Better You

Eye Yoga, Solusi untuk Mengurangi Ketegangan Pada Mata!

  by: Fariza Rahmadinna       31/5/2021
  • Cosmo setuju jika kamu menyebutkan bahwa yoga adalah salah satu latihan yang menenangkan dan baik untuk tubuh. Namun, tahukah kamu bahwa selain yoga yang biasa kamu lakukan, terdapat beberapa jenis dan pose yoga yang ditujukan untuk meningkatkan fungsi organ tubuh tertentu?


    Perkenalkan, eye yoga. Yogic eye exercises, atau yang disebut juga eye yoga, adalah tren kesehatan terbaru yang diklaim dapat memperkuat dan mengondisikan otot-otot mata. Dengan melakukan yoga mata yang dikombinasikan dengan latihan leher secara teratur, kamu dapat kembali mengaktifkan otot belakang tulang leher bagian atas dan menghilangkan tidak hanya gejala ketegangan pada mata, tetapi juga semua sakit kepala dan leher yang dapat muncul akibat terlalu lama duduk dan bekerja di belakang meja (yang tentu saja sering kita lakukan selama WFH ini, duh!). Selain itu, melakukan eye yoga juga dapat membantu kemampuan fokus mata.




    Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai eye yoga dan manfaatnya, simak artikel ini!



    Manfaat Yoga Mata (Eye Yoga)


    1. Mengurangi Ketegangan Pada Mata


    Dikutip dari laman Healthline, eye yoga diketahui dapat membantu mencegah dan meredakan gejala ketegangan pada mata. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 60 peserta, latihan yoga mata (eye yoga) selama delapan minggu terbukti membantu mengurangi kelelahan pada mata.


    2. Meningkatkan Kemampuan Mata untuk Fokus


    Tak hanya membantu mengurangi ketegangan pada mata, berlatih eye yoga juga dapat membantu meningkatkan kemampuan mata untuk fokus. Hal ini terbukti dari sebuah studi di tahun 2013 yang melibatkan 60 peserta, di mana para peserta yang melakukan latihan mata sederhana ternyata dapat meningkatkan waktu respons terhadap apa yang dilihat oleh mata mereka. Sederhananya, melakukan latihan mata dapat membantu peserta untuk lebih cepat mengidentifikasi apa yang mereka lihat.


    Macam-macam Latihan Yoga Mata & Cara Melakukan Yoga Mata


    Melakukan yoga mata cukup penting, terutama jika kamu banyak menghabiskan waktu di depan laptop atau menatap ponsel pintar (Just like you’re doing right now). Pasalnya, saat kamu terlalu lama duduk dan bekerja di belakang meja, rentang gerakan mata menjadi terbatas, sehingga membatasi informasi yang diterima otot. Hal ini dapat mengakibatkan ketegangan pada otot mata dan leher, yang dapat berkontribusi pada keseimbangan yang buruk.


    So, are you ready to give eye yoga a try? Semua latihan yang akan Cosmo jelaskan di bawah ini dapat dilakukan secara bersama-sama atau terpisah, dan perhatikan bahwa mungkin awalnya kamu akan merasa sedikit pusing karena belum terbiasa. Namun kamu tidak perlu khawatir karena hal tersebut hanya sementara.


    Note: Lakukan latihan yoga mata secara perlahan-lahan, jangan terlalu keras atau terlalu memaksakan diri.


    Berikut enam latihan eye yoga yang dapat kamu lakukan:


    Focus Shifting


    Latihan eye yoga ini dapat membantu melatih otot mata sekaligus meningkatkan kemampuan untuk fokus. Caranya:


    • Keluarkan tangan kiri kamu sejauh mungkin dan angkat ibu jari dalam postur ibu jari ke atas.

    • Duduk tegak dengan mata menatap lurus ke depan. Fokuskan mata kamu pada ibu jari.

    • Gerakkan lengan perlahan ke kanan sejauh yang kamu bisa, dengan mata mengikuti ibu jari tanpa menggerakkan leher.

    • Gerakkan lengan ke arah sebaliknya sejauh yang kamu bisa, dengan mata mengikuti ibu jari tanpa menggerakkan leher.

    • Ulangi gerakan ini beberapa kali selama beberapa menit.


    Eye Rolling


    Latihan mata ini dimaksudkan untuk membantu mengatasi ketegangan mata:


    • Duduk tegak di kursi dan tarik napas dalam-dalam.

    • Perlahan-lahan lihat ke arah langit-langit tanpa menggerakkan leher, biarkan mata kamu fokus menatap ke atas untuk sementara.

    • Putar kedua mata kamu sehingga kamu melihat ke kanan.

    • Putar kedua mata kamu sehingga kamu melihat ke bawah.

    • Putar kedua mata kamu sehingga kamu melihat ke kiri.

    • Kembali melihat ke langit-langit, lalu arahkan pandangan lurus ke depan dan tarik napas.



    • Ulangi beberapa kali sebelum melakukannya dengan gerakan berlawanan arah jarum jam.


    Palming


    • Gosok kedua tangan kamu untuk membuatnya sedikit lebih hangat.

    • Letakkan kedua tangan di atas mata, namun jangan biarkan telapak tangan menyentuh mata, buat telapak tangan sedikit menangkup dari wajah, dengan telapak tangan berada di atas atau di sekitar tulang pipi.

    • Tarik napas perlahan dan kosongkan pikiran.

    • Ulangi latihan ini selama beberapa menit.


    Blinking


    • Buka mata lebar-lebar, lalu kedipkan mata secepat mungkin sebanyak 10 kali.

    • Pejamkan mata kamu, lalu tarik napas dan buang, lakukan sebanyak lima kali.

    • Ulangi latihan ini sebanyak 5 kali.


    Nose-tip Gazing


    Latihan ini sering dikombinasikan dengan meditasi dan teknik pranayama (pernapasan), dan disebut Nasikagra Drishti, yang secara harfiah diterjemahkan sebagai Nose-tip Gazing.


    • Duduk di kursi dengan punggung tegak.

    • Buat bahu rileks, dan letakkan telapak tangan di atas lutut agar tulang punggung lurus dan terkonsentrasi.

    • Perlahan-lahan alihkan pandangan kamu ke ujung hidung, tanpa membuat mata kamu lelah.

    • Lepaskan pandangan mata saat kamu merasa tidak nyaman.

    • Ulangi latihan ini sebanyak lima kali.


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Marta Wave / Pexels)