Fashion

Tips Bergaya Punk Rock Ala Disney's Cruella

  by: Redaksi       30/5/2021
  • Setelah penantian yang cukup lama, para penggemar Disney kini dapat menonton “Cruella,” film spin-off garapan Disney dari film klasik “101 Dalmatians.” Sebagai salah satu film Disney yang paling diantisipasi tahun ini, “Cruella” berhasil menghadirkan sederet aktor dan aktris papan atas seperti Emma Stone dan Emma Thompson, serta Joel Fry, Paul Walter Hauser, Emily Beecham, Kirby Howell-Baptiste dan Mark Strong.




    Mengangkat latar belakang di tahun 1970-an di kota London, “Cruella” mengisahkan perjalanan sebuah gadis ambisius bernama Estella yang memiliki ketertarikan dalam dunia fesyen. Setelah kehilangan ibunya karena sebuah kecelakaan, Estella harus belajar menghidupi diri sendiri sejak kecil. Estella yang memiliki karakter yang tanggung serta perspektif yang unik dan kreatif pun menarik perhatian seorang legenda mode bernama Baroness von Hellman. Sayangnya, kebahagiaan yang dirasakan Estella pun tidak bertahan lama setelah ia mengetahui sebuah fakta tak terduga.



    “Melihat kisah dibalik karakter Cruella dan mengeksplor hal-hal yang membuatnya menjadi tokoh antagonis merupakan pengalaman yang menyenangkan. Dari kisahnya, kita bisa melihat bagaimana seseorang terbentuk karena pengalaman-pengalaman masa lalu yang mereka alami, bagaimana mereka bisa memilih untuk hancur saat dihadapkan pada tekanan, atau bangkit. Film ini akan bercerita tentang hal-hal tersebut, namun dibalut dengan nuansa yang menyenangkan ala Disney serta dilengkapi dengan musik punk terbaik dari tahun 70-an,” terang Emma Stone, pemeran Estella dalam “Cruella.”


    Suasana film yang berada di tengah revolusi punk rock tergambar jelas dalam pakaian Estella dalam film. Untuk semakin mewujudkan Cruella ke dalam dunia nyata, Disney pun bekerja sama dengan perancang busana Ivan Gunawan dan penata busana Wanda Hara untuk menciptakan pakaian yang terinspirasi dari Cruella. Edgy dan rebellious, Disney’s “Cruella” menyimpan berbagai inspirasi pakaian bertemakan punk rock modern. Ingin tahu bagaimana caranya untuk terlihat menakjubkan seperti Estella? Simak tips berikut.


    Dominasi warna hitam, merah, dan emas



    Gaya berpakaian punk rock sering diasosiasikan dengan warna-warna gelap dan pekat. Dalam film ini, Estella terlihat gemar mengenakan warna hitam dan merah yang berani. Untuk menambah aksen glamor, ia juga memasukkan elemen warna emas yang terkesan mewah.


    Leather is your new best friend



    Kalau kamu memutuskan untuk bergaya punk rock, siap-siap untuk bersahabat dengan material kulit. Entah itu atasan seperti jaket, celana, sepatu, atau bahkan sarung tangan. Pakaian berbahan dasar kulit biasanya memiliki potongan yang lebih tegas dan terlihat kaku, tapi justru aspek ini yang membuatmu akan semakin terlihat berani.


    Selalu sertakan statement pieces dalam pakaianmu



    Revolusi punk rock di tahun 1970-an berakar pada penolakan untuk menolak keseragaman yang mainstream. Untuk mewujudkan visi ini, Estella gemar mengenakan statement pieces yang membuat penampilannya lebih menonjol. Seperti pada foto di atas, ia mengenakan sebuah jaket menyerupai milik pengawal bangsawan Inggris yang diselimuti oleh puluhan pin dan rambutnya dibentuk seakan-akan ia memakai sebuah mahkota.




    Jangan takut bereksperimen dengan material dan motif



    Leather is your best friend but NOT your only friend. Dalam fesyen, semuanya kembali lagi pada keseimbangan. Menggunakan suatu elemen secara terus menerus akan membuatmu terlihat monoton. Walau senang mengenakan bahan kulit, Estella sering memadukannya dengan garmen lain seperti organza atau tule. Dalam salah satu look, ia juga mengenakan sebuah jaket yang lengannya memiliki motif kotak-kotak dengan perpaduan bahan kulit dan bulu.


    Poin tambahan kalau kamu berani melakukan split dyed hair dengan warna yang tidak biasa



    Jika kamu menanyakan apa yang paling mudah diingat dari seorang Cruella (dan membuatnya ikonik), mungkin sebagian besar orang akan menjawab rambutnya yang dicat setengah hitam-setengah putih. Mewarnai rambut warna-warni saja sudah membutuhkan keberanian lebih, tetapi untuk melakukan teknik split dye ini kamu membutuhkan kepercayaan diri yang luar biasa. Well, bukan kah punk rock memang ada untuk membuatmu berani mengekspresikan diri?


    (Nabila Nida Rafida / Image: Dok. Disney Indonesia)