Beauty

Tato Baru Mengelupas? Ini Yang Normal Dan Cara Merawatnya!

  by: Astriana Gemiati       9/5/2021
  • Biar Cosmo tebak: Kamu baru saja membuat tato, dan dengan rajin mengikuti perawatan tato yang tepat hingga baru menyadari tato kamu sekarang terkelupas. Wtf. Jika ini adalah pertama kalinya kamu membuat tato, banyak tahapan proses penyembuhan yang dapat mengirim kamu langsung ke internet, dengan panik mencari penjelasan mengapa tato kamu terkelupas. Tapi biar Cosmo yakinkan kepada kamu —mengelupas biasanya normal. Biasanya.

    Namun, jika kamu secara tidak sengaja membuat zona selama instruksi perawatan setelah diberikan oleh tattoo artist kamu dan membutuhkan panduan singkat, berikut adalah rekap dari apa yang seharusnya kamu harapkan (dan yang lebih penting, apa yang tidak boleh), apa yang harus dihindari, dan apa yang dapat dilakukan untuk membantu tinta baru kamu sembuh dengan benar. Sebelumnya, tattoo artist Joanna "JoJo" Roman dari Chronic Ink and Skin Dip Beauty menjelaskan segala hal yang perlu kamu ketahui tentang tato mengelupas.




    Apakah tato yang mengelupas berarti menyembuhkan?

    Ya, itulah artinya — dan sedikit mengupas adalah hal yang normal. Roman mencantumkan tiga hal yang dapat kamu harapkan saat kulit sembuh: sedikit serpihan, gatal, dan keropeng. Meskipun tato tidak boleh terlalu berkeropeng atau terlalu kering (semakin sedikit pengelupasan dan keropeng, semakin baik), sedikit saja hanyalah bagian dari proses penyembuhan.

    Tapi, tunggu! Apa yang terjadi jika tato kamu tidak terkelupas? Apakah itu pertanda ada sesuatu yang salah?! Menurut Roman, pengelupasan minimal atau tidak sama sekali bisa menjadi reaksi normal juga, dan apakah kamu mengelupas atau tidak sangat bergantung pada aplikasi tato dan bagaimana kamu merawatnya sesudahnya.



    Kapan tato mulai terkelupas?

    Selama beberapa hari pertama, kulit kamu akan terasa mentah dan lembut karena kulit yang rusak masih sangat segar. Tetapi setelah beberapa hari, itu akan mulai mengencang dan mengering, dan kira-kira dua atau tiga hari sejak aplikasi adalah saat kamu akan mulai melihat proses pengelupasan ini dimulai. Isyaratkan rasa gatal, mengelupas, dan keropeng.


    Apakah normal jika tato terkelupas setelah 3 hari?

    Menurut Roman, seberapa besar kerusakan pada kulit akan menentukan berapa lama proses penyembuhan sebuah tato berlangsung. "Jika kamu mendapatkan tato dengan warna penuh, tentu saja, itu akan memakan waktu sedikit lebih lama untuk sembuh daripada tato garis halus," jelas Roman. "Jadi tato garis halus kamu mungkin melihatnya mulai sembuh dalam seminggu. Tapi untuk sesuatu yang memiliki lebih banyak tinta mengendap di kulit, kamu bisa mengharapkan sekitar dua atau dua setengah minggu untuk sembuh." Jika terjadi pengelupasan, flaking, atau keropeng berlanjut setelah dua setengah minggu, itu merupakan indikasi yang cukup baik bahwa ada sesuatu yang tidak normal, dan inilah saatnya berkonsultasi dengan tattoo artist kamu.


    Apakah tato memudar setelah terkelupas?

    Jika tato kamu diterapkan dengan benar dan semuanya berjalan lancar selama proses penyembuhan, kamu tidak akan melihat banyak pemudaran. Satu pengecualian: Fine-line tattoos. Roman menunjukkan bahwa karena sifat dari Fine-line tattos, mereka mungkin memerlukan touch-up (sebagian besar tattoo artist menawarkan free touch-up dalam jangka waktu tertentu), tetapi secara umum, semakin baik proses penyembuhan, semakin banyak kemungkinan besar tatonya tidak akan pudar.


    Apakah kamu mencuci tato saat terkelupas?

    Pastinya! Sejak hari pertama kamu harus mencuci tato dengan pembersih bebas pewangi dua kali sehari (pagi dan malam), serta membiarkannya agar tetap bersih dan kering. Hanya saja, jangan merendamnya di air (seperti di bak mandi atau kolam) sampai sembuh total. Sementara, hindari juga sauna atau berolahraga, karena keringat dapat menyebabkan kelembapan menempel pada tato, dan seperti yang dijelaskan Roman, kelembapan yang berlebihan pada tato akan menyebabkan pori-pori terbuka dan menyebabkan tinta rontok serta memudar.


    Haruskah saya mengoleskan krim pada tato saya saat terkelupas?

    Selama dua hari pertama, kamu mungkin ingin menghindari losion, tetapi begitu kamu mulai merasakan pengencangan, pengeringan, dan pengelupasan beberapa hari setelah aplikasi, saat itulah kamu ingin mulai menggunakan losion dengan lapis tipis setelah mencucinya. Tetapi — dan ini penting — jangan hanya menggunakan losion biasa.

    Roman mengatakan gunakan losion khusus tato untuk membantu peradangan, atau formula bebas pewangi untuk menghindari iritasi. Jika Anda mengikuti semua saran ini dan menjaganya tetap bersih serta menjaganya tetap lembap, kemungkinan kamu akan terhindar dari gatal, mengelupas, atau keropeng seluruhnya.


    Apa yang tidak boleh dilakukan setelah tato?

    Saran terbaik Roman adalah membayangkan bahwa tato kamu adalah luka terbuka (karena, um, memang demikian). Apa pun yang berpotensi masuk ke dalam tato dapat menyebabkan infeksi dan menyebabkan tato yang tidak sembuh dengan baik atau lebih buruk, jadi sangat, sangat penting bagi kamu untuk mengikuti petunjuk perawatan setelahnya. Sementara tato kamu sedang dalam masa penyembuhan, terutama dalam dua hari pertama ketika kulit sangat rusak, sangat penting untuk menjaganya tetap bersih (termasuk mengganti seprai secara teratur), kering, dan terhindar dari sinar matahari untuk mencegah kemungkinan terbakar sinar matahari.




    Apa yang terjadi jika kamu mengupas tato Anda?

    Jangan, ok??? Jika kamu akan mengangkat keropeng sebelum siap dilepas, Roman mengatakan kamu berpotensi mengambil tinta (yang belum sepenuhnya mengendap ke dalam kulit) bersamanya. Setelah sembuh, kamu mungkin akan melihat kekurangan tinta di mana keropengnya hilang, dan kamu pasti akan marah karenanya. "Kamu harus memberikan waktu agar tinta mengendap di kulit," kata Roman. "Jika kamu mengambilnya terlalu dini, maka tinta tidak akan mampu melakukannya."


    Hal yang dapat diambil:

    Mengupas itu normal (sampai batas tertentu) tetapi itu tidak berarti kamu harus mengupasnya sendiri. Biarkan kulit melakukan tugasnya selama dua minggu dan jaga agar tato tetap bersih dan kering saat menyembuhkan untuk hasil terbaik. Jika kamu mengalami keropeng yang tampak tidak normal (seperti penebalan di seluruh tato atau area hijau atau kuning yang dipenuhi kotoran), temui dokter untuk mengatasi infeksi tersebut. Tato yang tidak sembuh dengan baik menyebalkan tetapi infeksi yang tidak diobati akan jauh lebih buruk dari itu, percayalah.










    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. Instagram / Image opening: @jonboytattoo )