Better You

6 Kelas Online Gratis yang Bisa Kamu Ikuti Selama PSBB

  by: Alvin Yoga       30/5/2020
    • Kamu tetap bisa menambah skill di tengah PSBB dengan mengikuti kelas online.
    • Beberapa kelas online yang dibuat oleh LinkedIn dan Coursera gratis untuk kamu ikuti.


    Banyak dari kita yang berusaha mengusir kejenuhan di tengah self-quarantine dan social distancing ini dengan mencoba memasak, menjajal gaya makeup baru, sampai mengikuti tren TikTok. Tak salah, namun di samping hal tersebut, tahukah bahwa kamu bisa menambah skill selama PSBB ini dengan mengikuti kelas online gratis?

    Oke, oke, Cosmo mengerti jika mungkin kamu merasa malas mendengar kata "kelas online", dan mungkin kamu memutar mata pada Cosmo karena yang kamu butuhkan sekarang adalah liburan di pantai. Tak masalah, namun kalau kamu sudah kehabisan ide untuk menghabiskan waktu luangmu nanti, berikut ini ada beberapa saran mengenai kelas online seru dan GRATIS yang bisa kamu ikuti. You're welcome.




    1. Kelas Fotografi


    Kelas 'Photography Basics and Beyond: From Smartphone to DSLR Specialisation' ini dibuat oleh Michigan University dan Coursera. Kelas tersebut telah dirancang untuk membantumu lebih mudah mengerti prinsip-prinsip fotografi serta memberikan langkah-langkah untuk mengambil gambar secara brilian. Kelas ini juga akan menumbuhkan pengetahuanmu terhadap segala hal mulai dari kamera dan jenis-jenisnya serta komposisi foto yang baik.

    Durasi: 5 kelas


    2. Kelas Web Design


    Ingin mencoba membuat website sendiri? Atau ingin membuktikan sehebat apa dirimu dalam mendesain sebuah website? Ikuti kelas "Web Design & Development with Coding for Beginners" dari LinkedIn berikut. Kelas tersebut akan membekalimu hal-hal dasar dan penting yang kamu perlukan untuk menjadi seorang desainer website yang jenius.

    Durasi: Tiga jam 38 menit


    3. Kelas Wellbeing dan Mindfulness


    Cosmo sedang berusaha menyelesaikan kelas yang satu ini. Dirancang khusus oleh Yale University, kelas ini dipimpin oleh Laurie Santos, seorang profesor ternama yang akan memberimu langkah-langkah untuk meningkatkan rasa bahagia dan membantumu membangun kebiasaan yang lebih produktif. Kelas ini juga memberi pembekalan agar kamu bisa menyadari faktor-faktor yang memberikan dampak negatif dalam hidupmu, serta menjelaskan cara-cara untuk membangun kehidupan yang lebih bahagia. Bye anxiety, hello world!

    Durasi: kurang lebih 20 jam




    4. Kelas Animasi


    Kelas "Learning Adobe Animate CC: Animation" yang digagas oleh LinkedIn ini akan memberimu wawasan mengenai bagaimana cara menciptakan animasi dan membuat segala hal bergerak lewat Adobe. Video-video yang diberikan akan membantumu menambahkan tulisan, foto dan efek, serta menciptakan simbol dan membuat gerakan. Sounds fun!

    Durasi: dua jam 17 menit


    5. Kelas Musik


    Kalau kamu merasa kamu bisa menjadi the next Lizzo (maksudnya bermain suling) namun belum sempat mempelajari alat musik tersebut, mengikuti beberapa kelas dari Berklee College of Music mungkin bisa menjadi awal yang baik. Kelas yang satu ini dipimpin langsung oleh Stephen Webber, Director of Music Production, Technology and Innovation dari Berklee. Kelasnya akan dimulai dari bagaimana cara menulis sebuah lagu dan menjadi komposer musik profesional, hingga cara bermain gitar dengan apik. Psst, Stephen juga akan berbagi tips khusus untuk menjadi seorang music producer, lho!


    6. Kelas Psikologi Dasar


    Kelas terakhir yang juga tidak kalah menarik untuk diikuti adalah kelas psikologi. Untuk kamu yang tertarik untuk menjadi seorang terapis, atau ingin mempelajari pola berpikir manusia, kamu bisa mengikuti kelas online ini. Dirancang khusus oleh University of Toronto. kelas ini akan membantumu mengeksplor cognitive behavior dan perkembangan manusia, serta berbagai bentuk kesehatan mental yang penting untuk dipelajari di zaman modern. Sangat menarik, kan?

    Durasi: kurang lebih 26 jam


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com/uk / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / FT / Image: Dok. eaterscollective on Unsplash / domenicoloia on Unsplash / corinnekutz on Unsplash / brookelark on Unsplash / shttefan on Unsplash / hannahbusing on Unsplash / jblesly on Unsplash)