Celebrity

Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Album Debut Olivia Rodrigo, 'Sour'

  by: Shamira Priyanka Natanagara       20/5/2021
  • Oke, Cosmo akan terus terang: 2021 is Olivia Rodrigo’s year, and no one can stop her. Ketika merilis hit single-nya, “Drivers License”, di awal tahun ini, rasanya Olivia langsung berubah menjadi teen superstar dalam semalam! Jadi wajar saja kalau ia sedang bersiap-siap untuk merilis album perdananya, Sour, selagi terus mencuri perhatian publik/internet/dunia. So karena kamu penasaran tentang album debutnya, Cosmo telah mengumpulkan segala hal yang perlu kamu ketahui tentang Sour. You’re welcome.


    Apa genre album ini?

    Mungkin Olivia adalah salah satu penyanyi pop yang sedang naik daun sekarang, tapi bukan berarti ia berencana untuk menghadirkan bubblegum pop yang asyik untuk para remaja saja. Dalam sebuah wawancara dengan The Face, Olivia mengatakan, “Saya rasa saya dianggap sebagai musisi pop, tapi saya tidak pernah merasa seperti itu. Album ini dipenuhi hal-hal yang saya sukai, yang sungguh beragam. Ada elemen dari alternative rock, alt-pop, sedikit country, dan pastinya banyak folk. Saya rasa semuanya bisa menemukan sesuatu yang mereka sukai tersembunyi di salah satu lagu.”



    Lalu Olivia mengungkapkan bahwa ia terinspirasi dari sound No Doubt dan The White Stripes yang “pouty” dan “angsty” selama merekam albumnya. Ia juga penggemar berat Taylor Swift, Lorde, Alanis Morissette, dan Phoebe Bridgers, so definitely expect the unexpected!





    Oke, tapi lagu-lagunya bercerita tentang apa?

    Olivia memberi tahu The Face bahwa ia menulis sejumlah lagu Sour saat berusia 17 tahun, yang, seperti yang kita semua ketahui, merupakan momen penting dalam hidup kebanyakan orang. Menurut Olivia, ia mulai mengerjakan album tersebut pada “usia sangat aneh ketika kamu mencari tahu banyak hal: bagaimana kamu ingin diperlakukan, love and heartbreak, bagaimana kamu fit in di dunia, dan bagaimana kamu relate dengan orang lain… [Sour] adalah saya bergulat dengan itu semua. Itu bukanlah sesuatu yang langsung saya tulis setelah suatu hal terjadi. Itu adalah apa yang saya rasakan pada saat itu. Saya perlu menulis lagu-lagu tersebut untuk memproses emosi tersebut.”


    Siapa saja yang terlibat dalam album ini?

    Jangan berharap akan ada daftar panjang berisi nama-nama produser pada bagian credits—Olivia bekerja secara eksklusif dengan Dan Nigro, produser dan penulis lagu yang telah bekerja dengan Conan Gray, Lewis Capaldi, Carly Rae Jepsen, Sky Ferreira, dan Zella Day. Dan menghubungi Olivia lewat DM Instagram (yes, really) setelah menemukan videonya bernyanyi, dan setelah itu keduanya telah membuat lagu-lagu hit.






    Apakah sudah ada single yang dirilis?

    Ya! “Drivers License” dan “Deja Vu” sudah dirilis, tapi Olivia baru saja meluncurkan satu single baru—ia merilis “Good 4 U” pada 14 Mei kemarin dan cocok sekali didengarkan kalau kamu sedang marah dan super emosional:




    Apakah ia sudah merilis tracklist?

    Kita masih harus menunggu hingga Sour dirilis untuk mendengarkan semua lagunya, tapi kalau melihat judul lagu-lagunya, sepertinya album ini memiliki kisah yang menarik. Berikut tracklist-nya:


    1. “Brutal”
    2. “Traitor”
    3. “Drivers License”
    4. “1 Step Forward, 3 Steps Back”
    5. “Deja Vu”
    6. “Good 4 U”
    7. “Enough for You”
    8. “Happier”
    9. “Jealousy, Jealousy”
    10. “Favorite Crime”
    11. “Hope Ur OK”


    Kapan ‘Sour’ akan dirilis?

    Mark your calendars, Sour akan dirilis pada hari 21 Mei! Pastikan kamu menyiapkan tisu, diari, dan seorang teman dekat yang bisa dihubungi begitu album ini diluncurkan.




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Instagram/oliviarodrigo)