Beauty

Kata Ahli, Berhenti Mandi Air Panas Bisa Mengurangi Jerawat

  by: Shamira Priyanka Natanagara       30/5/2020
  • Ada lebih banyak hal informatif di Reddit dari sekadar fan theories soal Game of Thronesbahkan Cosmo telah menemukan beragam tips melawan kesepian di masa pandemi virus corona di situs tersebut. Dan tampaknya Reddit pun memiliki komunitas pegiat skincare yang cukup aktif.

    Mulai dari membagikan rekomendasi moisturizer dengan harga terjangkau, hingga membahas masker wajah terbaik untuk kulit berjerawat, subreddit r/SkincareAddiction berisi beragam informasi mengenai pengalaman orang-orang dengan bermacam-macam produk dan tips skincare

    So, ketika Cosmo melihat seorang pengguna Reddit mengatakan bahwa ia berhasil menghilangkan jerawat dengan berhenti mandi menggunakan air panas, Cosmo langsung tertarik.



    Pengguna Reddit yang memiliki username u/CantHugEveryKitten (nama yang lucu, BTW), menulis:

    "Kulit punggung saya selalu sangat gatal dan kering, dan saya tahu penyebabnya adalah mandi air panas yang saya lakukan. Namun saya selalu berhati-hati agar tidak membasuh wajah menggunakan air panas."

    "So, saya memutuskan untuk menghentikan kebiasaan tersebut, dan menantang diri saya untuk mandi menggunakan air bersuhu normal selama dua minggu. Sekarang sudah hari ke-10, dan tiba-tiba tidak memiliki jerawat pada wajah. Saya kaget, dan merasa sangat bodoh. Kemungkinan saya bisa menyelamatkan kulit saya selama beberapa tahun terakhir."

    "Sebelumnya saya harus langsung mengoleskan moisturizer pada wajah setelah mandi, [jika tidak] kulit saya akan terasa kencang dan tidak nyaman (mungkin saya seharusnya menyadari tanda yang diberikan tubuh saya ini. Pada dasarnya kulit saya berteriak pada saya untuk tidak merebusnya)."

    "Sekarang, kulit saya terasa lembut. Plus, kulit punggung saya juga telah merasakan manfaatnya. Saya senang."

    Nah, kedengarannya menarik, bukan? Namun apakan sesuatu yang mudah seperti mengubah suhu air mandi memiliki pengaruh yang besar terhadap kondisi kulit? Untuk mengetahui jawabannya, Cosmo meminta pendapat Linda Blahr, Head of Science & Education merek perawatan kulit SkinCeuticals.



    "Air panas meningkatkan sirkulasi micro kulit dan mengaktifkan kelenjar minyak kita, membuat pori-pori terbuka dan produksi sebum yang berlebihan," jelasnya. Dan kita semua tahu apa yang bisa dihasilkan oleh produksi sebum berlebih. Yup, bintik-bintik pada kulit.

    Bersama dengan sejumlah faktor lainnya, termasuk hormon, diet, dan stres, mandi air panas bisa menghasilkan bintik-bintik pada kulit, tapi ini bukanlah satu-satunya alasan untuk mengubah suhu air mandimu, menurut Linda.

    "Jika kulitmu sensitif ini juga bisa menyebabkan dehidrasi dan iritasi. Dermatolog merekomendasikan untuk mandi dengan suhu air 41 derajat celcius. Penting untuk mengamati jika kulit menjadi merah karena ini bisa jadi sebuah tanda bahwa suhu tersebut masih terlalu tinggi."

    Selain menurunkan suhu air, Linda menyarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang mengandung kombinasi AHA dan BHA yang cukup ringan untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, seperti Blemish + Age Cleanser dari SkinCeuticals. Dan selalu ingat untuk tidak melewatkan pemakaian body lotion yang bebas parfum karena formulanya bisa mengembalikan kelembapan kulit setelah mandi dan menghindari terjadinya dehidrasi. No excuses, okay? 


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Gustavo Linhares on Pexels)