Better You

Kebiasaan Harian Yang Bisa Kamu Lakukan Agar Lebih Ramah Lingkungan

  by: Givania Diwiya Citta       13/5/2021
  • Mungkin eco living bukanlah hal baru, tapi gerakan sustainable ini kian emerging terinjeksi dalam aktivitas harian kaum urban hari ini. Apakah kamu juga sudah ikut menjalankannya, girls? Berikut adalah beberapa aksi sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari, yang dampaknya mampu membuat gaya hidup kamu jadi lebih ramah lingkungan. Daily eco living starts now!


    1. Pinjam daripada membeli

    Saat kamu sedang ingin memiliki sesuatu, coba tanyakan beberapa pertanyaan alternatif untuk mempertegas apakah keputusan ini berangkat dari keinginan impulsif atau sudah dipikirkan sedari cukup lama. Contohnya seperti keinginan untuk memiliki dress dari runway spesifik untuk satu acara spesial. Akan seberapa sering kamu menggunakannya? Berapa biaya yang dikeluarkan jika harus merawatnya, dan berapa lama jangka hidupnya? Bisakah barang ini disewa saja? Percayalah, saat kamu memutuskan untuk meminimalisir barang yang harus dibeli (atau terkadang yang amat ingin dimiliki), kamu akan turut berkontribusi mengurangi sampah yang kita ciptakan sendiri, bahkan kabar lebih baiknya lagi, aksi pinjam daripada membeli ini bisa mereduksi pengeluaran kamu. 




    2. Mematikan komputer

    Tentunya, komputer membutuhkan listrik untuk hidup. Jadi, mematikan komputer dalam pilihan shut down (dan bukan sekadar sleep atau hibernate saja), akan menjaga penggunaan energi dunia. Meski terdengar sederhana, nyatanya rutinitas kecil dalam bagian keseharian kita ini mampu menyumbang keselamatan umur yang lebih panjang bagi bumi, lho!



    3. Berkendara dalam batas kecepatan

    Bukan, ini bukan himbauan keselamatan dalam jalan tol agar kamu tidak mengebut. Tapi ini adalah himbauan agar kita melakukan evolusi dalam aksi eco-driving. Yes, emisi dari karbon dan gas yang dikeluarkan dari kendaraan kita nyatanya bergantung pada kecepatan kita dalam memacu kendaraan, lho. Jadi, jika pemerintah yang berwenang sudah menetapkan batas kecepatan, maka mari patuhi aturan kecepatan tersebut demi bumi yang kita tinggali serta atmosfernya yang lebih sehat. 




    4. Bertransaksi secara daring

    Industri retail memang menyumbang sampah besar, meski aksi daur ulang juga sudah digalakkan, namun tak ada salahnya kita mengaplikasikan tips sederhana satu ini dalam aktivitas harian kita. Transaksi secara daring bisa disebut sebagai transaksi yang eco-friendly, karena seluruh rekam jejak transaksi tersimpan secara elektronik, tanpa meninggalkan sampah kertas dari nota. Mulailah dengan membayar sesederhana tagihan listrik, pulsa pascabayar, TV kabel, dari internet banking atau bahkan dari berbagai jasa dompet online. Small taps matter!


    (Givania Diwiya / FT / Image: Cup of Couple from Pexels)