Love & Sex

5 Kata & Kalimat yang Penting Diucapkan dalam Sebuah Hubungan!

  by: Giovani Untari       25/5/2021
  • Kita kerap membayangkan hubungan bersama pasangan akan selalu dipenuhi oleh hal-hal indah (like rainbows and butterflies), tetapi babes...realitanya setiap hubungan pasti pernah menghadapi masa sulit dan "badai".

    Dan ketika sedang memasuki fase sulit tersebut, saling berkompromi satu sama lain jelas akan menjadi jalan terbaik untuk membuat hubunganmu bersama si dia tetap berlangsung.

    Jika kamu telah menjalani hubungan dalam waktu yang lama, kamu pasti tahu bahwa argumen demi argumen jelas akan selalu ada mewarnai sebuah hubungan. Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini, ketika waktu kita bersama pasangan menjadi lebih terbatas dan sulit (hingga terkadang membuat kita lebih mudah bertengkar). 



    So, apa yang bisa kita lakukan untuk membuat permasalahan dengan si dia cepat berakhir? 



    Kemampuan untuk mengontrol diri dan komunikasi yang sehat adalah kunci untuk mempertahankan sebuah hubungan. Untuk membuat kamu dan pasangan berhasil melalui masa-masa sulit yang penuh amarah, Cosmo mencatat 5 kata dan kalimat yang penting diucapkan dalam sebuah hubungan.

    Jadi lain kali saat kamu merasa kesal, marah, atau beradu argumen dengan pasanganmu, Cosmo sarankan kamu untuk mengambil napas sejenak, lalu mengesampingkan sejenak egomu, dan gunakan satu persatu kata serta kalimat berikut ini.

    Apabila digunakan secara tulus dan berulang kali, kata dan kalimat ini akan membuat hubunganmu bersama pasangan menjadi lebih bahagia, damai, dan penuh kejujuran.

    Ini dia 5 kata & kalimat yang penting diucapkan untuk menyelamatkan hubunganmu:


    1. "Tapi"

    Dalam sejumlah tes yang dilakukan oleh para psikolog, ditemukan bahwa kunci dari sebuah hubungan yang sukses adalah saat pasangan mengetahui apa saja sifat positif dari pasangannya. Termasuk ketika ia sedang mengutarakan keluhan atau rasa kesalnya.

    Contoh: "Kamu adalah pria yang baik dan pengertian, tapi dalam hal ini saya merasa kamu menjadi sedikit egois dari biasanya."


    2. "Saya minta maaf"

    Ini jelas menjadi kalimat yang penting untuk diucapkan dalam sebuah hubungan! Sebuah permintaan maaf yang tulus dapat membuat hubungan yang sedang memanas jadi lebih tenang, konflik pun lebih cepat terselesaikan, serta meredakan rasa sakit hati dan kesal.

    Contoh: "Saya minta maaf sudah mengatakan beberapa hal yang tidak sepantasnya saya ucapkan tadi. Saya benar-benar tidak bermaksud membuat keadaan semakin memburuk."


    3. "Terima kasih"

    Mengapresiasi pasangan akan membuat hubunganmu berjalan lebih baik dan awet. Dalam survei yang dilakukan oleh Universitas of Georgia menemukan bahwa rasa syukur dan kalimat terima kasih yang sering diucapkan, menjadi kunci atas pernikahan yang langgeng. Ini juga membantu meredakan konflik yang terjadi antar pasangan.



    Contoh: "Terima kasih sudah bersabar mendengar alasan dari sudut pandangku. Saya tahu kita mungkin tidak akan selamanya selalu setuju pada suatu hal."


    4. "Saya salah"

    Dalam sebuah hubungan yang sehat, kamu perlu untuk bisa melihat berbagai hal dari perspektif pasanganmu. Kita pun harus mau belajar untuk mengakui kesalahan kita.

    Contoh: "Saya tahu saya salah karena terlalu marah pada hal-hal yang sepele." atau "Saya merasa bersalah sudah meninggikan suara kepada kamu tadi."


    5. "I love you"

    Betapa pentingnya mengucapkan tiga kata tersebut kepada pasanganmu, babes! Ucapkan "i love you" secara rutin dan sincere terutama saat kamu merasa sedang bahagia dan perlu mengucapkannya pada pasangan.

    Contoh: Tatap mata pasanganmu dan ucapkan "Saya sangat mencintai kamu dan sungguh ingin kamu mengetahuinya."





    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Charly Pn on Unsplash, Sharon McCutcheon on Unsplash, Nathan McBride on Unsplash)