Fashion

Realisasi Gaya Punk-Rock Disney's Cruella oleh Ivan Gunawan

  by: Redaksi       25/5/2021
    • Menyambut perilisan spin-off Disney “Cruella,” Ivan Gunawan berkolaborasi dengan Disney Indonesia untuk merancang sebuah busana bagi tiap pemeran utama dalam film tersebut.
    • Karakter kedua tokoh yang kontras ini dituangkan oleh Ivan Gunawan dan akan dikenalkan dalam bentuk foto dan fisik yang akan dipamerkan mulai tanggal 25 Mei 2021.

    Tanggal 26 Mei 2021 mendatang, spin-off dari film klasik garapan Disney, “101 Dalmatians”, berjudul “Cruella” akan resmi tayang di bioskop Indonesia. Film “Cruella” sendiri akan menyoroti kisah asal muasal terbentuknya salah satu villain paling populer yang pernah diperkenalkan oleh Disney, Cruella de Vil. Dalam film pertamanya, Cruella digambarkan sebagai seorang desainer eksentrik yang kejam karena memiliki keinginan untuk membuat sebuah mantel yang terbuat dari kulit 99 anjing berjenis dalmatian.




    Menyambut perilisan tersebut, Disney Indonesia bekerja sama dengan perancang busana kondang Ivan Gunawan untuk merealisasikan Cruella ke dunia nyata. Tidak hanya berfokus pada Cruella, Ivan Gunawan juga membuat sebuah busana yang merepresentasikan lawan Cruella di film tersebut, Baroness von Helman. Tiap busana untuk dua tokoh ini akan memiliki nuansa yang berbeda, sesuai dengan image dari tokoh tersebut di dalam film.





    Untuk Cruella, Ivan Gunawan terinspirasi dari gaya revolusi punk-rock di tahun 1970-an, sesuai dengan watak Cruella yang nyentrik dan rebellious. Busana spesial untuk Cruella didominasi elemen warna merah, hitam, dan putih dengan kain sintetis dan tule yang dipotong secara asimetris untuk menggambarkan jiwa ekspresifnya yang berani. Bertolak belakang dengan Cruella, Ivan Gunawan lebih mengadopsi unsur kemewahan dan elegan pada pakaian yang terinspirasi oleh Baroness, hal ini didasari karena Baroness memiliki karakter yang anggun dan merupakan seorang legenda mode pada film. Warna-warna netral seperti putih, krem, dan emas dimanfaatkan oleh Ivan Gunawan untuk mengkomplemen pemakaian mutiara diseluruh permukaan gaun Baroness.


    Di luar dua busana ini, Ivan Gunawan juga memperkenalkan dua rancangan eksklusif pribadinya yang juga terinspirasi oleh Cruella dan Baroness. Sebuah jumpsuit dengan aksen lengan yang unik dan gaun berwarna champagne yang menyapu lantai. Seluruh karya Ivan Gunawan ini akan dikenakan oleh Aurra Kharisma, Miss Grand Indonesia 2020, untuk busana yang terinspirasi dari Cruella dan Sophia Rogan, Miss Grand Indonesia 2021, untuk busana yang terinspirasi dari Baroness.




    Untuk kamu yang penasaran dengan hasil kolaborasi Disney Indonesia dengan Ivan Gunawan satu ini, kamu dapat datang ke pameran Disney Cruella yang akan berlangsung mulai dari tanggal 25 Mei 2021 di mall Pacific Place, Jakarta.


    (Nabila Nida Rafida / Image: Dok. Disney Indonesia)