Love & Sex

5 Tanda Pasangan Berpikir untuk Putus dari Kamu!

  by: Giovani Untari       17/5/2021
  • Let’s be honest, kamu pasti tahu saat hubunganmu bersama kekasih sedang memburuk atau sebaliknya. Tetapi yang lebih sulit untuk diketahui adalah apakah sebenarnya pasanganmu merasa tidak happy atas relationship kalian?

    Terkadang hubungan yang kalian jalani terasa baik-baik saja- atau ini mungkin hanya pikiranmu saja, dear! Sebab kenyataanya ada banyak hal yang bisa membuat kekasih kita berubah pikiran.

    Salah satu dari sekian banyak alasannya? Bisa saja pasanganmu ternyata tidak lagi merasa bahagia bersamamu! Atau kamu 100% adalah tipe idealnya, tetapi ia merasa ada yang kurang dari hubungan kalian saat ini. Pasanganmu juga mungkin tidak ingin secara ceroboh langsung memutuskan hubungan kalian.



    Tetapi jika kamu merasa hubunganmu bersama si dia terlihat baik-baik saja, bagaimana kita bisa mengetahui apa yang sedang ia pikirkan? Apakah ia benar-benar berpikir untuk putus dari kita?

    Well, sebenarnya jika kamu lebih peka, pasanganmu pasti akan menunjukkan beberapa tanda! “Saat pasangan berpikir untuk putus dari kamu, pasti ada sejumlah tanda yang ia berikan. Tanda-tanda inilah hal yang harus kamu perhatikan,” ujar Aimee Hartstein, seorang relationship therapist kepada Cosmopolitan UK. 


    Jadi agar tidak terlalu terkejut dan bisa lebih peka, ini dia 5 tanda pasangan sedang berpikir putus dari kamu!


    1. Pasangan sulit dihubungi dan terasa mulai menjauhimu

    Kamu pasti bisa merasakan saat seseorang mengabaikanmu. Dan pasti ada alasan tertentu mengapa mereka melakukan ini.

    “Jika kamu merasa bahwa pasanganmu lebih sulit dihubungi dari biasanya, kemungkinan ada sesuatu yang terjadi di baliknya,” ujar Aimee. “Apakah kalian berdua masih saling memberi kabar satu sama lain? Lalu perhatikan apakah pasanganmu akhir-akhir ini tidak mengangkat telepon atau membalas pesanmu dengan durasi yang biasa ia lakukan?” 

    Bila si dia sulit dihubungi tanpa memberi tahu alasannya dan kamu juga merasa ia seperti sedang menjaga jarak denganmu, bisa jadi itu karena perasaannya kepadamu sudah berubah. Dan ia tidak ingin kamu mengetahui alasan mengapa ia melakukan hal tersebut (paling tidak untuk saat ini).


    2. Mereka mencari orang lain

    “Tanda lainnya yang bisa kamu lihat adalah pasanganmu mulai sering pergi bersama temannya dibanding yang biasanya ia lakukan,” tukas Aimee. “Mereka bisa saja sedang mencari orang yang bisa diajak untuk berbicara dan dimintai nasihat apakah keputusannya untuk putus darimu adalah hal yang tepat.” Tetapi jangan sampai hal ini membuat kamu merasa parno, karena pada dasarnya sangat penting bagi setiap individu (termasuk pasanganmu) untuk memiliki waktu khusus bersama teman mereka.

    Tapi, kamu bisa mengetahui apakah ia menemui temannya untuk meminta nasihat untuk putus ketika ia terlihat seperti sedang menyembunyikan sesuatu! Contohnya ia pamit ketika berteleponan dengan temannya tersebut, lantaran ia tidak ingin kamu mendengar percakapannya.



    3. Jadi lebih moody

    Menjadi bad mood saat bersamamu bisa jadi salah satu adalah tanda kalau pasangan merasa bersalah kepadamu. “Lihatlah apakah pasangan menjadi lebih moody, kesal, atau terganggu saat bersamamu?” tanya Aimee.

    “Tanda di atas memang bisa berarti banyak hal, tetapi saat seseorang berpikir untuk putus, mereka akan cenderung membuat kesal pasangannya!”



    Kalau kamu juga merasa apapun yang kamu lakukan untuknya selalu terasa salah di matanya, ini saatnya untuk menanyakan pada si dia apa yang sebenarnya sedang terjadi.


    4. Menuduh kamu tidak tertarik lagi padanya

    Putus dari pasangan jelas bukan sesuatu yang menyenangkan, jadi terkadang tak heran beberapa pasangan membuat berbagai skenario sebelum putus. Seperti mereka bersikap buruk dengan harapan kamu yang akan memutuskannya. Atau si dia mulai mencari alasan klise seperti kamu yang tidak cukup perhatian padanya. Ini jelas sangat menyakitkan dan membuat situasi semakin buruk. Meski begitu, percayalah hal ini memang sering terjadi dalam sebuah hubungan.


    5. Ia berhenti untuk membuat rencana masa depan bersamamu

    Tanda lainnya jika ia saat ini tidak berpikir hubungan kalian akan berlanjut ke tahap yang lebih serius adalah saat pasangan berhenti membicarakan tentang masa depan kalian. Dan dalam kasus ini, ia bukan hanya berhenti berbicara soal pernikahan, memiliki anak, atau karier di masa depan, tapi topik soal tempat liburan dan konser yang ingin kamu datangi. Saat ia mendadak berhenti membahas segala hal yang berbau masa depan, ini jelas bukan pertanda baik bagi hubunganmu.


    Tapi ingatlah, hanya karena pasanganmu berpikir untuk putus darimu bukan berarti hal itu juga akan sepenuhnya terjadi kok!  “Jika kamu memiliki alasan untuk percaya pada pasanganmu, ia mungkin akan memikirkan ulang alasannya untuk putus. Jadi cara terbaik adalah dengan membicarakan soal hal ini dari hati ke hati bersama pasanganmu,” saran Aimee. “Si dia bisa saja memiliki begitu banyak pikiran di benaknya. Tentu akan sangat membantu jika kamu bisa mendiskusikan hal ini bersamanya.”

    So. jika kamu merasakan tanda-tanda di atas, pastikan untuk mengatakan dan melakukan sesuatu yang bisa menyelamatkan hubungan kalian. Good luck!




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Ed. / Images:  Dok. RODNAE Productions from Pexels, cottonbro from Pexels, Jill Burrow from Pexels)