Beauty

4 Penyebab Jerawat Muncul Di Sekitar Mulut

  by: Fariza Rahmadinna       3/5/2021
  • Kamu pasti tahu bahwa penyumbatan kotoran, minyak, dan residu negatif pada pori-pori kulit adalah penyebab munculnya jerawat. Akan tetapi, penyebab jerawat juga dapat kamu ketahui berdasarkan letaknya—termasuk masalah jerawat yang saat ini sedang mengganggumu di sekitar mulut.


    Jika muncul jerawat di jawline, bisa jadi itu disebabkan karena perubahan hormonal. Jika muncul jerawat di sepanjang hairline, bisa jadi itu disebabkan karena penggunaan produk rambut yang berlebihan. Atau jika muncul jerawat di pipi, bisa jadi itu disebabkan karena bakteri penyebab jerawat atau kotoran yang berpindah saat menyentuh kulit wajah, dari ponsel kotor atau tangan kotor ke pipi. Lantas, apa penyebab jerawat muncul di sekitar mulut? Untuk tahu jawabannya, read on girls!




    Adanya Perubahan Hormon



    Dikutip dari laman Skincare, jika jerawat di sekitar mulut muncul seminggu sebelum atau selama menstruasi, kemungkinan itu adalah jerawat yang disebabkan karena adanya perubahan hormon. Lebih lanjut, menurut sebuah penelitian tahun 2011, sebagian besar jerawat umumnya disebabkan oleh perubahan hormon androgen, yang diketahui dapat meningkatkan produksi minyak oleh kelenjar sebaceous.


    Your Diet!


    Dr. Bhanusali, seorang konsultan dan dokter kulit, menjelaskan bahwa jerawat di sekitar mulut dapat berkorelasi dengan diet kamu. Sisa dari makanan asam (seperti lemon, saus pedas dan cuka) dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan peradangan, sementara sisa makanan yang digoreng berminyak (seperti keripik, kentang goreng, and basically every other delicious food) dapat menyumbat pori-pori kamu. Inilah yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat di sekitar mulut.


    Penggunaan Masker


    Untuk menjaga diri kita dan orang lain tetap sehat selama pandemi COVID-19, kita perlu menerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan.


    Namun, penggunaan masker dalam waktu yang lama dapat menyebabkan munculnya jerawat di sekitar area mulut. Ini karena, udara yang terperangkap bisa menyebabkan penumpukan bakteri, minyak, kotoran dapat menyebabkan pori-pori yang tersumbat. Tak hanya itu saja, gesekan yang bisa terjadi antara kulit dan masker juga dapat menyebabkan timbulnya jenis jerawat yang disebut acne mechanica. Kondisi kulit berjerawat akibat penggunaan masker ini dikenal dengan sebutan Maskne (Mask Acne).


    Penggunaan Produk yang Berlebihan


    Tahukah kamu, munculnya jerawat di sepanjang hairline dapat disebabkan karena penggunaan produk rambut yang berlebihan? Hal yang sama dapat berlaku untuk apa yang bersentuhan dengan mulut dan area di sekitarnya. Menurut Dr. Craig A. Kraffert, dokter kulit bersertifikat, menjelaskan bahwa dalam beberapa kasus, produk kosmetik yang digunakan pada bibir, atau produk dan treatments yang digunakan pada dagu dapat berkontribusi terhadap munculnya jerawat.


    Jika kamu melihat ada jerawat di sekitar bibir atau mulut, coba periksa kembali lipbalm atau lipstik yang kamu gunakan, bisa jadi produk-produk tersebut mengandung bahan komedogenik sehingga menimbulkan jerawat di sekitar mulut.


    (Fariza Rahmadinna / VA / Images: Doc. Andrea Piacquadio / Pexels)