Beauty

Ini Cara Memilih Sheet Mask Yang Tepat Untuk Kulit Kamu!

  by: Astriana Gemiati       16/5/2021
  • Girls, apakah kamu termasuk yang rentan akan berjerawat atau menderita kekeringan yang berlebih? Ya, semenjak Korean beauty mempersembahkan sheet mask (aka masker lembar) yang fleksibel dan kokoh, yang sering kali dibuat dari kertas, selulosa, bubur kelapa, serta kapas. Dan, meskipun asalnya dapat ditelusuri kembali ke Korea Selatan dan sebagian Jepang, hari ini, mereka (sheet mask) sangat populer di seluruh Asia. Dan, jika kamu kebetulan menjadi salah satu dari yang memiliki banyak aktivitas padat, dan tidak ada solusi perawatan kulit yang lebih baik (atau lebih cepat) tersedia!


    via GIPHY




    Direndam dengan formula ampuh dan serum kaya nutrisi, bahan ajaib yang ada dalam sheet mask menembus jauh ke dalam epidermis kamu, mengunci kelembapan dan memberikan hasil instan. Namun, meskipun kamu mungkin merasa terdorong untuk mengikuti perjalanan K-beauty — atau mengikuti tren perawatan kulit TikTok yang viral —kamu harus meluangkan waktu sejenak untuk menemukan sheet mask terbaik untuk jenis dan tekstur kulit kamu.



    Cosmo akan memberikan bantuan untuk memandu kamu melalui proses pemilihan sheet mask.

    Apa itu sheet mask?

    Sheet mask adalah solusi perawatan kulit sekali pakai yang dibuat agar sesuai dengan wajah kamu, dengan ruang potong untuk area mata, hidung, dan mulut. Kain lembaran direndam dalam serum nutrisi yang mengandung berbagai elemen alami, dari ekstrak buah hingga bahan nabati. Meskipun mungkin tidak diketahui banyak orang, ada berbagai sheet mask yang tersedia di pasaran, masing-masing paling cocok untuk jenis kulit yang berbeda.


    Bagaimana cara memilih sheet mask yang tepat untuk kulit kamu?

    Memilih sheet mask yang ideal untuk kulit kamu bergantung pada jenis kulit, tekstur, dan masalah kulit — apakah kamu memiliki kulit berminyak, kulit kering, kulit berjerawat, atau pori-pori tersumbat? 


    Kulit Berminyak: Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, pilihlah clay atau mud sheet mask. Charcoal sheet mask yang mengandung arang aktif bantu untuk mendetoksifikasi kulit, juga bekerja dengan baik untuk jenis kulit berminyak.


    Kulit Kering: Sebaliknya, jika kamu mengalami kekeringan, oleskan creamy sheet mask pada kulit kamu; salah satu yang memberi kulit kamu dorongan hidrasi.


    Kulit Rawan Jerawat: Peel-off sheet mask bekerja paling baik untuk jenis kulit yang rentan berjerawat. Jika kamu juga menderita komedo, pilihlah blackhead peel-off mask yang memberikan pengelupasan ringan pada kulit dan menghaluskan pori-pori kamu.




    Kulit Dehidrasi atau Sensitif: Masker lembaran berbahan dasar gel akan menawarkan sensasi yang menenangkan pada kulit kamu.


    Baca juga5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Gunakan Sheet Mask


    Bagaimana cara menggunakan sheet mask?

    Sebelum kamu mengaplikasikan sheet mask ke wajah, pastikan kondisi kulit kamu dalam keadaan bersih. Hasil yang diinginkan akan tercapai saat masker diaplikasikan pada wajah yang segar dan bersih. Selanjutnya, sobek masker lembar yang sudah dikemas dan letakkan di wajah kamu, pastikan untuk menghilangkan gelembung udara. Hindari komponen topeng memasuki mata, bibir, atau hidung kamu (karena itu tutup atau lubang terbuka di area ini). Biarkan masker selama kurang lebih 15 hingga 20 menit, setelah itu pijat serum berlebih ke kulit kamu. Buang masker bekas.


    DIY sheet mask yang bisa kamu siapkan di rumah:






    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Nara sumber: Celebrity dermatologist, Dr Jaishree Sharad / Image: [email protected], Dok. Instagram, GIPHY.com )