefleksi tentang diri dan hidup.


    8. KinosGina

    Kalau pasangan selebriti lainnya biasanya bikin vlog di YouTube, pasangan Nycta Gina dan Kinos yang keduanya populer sebagai pembawa acara di televisi dan radio justru menyalurkan ekspresi mereka dalam format podcast. Di podcast ini, pasangan muda tersebut bicara tentang berbagai topik menghibur dan relevan dengan banyak orang.


    9. Thirty Days of Lunch

    Dipandu oleh dynamic duo Ario Pratomo dan Fellexandro Ruby, podcast ini menyajikan topik-topik serius seperti pengembangan diri, bisnis, relationship, karier, hingga teknologi dengan cara yang ringan dan tak menggurui bersama para pembicara dari berbagai latar belakang seperti Gary Vee, Najwa Shihab, Willgoz, dan Ernest Prakasa yang pastinya bisa menambah wawasan kita.


    (Alex.K/Image: Kate Oseen on Unsplash)