Beauty

Curtain Bangs, Alasan Poni Ini Populer & Begini Cara Menatanya!

  by: Astriana Gemiati       17/5/2021
  • Maaf, apakah Cosmo melewatkan memo atau sesuatu yang menyatakan curtain bangs sebagai tren #1 di tahun 2020? Maksud Cosmo, lakukan satu quick sweep melalui feed IG atau TikTok, dan kamu akan melihat gaya tipis serta membingkai wajah pada semua orang mulai dari Ariana Grande hingga gadis yang belum pernah kamu ajak bicara sejak sekolah menengah. Dan, tidak seperti beberapa tren yang lebih ~ tepat waktu ~ datang serta pergi selama karantina (* batuk * soap brow), curtain bangs benar-benar bertahan — terutama sekarang (alias waktu prime time tidak resmi untuk mendapatkan poni).

    Hanya ada satu hal tentang curtain bangs (aka poni gorden): betapa mudahnya gaya rambut ini untuk ditata. Cosmo berbicara langsung dengan tiga ahli penata rambut tentang segala hal yang kamu ketahui sebelum mendapatkan curtain bangs.




    Apa itu curtain bangs?

    Pertama, definisi yang diperlukan: Tidak seperti poni lurus, curtain bangs dibuat miring sehingga lebih pendek di tengah dan lebih panjang di samping. Mereka biasanya dibelah tepat di tengah, menciptakan efek seperti tirai yang membingkai wajah dan mata kamu dengan sempurna. "Poni gorden benar-benar terlihat bagus untuk semua orang," kata Josh Liu, penata rambut di balik poni tirai bergaya tahun 60-an Ariana Grande. Dan, karena mereka biasanya memiliki tekstur yang lembut dan berbulu, Liu mengatakan mereka mudah untuk ditata dalam beberapa cara (pikirkan: blowouts, beach waves, curls, lived in style— apa pun yang kamu inginkan).


    Tidak ada "satu ukuran cocok untuk semua" dalam hal curtain bangs, BTW — ini tampilan yang sangat bisa disesuaikan. "Benar-benar ada tirai untuk semua orang," kata Stephen Thevenot, stylist senior di David Mallet di NYC. "Apakah kamu menginginkan sesuatu yang lebih dari tahun 80-an, atau gadis Prancis, atau punk, ada variasi untuk setiap penampilan." Itu berarti kamu pasti ingin membawa beberapa foto referensi ke janji temu untuk memastikan kamu dan stylist kamu berada di halaman yang sama.


    Mengapa Cosmo sering melihat curtain bangs ada di mana-mana?

    Yup, maraknya curtain bangs dikaitkan dengan beberapa alasan, tetapi penata rambut selebriti Justine Marjan berpikir itu ada hubungannya dengan masa pandemi ini. "Begitu banyak dari kita yang senang menggunting dan memotong poni saat di karantina, jadi curtain bangs adalah tampilan yang sempurna jika kamu tampil terlalu pendek di bulan Maret dan April," katanya. "Mereka juga cara yang bagus untuk mengubah penampilan kamu tanpa melakukan sesuatu yang terlalu dramatis seperti mengorbankan panjang badan atau mengubah warna kamu."

    Cuaca yang lebih dingin juga merupakan salah satu faktornya. Poni model ini jauh lebih mudah di tata karena memerlukan perawatan yang jauh lebih sedikit— poni ini tidak mudah berkeringat atau frizzy dan perlu ditata ulang," kata Thevenot.


    Apakah curtain bangs memiliki high-maintenance?

    Inilah bagian terbaiknya: Karena poni ini sedikit lebih panjang, ternyata curtain bangs memiliki perawatan yang rendah — setidaknya, dibandingkan dengan poni lainnya. "Sementara poni lurus biasanya harus dijepit, curtain bangs biasanya masih cukup panjang untuk dikuncir kembali, meskipun poni ini juga terlihat luar biasa jika kamu ingin menjauhkannya dari ponytail," kata Liu. "Poni juga tidak perlu dipangkas setiap dua hingga tiga minggu seperti poni biasa, jadi kamu bisa membiarkannya tumbuh menjadi lapisan pembingkai wajah dengan relatif mudah."

    Jadi, meskipun saat ini kamu merasa tidak terlalu realistis — atau aman — untuk memotong rambut secara teratur, kamu masih dapat mencoba tren tirai dengan cukup mudah. Plus, tidak seperti gaya yang lebih dramatis — seperti poni samping yang tebal atau pinggiran lurus — poni tirai cukup halus sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang tahap pembesaran yang canggung itu.


    Bagaimana menata curtain bangs?

    Oke, cara kamu menata curtain bangs bergantung sepenuhnya pada tampilan yang kamu inginkan. Konon, ketiga ahli mengatakan round brush yang bagus dan pengering rambut adalah keharusan. Flat iron, curling irons, dan texturizing sprays juga bagus untuk menambahkan beberapa grid dan tekstur pada tampilan kamu. Butuh visual? Terus gulir untuk tiga cara mudah menata curtain bangs kamu di rumah.


    Dengan flat iron:


    Dalam tutorial ini, kamu akan memulai dengan mengeringkan rambut secara kasar menggunakan pengering rambut dan kemudian menggunakan sikat bundar untuk memberi curtain bangs kamu beberapa bagian ekstra. Keajaiban sesungguhnya dari gaya ini adalah dalam tekstur gelombang pada flat-iron waves. "Memutar flat iron menjauh dari wajah akan membantu memberi arah pada poni kamu," kata Liu. Lihat video di atas untuk melihat bagaimana YouTuber Maria Bethany menyelesaikannya, lalu pastikan flat iron kamu sesuai dengan tugas.


    Dengan blow dryer:


    Jika kamu menginginkan tampilan yang lebih bervolume, gunakan pengering rambut, sikat bundar, dan bersiaplah untuk mengikuti tutorial ini ke huruf T. "Untuk super-bouncy curtain bangs, Cosmo suka menggunakan sikat bundar 1 inci,"saran Liu. BTW: Jika kamu tidak terlalu nyaman dengan teknik sikat bundar, Marjan menyarankan untuk menggunakan blow-dry brush (ini akan membantu kamu dengan semua multitasking itu. Dan, ini adalah cara yang baik untuk menyegarkan gaya kamu pada rambut kering) . Kamu akan melihat bahwa YouTuber Leighannsays menggunakan kombinasi kedua metode dalam video di atas.




    Dengan curling iron:


    Ingin tampilan yang luar biasa tetapi tidak ingin menggunakan pengering rambut untuk melakukannya? Liu mengatakan kamu juga bisa menggunakan alat pengeriting rambut, seperti yang dilakukan YouTuber Chloe Hayward di atas. "Alat pengeriting rambut berukuran 1- atau 1,25 inci sangat bagus untuk memalsukan tampilan sikat bundar," kata Liu. Pastikan kamu juga memiliki texturizing spray di tangan (Liu mengatakan itu akan membantu menambahkan beberapa tekstur dan pantulan) dan hairspray medium-hold untuk menjaga curtain bangs kamu tetap di tempatnya (dan, kamu tahu, keluar dari mata Anda).



    Kesimpulannya:

    Akhir kata, sejujurnya, jika curtain bangs telah ada di folder Instagram yang kamu simpan lebih lama dari yang ingin kamu akui, mungkin sudah waktunya untuk melakukannya. Ingat saja: Meskipun curtain bangs lebih mudah untuk ditata daripada poni lain, poni tersebut masih memerlukan gaya, jadi mungkin bukan yang terbaik untuk mereka yang sangat malas. Namun, jika kamu merasa nyaman — dan tetap aman! —kamu selalu dapat membuat janji dengan seorang profesional yang akan memandu kamu melalui pro dan kontra tentang mendapatkan poni untuk tekstur kamu— karena, mari kita jujur, kamu pasti tidak ingin DIY curtain bangs.







    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. Instagram, YouTube )