Beauty

Cosmo Tries: 7 Serum Niacinamide untuk Atasi Bekas Jerawat

  by: Shamira Priyanka Natanagara       30/5/2020
    • Niacinamide adalah salah satu jenis vitamin B3 yang dipercaya mampu menghilangkan luka bekas jerawat.
    • Cosmo telah mencoba beberapa serum wajah yang mengandung niacinamide untuk menghilangkan luka bekas jerawat. Ini review-nya!


    Jika kamu memiliki kulit tipe berminyak dan berjerawat seperti saya, pasti kamu rajin scrolling situs e-commerce untuk mencari produk terbaru yang diklaim dapat melawan jerawat—benar, kan? Terutama jika kamu mengalami jerawat hormonal, rasanya jerawat sulit untuk diatasi dan luka bekas jerawat tak akan pernah hilang. Sigh...

    Setelah mencoba berbagai produk skincare untuk mengurangi timbulnya jerawat dan menghilangkan luka bekas jerawat, saya menemukan satu bahan kandungan yang dapat membantu: niacinamide! Jenis vitamin B3 ini dapat ditemukan di sejumlah produk perawatan kulit berkat khasiatnya yang beragam, mulai dari mencerahkan kulit wajah, menenangkan kulit yang meradang, mengecilkan pori-pori, menyeimbangkan kadar minyak pada kulit, hingga menghilangkan luka bekas jerawat. Just what I need! 



    So, sejak mengetahui keberadaan bahan kandungan ini, saya selalu memilih serum wajah yang mengandung niacinamide sebagai perawatan topikal, terutama untuk mengurangi luka bekas jerawat yang sulit dilawan. Kalau kamu memiliki masalah kulit yang sama dan sedang mencari serum wajah yang tepat, berikut ini adalah deretan produk serum wajah dengan kandungan niacinamide yang telah saya coba, beserta kemampuannya untuk menghilangkan luka bekas jerawat berdasarkan pengalaman pribadi saya. 

    Catatan: Perlu diingat bahwa meskipun ada beberapa produk yang kurang efektif dalam melawan masalah kulit saya, belum tentu produk tersebut juga tidak cocok dengan kulitmu. Sekarang, selamat membaca review berikut ini!
     


    Avoskin Miraculous Refining Serum


    Kandungan niacinamide: 2%

    Pros: It’s exfoliating. Selain diperkaya dengan kandungan niacinamide yang mampu meratakan warna kulit dan mengecilkan pori-pori, serum yang satu ini pun mengandung 10% AHA dan 2% BHA, dua jenis asam yang dikenal efektif untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati. Bahkan setelah menggunakannya selama lima hari, kulit saya terasa lebih halus, cerah, dan kencang. Jadi kalau kamu memiliki luka bekas jerawat atau masalah kulit kusam, serum dari Avoskin ini bisa mengatasinya dengan efektif.

    Cons: Again, it’s exfoliating. Jika kamu memiliki kulit sensitif atau kulit kering, ada baiknya untuk menghindari BHA yang mampu menembus kulit ke lapisan kulit lebih dalam. Coba gunakan produk yang hanya mengandung AHA, asam yang mampu mengeksfoliasi lapisan permukaan kulit dan meningkatkan kelembapan kulit, jika ingin mengeksfoliasi kulit kering.


    Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum


    Kandungan niacinamide: 10%

    Pros: Moisturizing! Berkat kandungan ekstrak buah bit yang berfungsi untuk melembapkan kulit, serum ini tak hanya bisa mencerahkan kulit wajah saja, tapi juga dapat mengatasi masalah kulit kering. 

    Cons: Teksturnya yang cukup kental mungkin tidak cocok untuk semua orang. Dan meski berhasil meredakan kemerahan akibat jerawat pada kulit saya setelah penggunaan selama dua minggu, saya kira serum ini lebih efektif untuk melembapkan dan menjaga elastisitas kulit wajah daripada mencerahkan kulit.


    The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%


    Kandungan niacinamide: 10%

    Pros: Serum niacinamide yang satu ini mampu menghilangkan luka bekas jerawat pada kulit saya secara efektif, serta mengurangi kemerahan pada kulit saya. Plus, serum ini dapat menjaga kadar minyak di wajah dengan baik, sehingga aman untuk dipakai di pagi hari sebelum mengaplikasikan makeup. 

    Cons: Meski diklaim tidak mengandung silikon, teksturnya agak kental dan lengket, sehingga butuh waktu yang agak lama untuk menyerap pada kulit saya.


    Glossier Super Pure Niacinamide + Zinc Serum




    Kandungan niacinamide: 5%

    Pros: Berkat formulanya yang berbahan dasar air, serum ini terasa ringan dan cepat menyerap pada kulit. Serum ini juga bisa menghasilkan sensasi yang cukup dingin, membuat kulit terasa lebih segar dan tidak lengket.

    Cons: The price! Hahaha… Untuk botol yang berukuran 30ml, Super Pure dijual seharga USD28 atau sekitar Rp400.000,-. Mengingat ada beberapa opsi lain yang lebih mudah didapatkan di dalam negeri, dan juga dengan harga yang lebih terjangkau, saya rasa ini adalah sebuah kekurangan. 


    Luxcrime Aurora Serum: Acne Care


    Kandungan niacinamide: n/a

    Pros: Teksturnya yang ringan sehingga mudah menyerap ke dalam lapisan kulit, dan memberi efek cooling yang menyegarkan. Selain itu, formulanya pun cukup efektif untuk menenangkan kemerahan pada kulit akibat jerawat, dan mengurangi luka bekas jerawat. 

    Cons: Serum ini cukup efektif untuk menghilangkan luka bekas jerawat, tapi berdasarkan pengalaman saya, serum ini belum berhasil mengempiskan jerawat membandel—mungkin akan lebih baik jika dilengkapi dengan penggunaan spot treatment.


    Elsheskin Radiant Skin Serum


    Kandungan niacinamide: n/a

    Pros: Setelah menggunakan serum ini setiap malam selama satu minggu, luka bekas jerawat pada kulit wajah saya mulai menghilang. Perlu diingat bahwa serum ini mengandung citric acid yang dikenal bagus untuk mengekfoliasi sel-sel kulit mati.  

    Cons: Serum ini memiliki bau alkohol yang kuat, karena memang mengandung dua bahan kandungan yang memiliki alkohol, yaitu propylene glycol dan butylene glycol. Oleh karena itu, jika kulitmu sensitif terhadap alkohol, Cosmo sarankan untuk melakukan patch test terlebih dahulu untuk melihat bagaimana kulitmu bereaksi terhadap formula produk ini.


    Raiku Brightening Serum


    Kandungan niacinamide: n/a

    Pros: Kemasannya yang ramping dan terbuat dari plastik praktis untuk dibawa bepergian, dan serum ini juga memiliki aplikator berbentuk tube yang cukup higienis. Serum ini pun berhasil membuat wajah saya terasa lebih lembap dan tampak lebih cerah, kemungkinan karena memiliki sejumlah bahan kandungan yang brightening, seperti ekstrak beras dan safflower.

    Cons: Meski mampu mengatasi kulit wajah kusam, butuh waktu yang cukup lama untuk menghilangkan luka bekas jerawat (lebih dari dua minggu). 


    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dyah Puspasari / Images: Dok. Avoskin, Somethinc, The Ordinary, Glossier, Luxcrime, Elsheskin, Raiku)