Fashion

Tips Styling Kemeja Putih Kekinian Agar Tidak Terlihat Membosankan

  by: Redaksi       9/5/2021
  • Dengan meningkatnya popularitas gaya hidup minimalis serta kesadaran terkait diperlukannya sebuah sistem dalam industri fesyen yang lebih berkelanjutan, kini banyak orang yang lebih memilih untuk membeli staple item atau pakaian-pakaian yang termasuk dalam koleksi kapsul. Koleksi kapsul sendiri merujuk pada sebuah koleksi pakaian yang diisi dengan serangkaian item pakaian yang tak lekang oleh waktu, bisa dipakai ke mana saja, dan dapat menghasilkan berbagai look jika dipadupadankan dengan satu sama lain. Salah satu item dalam koleksi ini yang paling banyak dijumpai adalah kemeja putih.




    Siapa di sini yang tidak memiliki kemeja putih di lemarinya? Saya pikir sepertinya tidak ada. Kemeja putih merupakan salah satu pakaian paling esensial dan versatile yang dapat kamu miliki. Baik untuk acara formal atau non-formal, untuk bepergian dengan teman atau dipakai ke tempat kerja, kemeja putih bisa menjadi fondasi penampilan yang baik.



    Sayangnya, terkadang kebanyakan orang berusaha menghindari pemakaian kemeja ini. Memang, desainnya yang sederhana membuatnya rentan untuk terlihat membosankan. Tetapi, bagi saya, justru karena modelnya yang sederhana dan mendasar itu lah yang membuat kemeja putih sangat mudah untuk “dibangun” keindahannya. Dengan item pendukung yang tepat dan gaya styling yang sesuai, kamu dapat menyulap penampilanmu menjadi lebih modis dengan cepat.


    Simple knot


    Oldest trick in the book: Bosan dengan gaya kemeja yang dikancing penuh? Tarik kedua ujung kemeja bagian depan dan bentuk hingga membuat sebuah ikatan. Padukan dengan celana bahan berwarna pastel serta sepasang sandal dan voila! Tampilan loungewear-mu dijamin terlihat dua kali lipat lebih menawan.


    Kemeja = the new off-shoulder


    Second oldest trick in the book? Buka sekitar dua atau tiga kancing teratas kemejamu dan sedikit turunkan kerahnya agar terlihat seperti sebuah atasan off-shoulder. Kamu akan terlihat seksi dalam sekejap.


    Kemeja oversize + bike shorts


    Padukan kemeja putihmu yang sedikit kebesaran dengan sebuah bike shorts yang penuh warna. Agar bike shorts-mu terlihat, kamu bisa memakai kemejamu dengan hanya mengancingkan satu kancing di bagian tengah dan membiarkan yang lainnya terbuka. Gaya kasual ini sangat cocok untuk kamu yang sedang ingin bepergian santai, ke gym, atau berbelanja kebutuhan sehari-hari.


    Kemeja putih + tank top


    Beberapa bulan ini sedang muncul sebuah tren styling baru di TikTok: Memakai tank top sebagai sebuah outer. Terapkan tren ini dengan sebuah kemeja, tank top hitam (jika kamu ingin terlihat klasik, tetapi bisa juga warna lain untuk terlihat lebih playful), dan celana pendek atau celana straight cut.


    Kemeja oversize + sabuk dan celana wide-leg senada


    Trik lain untuk mengenakan kemeja kebesaran? Padukan dengan sebuah sabuk lebar dan celana wide-leg dengan warna senada. Kamu bisa memakai sebuah kaus hitam, membuka seluruh kancing kemejamu, dan memasukkannya ke dalam celana seperti di atas atau mengaitkan seluruh kancing kemejamu dan membiarkannya di luar celana untuk dipasangkan dengan sebuah sabuk yang akan menonjolkan siluet pinggangmu.


    Kemeja dengan lengan balon + sweater vest


    Selain paduan tank top dengan kemeja, tampilan OOTD lainnya yang sedang sering terlihat berlalu lalang di sosial media adalah kombinasi kemeja putih dengan sweater vest. Untuk lebih terlihat modis, pasangkan sweater vest kesayanganmu bersama kemeja dengan detail lengan yang bervolume serta aksesori rantai sebagai kalung dan sabuk.




    Kemeja putih + army vest dan dasi


    Oh, oke, mungkin sweater vest terlihat terlalu feminin dan academia untukmu. Kamu bisa mencontoh tampilan Bella Hadid dengan army vest kulit, dasi, dan sneakers untuk terlihar lebih tomboi.


    Kemeja + oversize blazer dan graphic tees


    Inspirasi padu padan kemeja putih lain untuk kamu yang menyukai tampilan boyish: Tumpuk kemeja putihmu dengan sebuah oversize blazer dan graphic tee berwarna kontras sebagai dalamannya. Lengkapi look ini dengan sebuah topi dengan warna natural.


    Kemeja putih panjang + coat hitam


    Seperti yang saya katakan sebelumnya, kemeja putih adalah sebuah item yang paling mendasar sehingga kamu bisa “membangun” sebuah outfit yang terlihat sedikit rumit tapi sederhana di saat yang bersamaan. Seperti dengan kombinasi kemeja, rompi, dan coat panjang berwarna hitam putih di atas. Meski menggunakan teknik layering, kamu tetap terlihat sederhana karena semua pakaian yang kamu kenakan adalah staple item.


    Kemeja putih + puffy wool jacket dan thigh-high boots


    Memakai kemeja putih dengan puffy wool jacket sepaha layaknya sebuah gaun mini cocok kamu pakai ketika cuaca sedikit dingin, namun tidak sedingin itu sampai membuatmu menggigil. Pasangkan dengan thigh-high boots dan backpack mini berwarna netral untuk membuat penampilanmu lebih chic.


    (Nabila Nida Rafida /EDT: DA / Image: Instagram @fashioninflux, @vitaliia, @chaelincl, @taeyeon_ss, @bellahadid, @shini.park, @camillecharriere, @monikh, @kellychelseana)