Love & Sex

5 Tanda Pasanganmu adalah Sosok yang Toxic!

  by: Giovani Untari       20/5/2021
  • Terjebak dalam sebuah toxic relationship jelas menjadi mimpi buruk bagi kita semua.

    Ironisnya, terkadang kita pun tak menyadari betapa toxic-nya kelakuan dan sifat dari pasangan. Rasa cinta dan sayang kepada pasangan kadang membuat kita mengabaikan sejumlah red flag yang ia lakukan dalam hubungan.

    Reminder: Bermula dari suatu kesalahan kecil, tapi jika dibiarkan terus menerus sifat toxic pasanganmu juga bisa menjadi sesuatu yang merugikan.



    Jadi bagi kamu yang saat ini mungkin sedang galau dan merasa hubunganmu berada di fase toxic relationship. Ini dia 5 tanda kalau pasanganmu adalah sosok yang toxic! Be aware, dear~



    1. Kamu takut membahas suatu masalah dengannya

    Karena setiap kali kamu membahas suatu masalah, ia akan mengatakan hal yang justru membuat kepercayaan dirimu menurun. Hasilnya? Kamu jadi sangat berhati-hati dalam memilih topik pembicaraan supaya pasanganmu tidak kesal ataupun marah. Kamu juga akhirnya lebih memilih untuk menyimpan masalah tersebut seorang diri.


    2. Ia tidak pernah minta maaf!

    Sebagai manusia kita semua pasti pernah melakukan kesalahan. Tapi yang terjadi, pasanganmu bertindak seolah ia selalu benar! Ia akan memutar balikkan fakta sehingga membuat kamu menjadi pihak yang bersalah. Meski kamu tahu, bahwa sebenarnya pihak yang benar. Sifat toxic pasangan satu ini jelas membuat kamu merasa gelisah, sedih, dan kebingungan. 



    3. Tidak mengatakan bahwa ia kesal atau marah, tapi ia akan balas dendam dengan caranya sendiri

    Jika pasangan menuduh kamu melakukan flirting dengan orang lain, ia tidak akan mengatakan bahwa hal tersebut sangat mengganggunya. Yang ada, ia justru akan membuat kamu melihat aksi balas dendamnya dengan cara ikut flirting kepada perempuan lain.

    Pasanganmu lebih memilih cara balas dendam dengan menyakitimu ketimbang mengatakan perasaannya langsung. Which is.... NOT COOL!




    4. Membuat kamu terlihat bodoh di hadapan orang lain

    Di sebuah pesta atau pertemuan, ia meningkatkan egonya dengan cara membuat kamu terlihat seperti seorang idiot. Contohnya ia akan mengkritik kamu yang salah saat mengucapkan sesuatu di hadapan banyak orang. Atau ia juga mengolok-olok kelakuanmu.


    5. Kesal saat kamu mendapat sesuatu dan bersikap manis ketika kamu sedih!

    Saat kamu mendapat promosi dari kantor misalnya, ia akan mengeluh dan mengatakan sesuatu yang meyakitkan seperti: "Jadi sekarang kamu semakin jadi budak untuk kantormu, huh?" 

    Ia akan mengintimidasi saat kamu berada di titik teratas hidupmu, sehingga kamu merasa sedih dan kembali pada titik lemahmu. Tetapi sebaliknya, saat kamu sedih pasanganmu akan bersikap manis karena... ia merasa penting dan dibutuhkan.

    Ingat babes, pasangan yang baik akan menghargai potensi dalam dirimu! Ia tidak akan menahan kemampuan terbaikmu apalagi sampai merendahkanmu.




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Ed. / Images: Dok.  Allef Vinicius on Unsplash, Yuris Alhumaydy on Unsplash, Eric Ward on Unsplash)