Beauty

8 Tren Korean Beauty Yang Bisa Buat Kulit Kamu Lebih Bercahaya

  by: Astriana Gemiati       18/5/2021
  • Dari slugging hingga glass skin, dunia kecantikan telah menyaksikan lonjakan tren Korea Selatan yang menjadi alasan kuat untuk pendekatan minimalis serba guna. Mengandalkan formula yang didukung sains dan produk kecantikan bersih, jika kamu pernah menggunakan sheet mask selama akhir pekan, ketahuilah bahwa kamu telah mengikuti perjalanan K-beauty yang menjanjikan kulit segar dan dewy skin!


    via GIPHY



    Merasa disergap dengan tren perawatan kulit viral yang menuntut perhatian kamu, dan tidak yakin mana yang harus dimasukkan ke dalam rutinitas skincare harian kamu? Cosmo akan membantu memetakan K-beauty trends teratas yang layak untuk kamu.



    Double Cleansing

    Double cleansing — tulang punggung dari rutinitas K-beauty — adalah salah satu teknik terkenal yang mendapatkan popularitas luar biasa selama bertahun-tahun. Seperti namanya, ini melibatkan pembersihan wajah dua kali; sekali dengan minyak wajah, diikuti dengan pembersih berbusa. Alasan utama di balik pendekatan dua langkah ini dapat dikaitkan dengan fakta sederhana bahwa pembersih yang berbeda bekerja untuk menargetkan berbagai jenis kotoran. Sementara pembersih berbahan dasar minyak dirancang untuk menghilangkan kotoran berbahan dasar minyak termasuk riasan, tabir surya, sebum dan polusi, pembersih berbahan dasar air dapat masuk ke kulit kamu, menghilangkan kotoran dan keringat hari itu. Pastikan untuk memilih pembersih yang memiliki kadar pH rendah atau seimbang, untuk menghindari kemungkinan iritasi kulit.


    Baca jugaWajib Tahu! Ini Cara, Manfaat, & Efek Samping Dari Double Cleansing


    Facial Messaging

    Jika kamu mengira perawatan wajah dan pijat salon adalah teknik India kuno, kamu salah. Para pembawa bendera K-beauty berpendapat bahwa memijat kulit memungkinkannya menyerap produk dengan lebih efisien, membuka jalan untuk penetrasi ke lapisan kulit terdalam. Saat membersihkan kulit kamu, pastikan untuk mencuci pembersih dari wajah kamu dengan air hangat, daripada menggunakan air yang sangat panas, karena dapat merusak permukaan kulit dan semakin mengeringkannya.


    Facial Toner

    K-beauty toner pada dasarnya adalah losion dengan kandungan bahan-bahan yang menjanjikan untuk melembapkan kulit kamu. Sebaliknya, berbagai jenis toner bekerja untuk menghilangkan kelembapan. Mulai dari formula kental hingga ramuan ringan yang mengatasi garis halus, kerusakan jerawat, dan masalah kecantikan lainnya, toner Korea menargetkan banyak masalah perawatan kulit. Mereka terutama mencakup bahan-bahan seperti ekstrak rumput laut, amino acid, hyaluronic acid, air mineral, dan minyak akar wortel. 


    Baca juga: 7 Cara Menggunakan Produk Facial Toner Sesuai Kebutuhan


    Au Naturel

    Rutinitas perawatan kulit Korea adalah tentang menjaganya tetap segar, minimal, dan tampak alami. Menerapkan sedikit kilau di tulang pipi dan memilih warna yang paling mendekati warna kulit sebenarnya sudah cukup untuk membuat kamu bersinar. Selain menganjurkan kecantikan bersih, perawatan kulit Korea memiliki berbagai macam produk khusus untuk ditawarkan yang menangani setiap dan semua masalah perawatan kulit — dari lingkaran hitam hingga kulit kusam, lelah, dan dehidrasi.


    The Towel-Free Hack

    Karena kekuatan kebiasaan, biasanya kita akhirnya menggosok kulit dengan handuk wajah, sebagai upaya untuk menghilangkan kelebihan air pada kulit. Namun, para ahli kecantikan Korea menyarankan agar praktik ini tidak dilakukan, karena menggunakan handuk dapat menyebabkan gesekan pada kulit. Selain itu, handuk yang digantung di kamar mandi kamu kemungkinan menjadi tempat tinggal kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan iritasi dan alergi kulit. Sebaliknya, mereka menyarankan untuk menepuk kelebihan air.




    Face Essence

    Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kulit sempurna yang luar biasa adalah dengan melapisi produk kamu. Melakukannya memungkinkan kulit kamu bernapas dan mencegah penyumbatan pori-pori. Jika kamu menggunakan toner untuk lapisan pertama, disarankan untuk menggunakan esensi pada lapisan kedua. Karena produk kecantikan Korea ringan dan konsistensinya lebih tipis, produk ini membantu menembus lebih dalam ke kulit, membuka jalan untuk penyerapan produk yang lebih baik.


    Sheet Masks

    Sheet mask dapat ditelusuri kembali ke Korea Selatan — tempat asalnya. Mereka dibentuk agar pas di wajah kamu dengan potongan untuk area mata, hidung dan mulut. Direndam dalam serum kaya nutrisi yang mengandung bahan-bahan alami, sheet mask tersedia dalam berbagai variasi yang dibuat sesuai dengan jenis kulit kamu. Kira-kira membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 20 menit agar masker lembar bekerja dengan sangat baik.


    The Final Layer

    Setelah memakai semua lapisan ini, mengoleskan pelembap tampaknya bisa dihindari. Namun, rutinitas K-beauty menuntut kamu untuk menggunakan krim sebagai lapisan terakhir, agar menutup semua lapisan sebelumnya. Ini seperti menambahkan sentuhan akhir pada potret yang sempurna! Tidak seperti pelembab yang kami tawarkan di sini, pelembab Korea memiliki variasi yang berbeda, dengan ketebalan yang bervariasi. 







    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / nara sumber: celebrity dermatologist, Dr Jaishree Sharad / Image: [email protected], GIPHY.com)